Pengertian Beleid dan Contohnya

Menyusun kliping daring adalah salah satu pekerjaan rutin yang saya lakukan khususnya bertema ketenaganukliran. Kendati dalam pekerjaan ini tidak dinilaikan dalam angka kredit, tapi tetap saya kerjakan. Hari ini saya menemukan istilah kata yang baru, yakni beleid. Apa itu beleid? Apa pengertiannya?

Nah, kebetulan saya menemukan istilah beleid saat membaca salah satu artikel berita dari CNN Indonesia. Judulnya RUU EBT, Jokowi Siapkan BUMN Tambang Bahan Galian Nuklir (10 Oktober 202). 

Beleid

Berikut penggalan beritanya:

Dalam beleid itu, pemerintah pusat berwenang untuk menetapkan BUMN yang berhak mengelola tambang nuklir. Dengan catatan, BUMN tersebut wajib memenuhi perizinan berusaha dari pemerintah pusat.

Pengertian Beleid

Jadi, setelah saya cek di KBBI Daring, pengertian beleid adalah n Bld cara (langkah) yang ditempuh untuk melaksanakan program dan sebagainya; kebijaksanaan: usaha ekspor yang mereka lakukan makin seret karena terjegal oleh -- negara asing 

n kata benda sedangkan Bld (Belanda). Kata tidak baku dari beleid adalah beled. 

Beleid yang dimaksud dalam potongan berita artikel di atas adalah terkait kebijakan pemerintah pusat dalam menetapkan BUMN yang berhak mengelola tambang nuklir, tentunya dan perizinan berusaha dari pemerintah pusat. 

Artinya, beleid terkait kebijakan, aturan yang dirumuskan oleh pemerintah pusat seperti PP, Perpres, dan lainya yang terkait.

Contoh Beleid

Sekarang, contoh lain terkait istilah beleid yang saya ambil dari Kompas sebagai berikut:

  • Hindari Pemalsuan, Kementan Siapkan Beleid Baru Tentang Pendaftaran Pestisida (Kompas.com - Kamis, 18 April 2019).
  • Pemerintah Kebut Beleid Larangan Mobil Mewah Beli BBM Pertalite (Kompas.com - 11/07/2022, 17:13 WIB)
  • Piala Dunia 2022, FIFA Rilis Beleid tentang Jatah Jumlah Pemain (Kompas.com - 24/06/2022, 14:12 WIB)

Contoh beleid di atas mencakup kebijakan terkait dunia pertanian, otomotif dan olah raga (bola). 

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/beleid

Komentar