Catatan Studi Kasus Channel Youtube #5

Pas satu bulan umur channel yang sudah saya buat. Ini Catatan Studi Kasus Channel Youtube #5. Catatan sebelumnya bisa di lacak disini:

Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan catatan sebelumnya. Misalnya dari penelusuran dan rekomendasi video. Tapi, memang ada penurunan sekitar 1%. Berikut screenshootnya:
Sumber trafik
Berdasarkan informasi diatas, terjadinya penurunan adalah wajar karena saya merasa memang sekitar 5 hari belakangan ini setiap saya upload video baru, itu terasa berbeda. Bedanya dimana?

Pertama, sepertinya video saya tidak lagi "dimanja" seperti diawal. Selama 3 minggu berjalan saya merasa setiap upload video selalu mendapat viewers yang cukup, selalu ada saja yang menonton. Rekomendasi video pun cukup tinggi. Berbeda lima hari belakangan ini tampak sepi. Awalnya saya mengira karena terlalu banyak menyematkan kata kunci di deskripsi yang berlebihan sehingga bisa dianggap spam. Lalu, saya pun mengedit semua deskripsi video. Hasilnya tampak seperti sama. Masih susah mendapat viewers. 

Kedua, perbedaan itu tampak ketika saya membuat video sesuai dengan kata kunci di Youtube, namun tetap dengan hasil yang nihil. Padahal sebelumnya, dengan kata kunci yang saya buat selalu tepat sasaran dan selalu mendatangkan viewers. Tapi, entah kenapa lima hari belakangan ini saya masih merasa susah. 

Ok, kondisi tersebut anggap saja itu sebagai ujian. Saya akan coba bersabar hingga 2 bulan kedepan. Jika masih sama, maka memang harus ada tindakan. Entah seperti apa tindakanya. Saya belum terbayang. Yang jelas, tepat satu bulan ini, alhamdulillah saya masih bisa terus konsisten untuk membuat video. Oh, iya tepat yang ke satu bulan (31 hari) ini jumlah subscribers sudah mencapai 100 subscribers. Patut disyukuri, walaupun dalam lima hari ini susah sekali memperoleh viewers. Dampaknya peningkatan jumlah subscribers pun menjadi lambat.

Mungkin segitu dulu sebagai evaluasi sendiri. Semoga kedepan video-video yagn saya upload bisa "dimanja" kembali sehingga mudah memperoleh viewers kembali.


Komentar