Peluang Usaha Kertas Bekas dan Harga Pasarannya

Advertisement
Sebelumnya perlu diketahui, saya bukanlah penjual atau pengumpul kertas bekas. Sebagai seorang yang suka bisnis, saya hanya tertarik ingin membahas tentang peluang usaha kertas bekas. Saya rasa prospek dari bisnis ini begitu menjanjikan. Terus terang hingga saat ini saya belum mencoba bisnis yang satu ini. Selain karena membagi waktu yang sulit juga karena lebih fokus ke bisnis yang lainya. Berikut ini beberapa jenis kertas bekas yang bisa dijual serta harga pasarannya.
Koran Bekas Yang Selalu Saya Jual ke Pengepul Kertas Bekas
Koran Bekas Yang Selalu Saya Jual ke Pengepul Kertas Bekas
Jenis Kertas Bekas dan Harga Pasarannya
Ada banyak jenis kertas bekas yang bisa mendulang rupiah. Dari semua jenis kertas ini harganya sangat bervariatif dan fluktuatif tergantung kondisi pasar (penawaran dan permintaan). Berikut jenis-jenis kertas bekas dan perkiraan harganya yang memiliki peluang bagus untuk bisa dijual:
  • Kardus / Box
Kardus / Box sangat mudah ditemui. Ada banyak kardus / box bekas yang beredar dipasaran sebagai contoh kardus bekas rokok, kardus bekas pembungkus barang-barang elektronik, kardus bekas alat-alat dapur, farnitur, dan kardus bekas lainnya. Harga dari kardus bekas ini berkisar Rp.1.500 - Rp.2.500 perkilo gramnya.
  • Duplex dan Mix / As
Duplex adalah kelompok kertas karton yang biasanya digunakan untuk box makanan, kue, buah atau lainya. Sedangkan Mix /As sedikit mirip dengan kertas duplex misalnya bungkus rokok, susu, kue kering, majalah, buku bacaan, cover buku yang licin. Untuk pasaran harga kertas duplex sebesar Rp.1000- Rp.1.500 perkilogramnya. Sedangkan Mix/as Rp.1400-1500 perkilogramnya.
  • HVS SWL / AP
Pastinya anda tahu dong kertas HVS? biasanya digunakan di kantor, sekolah atau di berbagai perguruan tinggi. Untuk harga HVS bekas kosong berkisar Rp.3.000 - 4.000 perkilogramnya. Sedangkan HVS yang ada bekas tinta hasil print atau photo copy (SWL / AP) berkisar Rp.2.000 - Rp.2.700 perkilogramnya.
  • Koran
Kertas koran bekas adalah kertas yang paling mudah ditemui dari mulai perumahan hingga perkantoran. Harga kertas koran bekas berkisar Rp.1.500-2.500/kg-nya
  • Buku Tulis (BL)
Buku tulis bekas (BL) seringkali bekas dari para pelajar yang tidak terpakai lagi. Harganya buku tulis bekas berkisar Rp.1.500-3.000/kg-nya
  • King
Kertas king sebenarnya mirip untuk pembuatan kalender. Kertasnya berwarna putih, tebal dan polos. Tidak hanya itu kertas ini mengkilap dan jika disobek tampak ada serat yang berwarna putih. Harga dari kertas ini berkisar Rp.2.000-2.500 perkilogramnya.
  • Buku Telp
Jika anda sering melihat yellow pages itulah yang dimaksud buku telp. Harga dari kertas bekas ini berkisar Rp.1000-1.500 /kg-nya
  • Kertas Buram (BKL)
Kertas buram atau BKL adalah kertas yang ringan dan berwarna agak gelap. Biasanya di tempat foto copi jenis kertas ini mudah di temui. Harga pasaran kertas buram tanpa cover dan lem berkisar 1.500-1.700 per/kg-nya
  • Kones
Kones adalah kertas berbentuk gelondongan yang terbuat dari kardus biasanya untuk gulungan kain, benang dan sejenisnya. Harga pasaran kertas kones berkisar Rp.700 - Rp.1.000 /kg-nya
  • Kantong Semen
Kertas kantong semen bekas memiliki harga yang cukup lumayan mahal. Harga kantong semen bekas berkisar Rp.2000-2500 per/kg

Update: Harga kisaran diatas hanya perkiraan pasar. Tentu saja harga akan berubah sewaktu-waktu dan ada banyak faktor yang mempengaruhi perubahan harga tersebut. 

Peluang Usaha Menjadi Pengumpul Kertas Bekas 
Menurutku bisnis usaha pengumpul kertas bekas memiliki peluang dan prospek yang cukup bagus mengingat kertas adalah bahan yang mudah di daur ulang dan bisa dibuat untuk keperluan sehari-hari. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan terjun menjadi pebisnis pengumpul kertas bekas dalam skala besar.

Pertama, modal. Jelas sekali untuk terjun menjadi pengumpul kertas bekas dalam skala besar diperlukan modal yang tidak sedikit karena kita akan  membeli kertas-kertas dari para pengepul. Agar tidak memerlukan modal yang lumayan besar maka bekerjasama dengan pihak lain adalah salah satu solusinya. Kita bisa mengajak rekan bisnis yang mempunyai modal besar untuk mau bergabung dalam berbisnis sebagai pengumpul kertas bekas.

Kedua, sumber daya manusia. Kebutuhan sumber daya manusia dalam berbisnis skala besar tentunya mutlak adanya. Walau tidak sebanyak seperti perusahaan-perusahaan besar paling tidak kebutuhan untuk awal untuk memulai bisnis ini sebanyak 5 orang.

Ketiga, tempat usaha. Berbicara tempat biasanya akan berkaitan dengan lokasi yang akan dipilih. Umumnya dalam berbisnis pengumpul kertas bekas diperlukan tempat lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk, luas, kering dan tidak lembab karena menyangkut penyimpanan kertas-kertas bekas yang harus selalu terjaga kekeringannya. Tempat usaha tidak harus membeli, salah satu caranya adalah dengan menyewa gudang yang memenuhi kriteria dalam berbisnis pengumpul kertas bekas.

Keempat, pemasaran kertas bekas. Hal yang tidak kalah penting dalam berbisnis adalah target pemasarannya. Kita harus jeli siapa saja yang akan menjadi target pemasaran produk kita. Semakin banyak pilihan target pasar maka akan semakin banyak peluang untuk mendapatkan harga yang pantas dari setiap produk yang akan ditawarkan kepada pembeli yang lebih besar.

Kelima, kompetitor atau saingan antar pebisnis pengumpul kertas bekas. Tidak dipungkiri setiap bisnis itu memiliki kompetitor yang bisa menjadi lawan bisnis kita. Sebagai contoh perbedaan harga yang di tawarkan setiap kompetitor akan berpengaruh terhadap para customer yang menjual kertas bekas ke lapak kita. Oleh karena itu, keberadaan kompetitor seharusnya bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika akan melakukan bisnis sebagai pengumpul kertas bekas.

Lima point diatas tentu saja tidak serta merta mutlak adanya. Masih banyak faktor lainya yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan ketika akan memulai bisnis sebagai pengumpul kertas bekas. Saya memang belum pernah bergerak dalam bisnis ini karena saya sendiri masih sebagai penjual kertas bekas utamanya koran. Namun lima faktor penting diatas berdasarkan pengalaman saya pada bidang bisnis lain. Saya yakin apapun peluang bisnisnya pasti akan berkaitan dengan lima faktor yang telah saya jelaskan diatas itu. Termasuk untuk peluang bisnis kertas bekas ini.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

58 Tanggapan untuk "Peluang Usaha Kertas Bekas dan Harga Pasarannya"

cbud_shop mengatakan...

salam kenal.. saya menerima koran bekas dengan kondisi tidak sobek, kering dan bersih untuk wilayah bandung.. untuk info lebih lanjut Hub. 082117328578 atau http://koranbekasbandung.blogspot.co.id/, sukses selalu untuk semuanya.. Terima Kasih..

Abdurrahman Irfan mengatakan...

Ada yang terima keras bungkus nasi

Ato Sea Fish mengatakan...

Harga buku telp bekas berapa bos?

nafis istiqlal mengatakan...

Untuk wilayah palembang..saha menerima segala jenis kertas...arsip..dupleks..kardus dll...khusus untuk koran..siap 2-5 ton perminggu atau perbulan..081367642340

Marketing Info mengatakan...

sy membutuhkan koran bekas dalam jumblah banyak harga 2500 sd 3000 per kg hub:0821 1191 1802

Fery Dwi Budiyanto mengatakan...

Ato Sea Fish : Ada brp banyak stok buku telponnya bos.? klo boleh tau lokasi dmn.?

anonim mengatakan...

Ada yang mau beli kertas bekas? Hvs bertinta. Jakarta utara. Utamakan yang mau jemput dirumah

Agus Manto mengatakan...

Mas 3000 per kg, diambil ditempat apa sudah trmsuk ongkir ya??

Rina kurniati mengatakan...

Gan sya ada kertas bekas fktur...laku ga....berapa /kg minat hub:089663893363....

Marketing Info mengatakan...

saya membeli koran bekas baca/returan/salah cetak/sisa rolan koran RP:2500-3000, beli kertas bekas hvs bekas prin/foto COPI RP:1500-2000/KG, dan juga semua jenis kertas bekas kantor dll....! kami siap ambil di seluruh wilayah JABODETABEK. UNTUK YG SERIUS MAU MENJUAL HUB: 082111911802/WA. 087771816337

Kenny Adinugroho mengatakan...

Hvs tinta nya ada berapa banyak

Marketing Info mengatakan...

Saya ambil ditempat sampean dan sy bayar kes.

Marketing Info mengatakan...

Sy terima buku telpon 3500/kg hub 082111911802

rachmadhea mengatakan...

Dibeli berbagai macam kertas bekas (kertas bekas perkantoran, koran bekas, kardus bekas, dll) daripada penuh2in tempat.
Posisi jabodetabek
Harga bersaing.
Kuota banyak siap jemput.

hub 08563945695 (wa) / 087883583586

Alex Grader mengatakan...

Z ada kardus bekas dan siap 24-25 Ton/bulan sempat ada yg minat Hp 085230778879 Wa 085255935886 Pin BBM 57F7654B

eky maniso mengatakan...

Saya perlu koran bekas susunan rapih. Berapa gan. Hub 081382011200

yahoo mengatakan...

kalau ada yg mau jual buku tlp yellow pages WA aj ke no ini.081298449256

Bambang Wijanarko mengatakan...

Saya butuh koran bekas yang masih bersih sekitar 1-2 ton setiap minggu, bagi Mas bro dan agan agan yang mau jual silahkan japri ke nmr hp 087774554338.
Harga 2000-3000 dan jika Koran bekas masih tapi bisa lebih gan

Melina Sianipar mengatakan...

Untuk daerah

Melina Sianipar mengatakan...

Daerah mana ??

Ahmad Zakiro mengatakan...

saya lgi nyari kertas kraf yang masih roll. coklat polos sama putih polos. ketebalan 70/75 gsm. 085774925854

puisi mengatakan...

Pembli untk wlyh bnjarmasin sekitarnya atau kalsel adakh infonya gan mhon bntuanx. Sya punya perusahaan yg siap mnjual kertasx. ini no sya 087716551612 atau abi.anime@gmail.com

wildan sutarya mengatakan...

Gan saya ada kardus bekas, nerima berapa per kg? Ana dapet dri pabrik

Marketing Info mengatakan...

Puisi... kalau kertas koran atau buku telp atau yellow ada apa tidak klo ada sy beli harga tinggi. Hub/Wa.082111911802

Zaka Rizky mengatakan...

mau lempar kardus bekas berapa perkilo ya..ad yg mau

Hendhi Nurchahyo mengatakan...

Saya sedang mencari rekanan untuk suplay kertas semen bekas ke tempat saya. kriteria kertas semen yang kami cari :
- Kering
- Bersih dari sampah
- Bebas dari plastik, leminasi, benang, noda minyak / Oil
- Toleransi kotor 10 %
Kami terima di tempat kami Wringinanom - Gresik dengan harga Rp. 3.900,-/Kg
Sistem Pembayaran KONTAN / CASH / TIMBANG BAYAR.
jika berkenan bisa hub kami di 0812 3267 5660 atau 0857 3300 7952.
Terima Kasih

Angga Yoga mengatakan...

untuk wilayah tangsel saya menerima limbah segala macam kertas dan kardus bekas .. wa 089671939966

Adhewisnu 22 mengatakan...

Sampean dapat harga berapa tlpon kami 082331880294

Adhewisnu 22 mengatakan...

Mas wildan dapat harga berapa dan mintak berapa per kg serius tlpon 082331880294

Marketing Info mengatakan...

Untuk yg punya koran bekas atau gagal cetak atau returan. Saya menerima segala jenis kertas koran dengan harga tinggi rp. 4000/kg. Hub 082111911802

dani dayat mengatakan...

Wilayah mana & berapa banyak

dani dayat mengatakan...

Kalau kertas hvs berapa pak -/ Kgnya

Adhewisnu 22 mengatakan...

Dani mintak berapa hps nya

Angga Yoga mengatakan...

Di cari kardus bekas layak pakai tidak sobek dan kotor ..
ale',teh gelas dan seukuran 300/pcs
kopi. Mie instan .aqua gelas 500/pcs
kardus bekas minyak .. sania .fortune.kunci mas bimoli.vitas.downy 144gr 1000/pcs
Kebutuhan 10-15ribu pcs/minggu .. terima di ciputat tangsel wa 089671939966

Angga Yoga mengatakan...

Wa bos
089671939966

Anton Permana mengatakan...

Ada -+1,5ton dus d Sumedang kota. Minat WA 081312070308

Ananda Ilham Suciono mengatakan...

Buat para supplier kantong semen jenis lembaran, streaming roll saya membutuhkan kurang lebih 4 ton per bulan untuk di kupas, dengan syarat bahan bersih dari jenis apapun pokoknya bahan layak untuk di olah.
saya kasih harga 4000/kg nyampai tempat lokasi, saya di daerah gresik untuk info lebih lanjut hub di no 082234563907
Thank's

BQ Maryati mengatakan...

Saya terima kardus. Kertas duplex hvs. Swl dan rijek dan segala macam jenis kertas lainnya yg serius hub WA 087702618558 wilayah sidoarjo dsktrnya

BQ Maryati mengatakan...

Saya ada kertas percetakan warna yg sdh dihancurkan rutin 2 minggu sekali sekitar 20 ton-an wilayah sidoarjo. Pengambilan ditempat saya 2050/kg. Minat?? WA =087702618558

BQ Maryati mengatakan...

Saya ada kertas arsip bank warna/duplek pervetakan wilayah sidoarjo rutin 2 minggu sekitar 20 ton ambil langsung ditempat saya 2050/kg. Minat WA 087702618558

BQ Maryati mengatakan...

Saya mau mas wa 087702618558 2100/kg saya bayar saya daerah sidoarjo

Erik Sanjaya mengatakan...

Daerag bandung bisa ngga

Erik Sanjaya mengatakan...

Lau dr bandung bisa ngga gan

dian budi mengatakan...

Yang lagi membutuhkan kardus rokok/kertas duplex hub 081231777819 untuk wilayah jatim aja

Ubun Purkon mengatakan...

Untuk wilaya garut bandung. Saya terima kertas duplex. Call 085323669563

Yuni Helena Simamora mengatakan...

Saya ada jual kardus bekas siap memenuhi 100-200 Ton tiap bulannya hub 082388320480

Teddy Niko mengatakan...

Sy ada pak angga..kardus packing tp blom terpakai...ada 22 ton..lokasi tangerang...yg berminat hub 081310608625

dian wisudawati mengatakan...

kertas duplek mix/as atau duplek marga ada yang mau nerima gak wilayah madiun jatim, harga berapa per kilonya ?

Unknown mengatakan...

Saya ada kertas brosur kurang lebih 500kg an,,,kl ga salah jenis kertasnya king silahkan hubungi 081284659475 (Jakarta Utara)

Gilang Irfandi Putra Sanjaya mengatakan...

saya menerima koran bekas.
hubungi tlp/wa:081221780018

Arif Flori mengatakan...

Saya punya cukup banyak kertas bekas hasil dari kerjaan yg reject. bagi yang manu nerima kertas bekas dlm bentuk hancur silahkan hubungi.
mesti ane ancurin dulu karna ntu kertas ketikan rahasia negara, cma sayang aja rasanya kalo musnahkan (dibakar) sia2.
0813 64 160 140

Alexander haryono mengatakan...

Wilayah Bali ada yg mau ambil gak ya?wa saya 085222111688

Agus Hermawan mengatakan...

saya mau jual kertas hvs dan buku buku bekas, wilayah depok. wa.081932172224

boni gaul mengatakan...

yang mau di suplay kardus bekas 15 s/d 30 ton perminggu hubungi saya 082184024343 sudah di pres siap kirim. masalah harga dan pembayaran via WA dan telpon.

Blon Fc mengatakan...

Menerima kertas Hvs...
Nb:081559980026

oz jon mengatakan...

cari koran bks wilayah malang 08885503171

Ahmad Jakaria mengatakan...

Saya butuh kertas duplex abu" yg gagal cetak bila ada yg punya hubungi saya di 085779320068 wilayah jabodetabek

Tomjer 3801 mengatakan...

yang minat koran rebpublik ad 15 ton harga 5900 net ambil di tmpt lebih lanjut hu,i WA 083812547502