Peluang Usaha Kertas Bekas dan Harga Pasarannya

Sebelumnya perlu diketahui, saya bukanlah penjual atau pengumpul kertas bekas. Sebagai seorang yang suka bisnis, saya hanya tertarik ingin membahas tentang peluang usaha kertas bekas. Saya rasa prospek dari bisnis ini begitu menjanjikan. Terus terang hingga saat ini saya belum mencoba bisnis yang satu ini. Selain karena membagi waktu yang sulit juga karena lebih fokus ke bisnis yang lainya. Berikut ini beberapa jenis kertas bekas yang bisa dijual serta harga pasarannya.
Koran Bekas Yang Selalu Saya Jual ke Pengepul Kertas Bekas
Koran Bekas Yang Selalu Saya Jual ke Pengepul Kertas Bekas
Jenis Kertas Bekas dan Harga Pasarannya
Ada banyak jenis kertas bekas yang bisa mendulang rupiah. Dari semua jenis kertas ini harganya sangat bervariatif dan fluktuatif tergantung kondisi pasar (penawaran dan permintaan). Berikut jenis-jenis kertas bekas dan perkiraan harganya yang memiliki peluang bagus untuk bisa dijual:
  • Kardus / Box
Kardus / Box sangat mudah ditemui. Ada banyak kardus / box bekas yang beredar dipasaran sebagai contoh kardus bekas rokok, kardus bekas pembungkus barang-barang elektronik, kardus bekas alat-alat dapur, farnitur, dan kardus bekas lainnya. Harga dari kardus bekas ini berkisar Rp.1.500 - Rp.2.500 perkilo gramnya.
  • Duplex dan Mix / As
Duplex adalah kelompok kertas karton yang biasanya digunakan untuk box makanan, kue, buah atau lainya. Sedangkan Mix /As sedikit mirip dengan kertas duplex misalnya bungkus rokok, susu, kue kering, majalah, buku bacaan, cover buku yang licin. Untuk pasaran harga kertas duplex sebesar Rp.1000- Rp.1.500 perkilogramnya. Sedangkan Mix/as Rp.1400-1500 perkilogramnya.
  • HVS SWL / AP
Pastinya anda tahu dong kertas HVS? biasanya digunakan di kantor, sekolah atau di berbagai perguruan tinggi. Untuk harga HVS bekas kosong berkisar Rp.3.000 - 4.000 perkilogramnya. Sedangkan HVS yang ada bekas tinta hasil print atau photo copy (SWL / AP) berkisar Rp.2.000 - Rp.2.700 perkilogramnya.
  • Koran
Kertas koran bekas adalah kertas yang paling mudah ditemui dari mulai perumahan hingga perkantoran. Harga kertas koran bekas berkisar Rp.1.500-2.500/kg-nya
  • Buku Tulis (BL)
Buku tulis bekas (BL) seringkali bekas dari para pelajar yang tidak terpakai lagi. Harganya buku tulis bekas berkisar Rp.1.500-3.000/kg-nya
  • King
Kertas king sebenarnya mirip untuk pembuatan kalender. Kertasnya berwarna putih, tebal dan polos. Tidak hanya itu kertas ini mengkilap dan jika disobek tampak ada serat yang berwarna putih. Harga dari kertas ini berkisar Rp.2.000-2.500 perkilogramnya.
  • Buku Telp
Jika anda sering melihat yellow pages itulah yang dimaksud buku telp. Harga dari kertas bekas ini berkisar Rp.1000-1.500 /kg-nya
  • Kertas Buram (BKL)
Kertas buram atau BKL adalah kertas yang ringan dan berwarna agak gelap. Biasanya di tempat foto copi jenis kertas ini mudah di temui. Harga pasaran kertas buram tanpa cover dan lem berkisar 1.500-1.700 per/kg-nya
  • Kones
Kones adalah kertas berbentuk gelondongan yang terbuat dari kardus biasanya untuk gulungan kain, benang dan sejenisnya. Harga pasaran kertas kones berkisar Rp.700 - Rp.1.000 /kg-nya
  • Kantong Semen
Kertas kantong semen bekas memiliki harga yang cukup lumayan mahal. Harga kantong semen bekas berkisar Rp.2000-2500 per/kg

Update: Harga kisaran diatas hanya perkiraan pasar. Tentu saja harga akan berubah sewaktu-waktu dan ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan harga tersebut. 

Peluang Usaha Menjadi Pengumpul Kertas Bekas 
Menurutku bisnis usaha pengumpul kertas bekas memiliki peluang dan prospek yang cukup bagus mengingat kertas adalah bahan yang mudah di daur ulang dan bisa dibuat untuk keperluan sehari-hari. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan terjun menjadi pebisnis pengumpul kertas bekas dalam skala besar.

Pertama, modal. Jelas sekali untuk terjun menjadi pengumpul kertas bekas dalam skala besar diperlukan modal yang tidak sedikit karena kita akan  membeli kertas-kertas dari para pengepul. Agar tidak memerlukan modal yang lumayan besar maka bekerjasama dengan pihak lain adalah salah satu solusinya. Kita bisa mengajak rekan bisnis yang mempunyai modal besar untuk mau bergabung dalam berbisnis sebagai pengumpul kertas bekas.

Kedua, sumber daya manusia. Kebutuhan sumber daya manusia dalam berbisnis skala besar tentunya mutlak adanya. Walau tidak sebanyak seperti perusahaan-perusahaan besar paling tidak kebutuhan untuk awal untuk memulai bisnis ini sebanyak 5 orang.

Ketiga, tempat usaha. Berbicara tempat biasanya akan berkaitan dengan lokasi yang akan dipilih. Umumnya dalam berbisnis pengumpul kertas bekas diperlukan tempat lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk, luas, kering dan tidak lembab karena menyangkut penyimpanan kertas-kertas bekas yang harus selalu terjaga kekeringannya. Tempat usaha tidak harus membeli, salah satu caranya adalah dengan menyewa gudang yang memenuhi kriteria dalam berbisnis pengumpul kertas bekas.

Keempat, pemasaran kertas bekas. Hal yang tidak kalah penting dalam berbisnis adalah target pemasarannya. Kita harus jeli siapa saja yang akan menjadi target pemasaran produk kita. Semakin banyak pilihan target pasar maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan harga yang pantas dari setiap produk yang akan ditawarkan kepada pembeli yang lebih besar.

Kelima, kompetitor atau saingan antar pebisnis pengumpul kertas bekas. Tidak dipungkiri setiap bisnis itu memiliki kompetitor yang bisa menjadi lawan bisnis kita. Sebagai contoh perbedaan harga yang di tawarkan setiap kompetitor akan berpengaruh terhadap para customer yang menjual kertas bekas ke lapak kita. Oleh karena itu, keberadaan kompetitor seharusnya bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika akan melakukan bisnis sebagai pengumpul kertas bekas.

Lima point diatas tentu saja tidak serta merta mutlak adanya. Masih banyak faktor lainya yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan ketika akan memulai bisnis sebagai pengumpul kertas bekas. Saya memang belum pernah bergerak dalam bisnis ini karena saya sendiri masih sebagai penjual kertas bekas utamanya koran. Namun lima faktor penting diatas berdasarkan pengalaman saya pada bidang bisnis lain. Saya yakin apapun peluang bisnisnya pasti akan berkaitan dengan lima faktor yang telah saya jelaskan diatas itu. Termasuk untuk peluang bisnis kertas bekas ini.

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar

cbud mengatakan…
salam kenal.. saya menerima koran bekas dengan kondisi tidak sobek, kering dan bersih untuk wilayah bandung.. untuk info lebih lanjut Hub. 082117328578 atau http://koranbekasbandung.blogspot.co.id/, sukses selalu untuk semuanya.. Terima Kasih..
irfan mengatakan…
Ada yang terima keras bungkus nasi
Unknown mengatakan…
Harga buku telp bekas berapa bos?
Unknown mengatakan…
Untuk wilayah palembang..saha menerima segala jenis kertas...arsip..dupleks..kardus dll...khusus untuk koran..siap 2-5 ton perminggu atau perbulan..081367642340
Wijaya mengatakan…
sy membutuhkan koran bekas dalam jumblah banyak harga 2500 sd 3000 per kg hub:0821 1191 1802
Unknown mengatakan…
Ato Sea Fish : Ada brp banyak stok buku telponnya bos.? klo boleh tau lokasi dmn.?
anonim mengatakan…
Ada yang mau beli kertas bekas? Hvs bertinta. Jakarta utara. Utamakan yang mau jemput dirumah
Unknown mengatakan…
Mas 3000 per kg, diambil ditempat apa sudah trmsuk ongkir ya??
Unknown mengatakan…
Gan sya ada kertas bekas fktur...laku ga....berapa /kg minat hub:089663893363....
Wijaya mengatakan…
saya membeli koran bekas baca/returan/salah cetak/sisa rolan koran RP:2500-3000, beli kertas bekas hvs bekas prin/foto COPI RP:1500-2000/KG, dan juga semua jenis kertas bekas kantor dll....! kami siap ambil di seluruh wilayah JABODETABEK. UNTUK YG SERIUS MAU MENJUAL HUB: 082111911802/WA. 087771816337
Unknown mengatakan…
Hvs tinta nya ada berapa banyak
Wijaya mengatakan…
Saya ambil ditempat sampean dan sy bayar kes.
Wijaya mengatakan…
Sy terima buku telpon 3500/kg hub 082111911802
rachmadhea mengatakan…
Dibeli berbagai macam kertas bekas (kertas bekas perkantoran, koran bekas, kardus bekas, dll) daripada penuh2in tempat.
Posisi jabodetabek
Harga bersaing.
Kuota banyak siap jemput.

hub 08563945695 (wa) / 087883583586
Unknown mengatakan…
Z ada kardus bekas dan siap 24-25 Ton/bulan sempat ada yg minat Hp 085230778879 Wa 085255935886 Pin BBM 57F7654B
Unknown mengatakan…
Saya perlu koran bekas susunan rapih. Berapa gan. Hub 081382011200
yahoo mengatakan…
kalau ada yg mau jual buku tlp yellow pages WA aj ke no ini.081298449256
Unknown mengatakan…
Saya butuh koran bekas yang masih bersih sekitar 1-2 ton setiap minggu, bagi Mas bro dan agan agan yang mau jual silahkan japri ke nmr hp 087774554338.
Harga 2000-3000 dan jika Koran bekas masih tapi bisa lebih gan
Melina Sianipar mengatakan…
Daerah mana ??
Unknown mengatakan…
saya lgi nyari kertas kraf yang masih roll. coklat polos sama putih polos. ketebalan 70/75 gsm. 085774925854
puisi mengatakan…
Pembli untk wlyh bnjarmasin sekitarnya atau kalsel adakh infonya gan mhon bntuanx. Sya punya perusahaan yg siap mnjual kertasx. ini no sya 087716551612 atau abi.anime@gmail.com
Gan saya ada kardus bekas, nerima berapa per kg? Ana dapet dri pabrik
Wijaya mengatakan…
Puisi... kalau kertas koran atau buku telp atau yellow ada apa tidak klo ada sy beli harga tinggi. Hub/Wa.082111911802
Unknown mengatakan…
mau lempar kardus bekas berapa perkilo ya..ad yg mau
Unknown mengatakan…
Saya sedang mencari rekanan untuk suplay kertas semen bekas ke tempat saya. kriteria kertas semen yang kami cari :
- Kering
- Bersih dari sampah
- Bebas dari plastik, leminasi, benang, noda minyak / Oil
- Toleransi kotor 10 %
Kami terima di tempat kami Wringinanom - Gresik dengan harga Rp. 3.900,-/Kg
Sistem Pembayaran KONTAN / CASH / TIMBANG BAYAR.
jika berkenan bisa hub kami di 0812 3267 5660 atau 0857 3300 7952.
Terima Kasih
Unknown mengatakan…
untuk wilayah tangsel saya menerima limbah segala macam kertas dan kardus bekas .. wa 089671939966
Unknown mengatakan…
Sampean dapat harga berapa tlpon kami 082331880294
Unknown mengatakan…
Mas wildan dapat harga berapa dan mintak berapa per kg serius tlpon 082331880294
Wijaya mengatakan…
Untuk yg punya koran bekas atau gagal cetak atau returan. Saya menerima segala jenis kertas koran dengan harga tinggi rp. 4000/kg. Hub 082111911802
Wilayah mana & berapa banyak
Kalau kertas hvs berapa pak -/ Kgnya
Unknown mengatakan…
Dani mintak berapa hps nya

Unknown mengatakan…
Di cari kardus bekas layak pakai tidak sobek dan kotor ..
ale',teh gelas dan seukuran 300/pcs
kopi. Mie instan .aqua gelas 500/pcs
kardus bekas minyak .. sania .fortune.kunci mas bimoli.vitas.downy 144gr 1000/pcs
Kebutuhan 10-15ribu pcs/minggu .. terima di ciputat tangsel wa 089671939966
Unknown mengatakan…
Wa bos
089671939966
Unknown mengatakan…
Ada -+1,5ton dus d Sumedang kota. Minat WA 081312070308
Unknown mengatakan…
Buat para supplier kantong semen jenis lembaran, streaming roll saya membutuhkan kurang lebih 4 ton per bulan untuk di kupas, dengan syarat bahan bersih dari jenis apapun pokoknya bahan layak untuk di olah.
saya kasih harga 4000/kg nyampai tempat lokasi, saya di daerah gresik untuk info lebih lanjut hub di no 082234563907
Thank's
Icha mengatakan…
Saya terima kardus. Kertas duplex hvs. Swl dan rijek dan segala macam jenis kertas lainnya yg serius hub WA 087702618558 wilayah sidoarjo dsktrnya
Icha mengatakan…
Saya ada kertas percetakan warna yg sdh dihancurkan rutin 2 minggu sekali sekitar 20 ton-an wilayah sidoarjo. Pengambilan ditempat saya 2050/kg. Minat?? WA =087702618558
Icha mengatakan…
Saya ada kertas arsip bank warna/duplek pervetakan wilayah sidoarjo rutin 2 minggu sekitar 20 ton ambil langsung ditempat saya 2050/kg. Minat WA 087702618558
Icha mengatakan…
Saya mau mas wa 087702618558 2100/kg saya bayar saya daerah sidoarjo
Unknown mengatakan…
Daerag bandung bisa ngga
Unknown mengatakan…
Lau dr bandung bisa ngga gan
Unknown mengatakan…
Yang lagi membutuhkan kardus rokok/kertas duplex hub 081231777819 untuk wilayah jatim aja
Unknown mengatakan…
Untuk wilaya garut bandung. Saya terima kertas duplex. Call 085323669563
Unknown mengatakan…
Saya ada jual kardus bekas siap memenuhi 100-200 Ton tiap bulannya hub 082388320480
Unknown mengatakan…
Sy ada pak angga..kardus packing tp blom terpakai...ada 22 ton..lokasi tangerang...yg berminat hub 081310608625
Unknown mengatakan…
kertas duplek mix/as atau duplek marga ada yang mau nerima gak wilayah madiun jatim, harga berapa per kilonya ?
Unknown mengatakan…
Saya ada kertas brosur kurang lebih 500kg an,,,kl ga salah jenis kertasnya king silahkan hubungi 081284659475 (Jakarta Utara)
Unknown mengatakan…
saya menerima koran bekas.
hubungi tlp/wa:081221780018
Unknown mengatakan…
Saya punya cukup banyak kertas bekas hasil dari kerjaan yg reject. bagi yang manu nerima kertas bekas dlm bentuk hancur silahkan hubungi.
mesti ane ancurin dulu karna ntu kertas ketikan rahasia negara, cma sayang aja rasanya kalo musnahkan (dibakar) sia2.
0813 64 160 140
Unknown mengatakan…
Wilayah Bali ada yg mau ambil gak ya?wa saya 085222111688
aguzadzam mengatakan…
saya mau jual kertas hvs dan buku buku bekas, wilayah depok. wa.081932172224
Unknown mengatakan…
yang mau di suplay kardus bekas 15 s/d 30 ton perminggu hubungi saya 082184024343 sudah di pres siap kirim. masalah harga dan pembayaran via WA dan telpon.
Unknown mengatakan…
Menerima kertas Hvs...
Nb:081559980026
Unknown mengatakan…
cari koran bks wilayah malang 08885503171
Unknown mengatakan…
Saya butuh kertas duplex abu" yg gagal cetak bila ada yg punya hubungi saya di 085779320068 wilayah jabodetabek
Unknown mengatakan…
yang minat koran rebpublik ad 15 ton harga 5900 net ambil di tmpt lebih lanjut hu,i WA 083812547502
Unknown mengatakan…
Saya terima kardus . Duplek koran swl . Untuk daerah bekasi kota . Hub 089686813228
Unknown mengatakan…
Gan ada yg mau beli limbah struk parkir ngk harga menggikuti.1 bulan bisa 100kg atau lebih kontak hp 085747398449

Hamba Allah mengatakan…
DAERAH MEDAN DONG,YANG NERIMA KERTAS BEKAS ATAU SEJENIS NYA BISA TOLONG HUB SAYA DI 082364050932
Mom yuni mengatakan…
Mao jual buku cetak SD SMP SMA dan buku2 tulis serta hvs wilayah kemayoran hub 087885600002
dromer meisje mengatakan…
Sy membutuhkan swl, duplex, marga box supply rutin terima per pick up atau per truck per hr 10-50ton pembayaran cash kirim pasuruan. Kapasitas per bln besar 500-1000 ton
Wa 081703443050
Mas mengatakan…
saya butuh koran bekas gan sekitaran lampung kurang lebih 1 sampai 5 kwintal gan,kondisi bagus tdk basah dan tdk terdapat bercak tinta, info selebihnya hub: 085766723616 wa juga ada gan.harga kita rundingin..
Unknown mengatakan…
Saya menerima kertas hvs bekas tapi yang kosong.. Didaerah kebayoran baru no wa saya :089658636843
Rizaldi mengatakan…
Saya terima kertas bekas buku,hps dll
di medan.
Hub wa..081263338122
Unknown mengatakan…
Saya mau menjual kertas hvs bekas kantoran.daerah cimanggis.
No Wa 08989333748
Unknown mengatakan…
Saya mau jual kertas yang sdh ga kepake lagi. Kertas namanya Invercote dibeli dari Swedia berat kurang lbh 1500 an kg. Lokasi Jakarta Pusat. Minat silahkan telpon ke 085695927725 / 021-42884159.
Unknown mengatakan…
saya butuh tabloit bekas atau majalah atau koran 2 minggu 2 kwintal yg murah saja daerah sidoarjo klau ada yg pnya hub 085657266646
Fajar mengatakan…
saya butuh koran bekas kondisi kering harga 3000-3500 per kg, jika ada hub 087877254748 Ajat

Terima kasih
Anugrah mengatakan…
Sya btuh duplek dalam jumlah bnyak anggaran 10/15 ton perminggu klo bisa dan ada serius .hubungi .083153627131,makasih di tunggu dengan senag hati kabar baik y bos
Unknown mengatakan…
Sy menerima koran bekas dan kertas hvs bekas dokumen/bekas ujian sekolah dan sejenisnya .
Posisi sy di cirebon
08968453350
Unknown mengatakan…
Barangkali ada yang mau jual kertas HVS dengan jumlah yang banyak, bisa hubungi saya wa.081389021278
Terimaksih
Unknown mengatakan…
Saya menjual HVS/DUPLEX. Saya bisa penuhi 120ton/bulan. Hubungi wa saya di : 081364186196

Terima kasih🙏
Giovani mengatakan…
saya membutuhkan SWL / Afallan kertas per bulan 1000 ton.
harga bersahabat saya ambil!! saya kasi harga 5.250 / KG
bisa WA ke 081553483953
Unknown mengatakan…
Darimana itu bos
Boleh minta WA nya bos
GUDANG SEDEKAH mengatakan…
Kami komunitas Gudang Sedekah. Mengumpulkan kertas bekas. Dan dana nya untuk anak yatim dan kemaslahatan ummat. Minta info untuk jualnya di daerah Jakarta Timur. No saya 081288823692.

Masya allah
Tabarakallah

Semoga dapat membantu




Salam Hangat



Ade Kusuma