Kaleidoskop 2020 Blog muradmaulana.com

Setelah empat hari pada 2021 ini, saya ingin membuat Kaleidoskop 2020 untuk blog muradmaulana.com. Apa saja sih yang sudah ditulis selama tahun tersebut? Ok, sebelumnya ini dia daftar dalam 3 tahun terakhir kaleidoskop blog ini:

Ok, pada 2020 ini total tulisan yang saya publish berjumlah 55 tulisan. Dari 55 tulisan tersebut itu, ada beberapa diantaranya yang dikombinasikan dengan vlog. 

Kaleidoskop 2020 Blog muradmaulana.com

Ada beberapa isu penting yang saya tulis pada 2020 lalu. Tentunya dengan beberapa tema campuran dan pastinya ada juga kepustakawanan. Di bulan januari dan februari saya menulis tentang rencana pemindahan ibu kota dan curhat kepustakawanan seperti konten lokal dan peristiwa sehari-hari dalam dunia kerja. 

Menginjak bulan maret 2020 adalah bulan yang menjadi sejarah besar dimana wabah Virus Corona melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Imbasnya juga pada budaya kerja yakni kerja secara daring (online) atau WFH. 

Akibat wabah Virus Corona, pada akhirnya dalam rentang waktu bulan april hingga desember, saya juga menuliskan beberapa kegiatan-kegiatan lainya seperti ternak lele budikdamber, investasi emas, tutorial membuat cover buku instan, mempublish arsip foto-foto lama, bercocok tanam, celoteh kerinduan alam, dan terkait channel Youtube. 

Sebagai catatan pribadi statisitk blog ini tampak seperti dibawah ini:

Total viewers selama setahun 2020 berkisar 454 ribu viewers

total pembaca


Trafik pembaca sebagian besar masih berasal dari Google sebanyak 33%

trafik blog 2019

Browser yang digunakan 
Browser yang digunakan

Sistem operasi yang digunakan
sistem operasi
Asal negara viewers
trafik negara
 

Sementara kata kunci yang cukup banyak mendatangkan traffic seperti literasi digital, biografi dan autobiografi, mutasi pns, contoh nota dinas, abstrak, dan atk.

Daftar tulisan selama 2020 disini. Semoga terus semangat menulis.

Dari semua tulisan pada 2020 tersebut, kira-kira mana yang paling berkesan? He...2. Ini dia: Jual Katana untuk Investasi Emas Tahap 2 &3

Salam,

Pustakawan blogger

Komentar