Catatan Studi Kasus Channel Youtube #3

Pasnya apa ya, sebutan teknik yang saya lakukan ini terkait video channel di Youtube. Ok, ini sebagai catatan studi kasus laporan yang ke#3. Catatan sebelumnya bisa dibaca disini:

Saya lanjutkan sembari menunggu upload video. Ya, teknik yang saya lakukan adalah pertama kuliti atau bahasa kerennya kurasi tema sedetail-detailnya sampai benar-benar tidak bisa dibuat pengembangan tema lagi. 

3 Teknik

Kedua, lalu bisa dikatakan sebar ranjau, teknik serupa, teknik sinonim dengan tema-tema video sebelumnya yang memang berpotensi mendatangkan traffic.

Ketiga, teknik relasi atau dihubung-hubungkan dengan tema diluar, tapi tetap terkait dengan tema channel utama.

Ok, sebagai gambaran atau contohnya kira-kira seperti ini agar mudah dibayangkan:

Misal saya punya Channel bertema Mainan Truk

Teknik pertama: Menguliti atau mengkurasi satu tema sampai ke akar-akarnya. Misalnya mobil truk pasir, maka akan saya kuliti dengan banyak tema mencuci mobil truk pasir, mengganti ban truk mobil pasir, mengecat mobil truk pasir, dst.

Teknik kedua: Saya membuat video dengan melihat video-video sebelumnya  yang mendatangkan traffic cukup banyak. Pada awalnya membuat video dengan melempar ke pasar berdasarkan keyword dari Youtube. Setelah dilakukan analisis video selama satu minggu, maka akan terlihat video-video mana yang mendatangkan traffic. Langkah selanjutnya saya membuat video lagi yang serupa katakanlah agak-agak mirip dengan objek yang berbeda. Kadang-kadang juga bisa ditambahkan kata-kata untuk pemanis saja, tapi intinya sama. Sebagai contoh seperti ini:
  • Mencuci mainan truk molen 
  • Mencuci mainan truk pasir
  • Membersihkan mainan truk tangki, dst. 
Teknik ketiga: Mencoba menghubungkan antar tema atau dengan kata lain membuat relasi terkait. Sebagai contoh mobil truk pasir diangkut truk trailer, mobil truk pasir di dorong Hulk, mobil truk pasir mogok ditarik Iron Man, dst.

Nah, kira-kira seperti itulah teknik sementara yang saya lakukan. Kedepan kalau ada teknik-teknik lain, akan saya coba tuliskan lagi. 

Semoga gak kendor, semangat terus dihari yang ke-13 ini.

Komentar