Bloger Bukan Blogger, Ini Dia Pengertiannya

Tanggal 27 Oktober diperingati sebagai hari bloger nasional. Semoga buat para bloger selalu terus bisa konsisten untuk membuat tulisan di blognya khususnya tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Berbicara tentang bloger, maka masih banyak yang menuliskan istilah bloger itu dengan dua huruf "G" yaitu blogger.  Padahal, dalam KBBI daring istilah bloger itu cukup dengan satu huruf "G". Jadi, kata serapan blogger di Indonesia menjadi bloger. Adapun pengertian bloger dalam KKBI daring adalah sebutan untuk orang yang mengeblog; pengeblog; narablog. 

Dulu, saya sendiri juga sering menuliskan kata bloger itu "blogger," tapi waktu itu karena belum ada di KBBI Daring. 

bloger

Selain istilah bloger, dalam KBBI Daring juga menyebutkan istilah blog yaitu catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja. Istilah blog itu termasuk dalam daftar kata bidang komputer.

Seperti halnya istilah daring (baca: pengertian daring), istilah blog dan bloger merupakan istilah yang muncul di era perkembangan teknologi informasi sekarang ini. Adapun kata turunan dari blog sendiri seperti mengeblog; pengeblog. Sedangkan pengeblog sendiri mempunyai makna yang merujuk dari bloger itu sendiri.

Sekarang kita lihat contoh beberapa tulisan di media daring yang sudah menuliskannya sesuai dengan kaidah. Berikut judulnya:

  • BNPT Rekrut Bloger dan Netizen untuk Melawan Kelompok Teroris (Kompas, 27/09/2017)

Selain di Kompas, saya juga mengambil contoh dari berita di Republika yang berjudul Gerakan Bijak Bersosmed Antisipasi Perpecahan (26/8/2017). Berikut penggalan kalimatnya:

Penggiat media sosial, komunitas bloger, masyarakat antihoax, pelajar dan berbagai komunitas serta kalangan lainnya, meluncurkan gerakan bijak bersosmed di Gedung Indosat Ooredoo pada Sabtu (26/8).

Satu hal yang penting, bagi para teman-teman yang sedang menulis karya tulis ilmiah terkait dunia bloger, jangan lupa cukup tuliskan satu "G" saja ya karena itu yang tersirat dalam KBBI daring, yakni bloger bukan blogger. Maju terus bloger Indonesia.

Referensi

  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengeblog
  • kompas.com
  • republika.co.id

Komentar

Bondan Murdani Soleh mengatakan…
Saya masih nulis dengan kata blogger. terpengaruh oleh siapa ya? n_n (mode nyalahin orang)
Murad Maulana mengatakan…
He...2, sama. Saya juga kadang-kadang masih kebawa ejaan lama.