Apa itu Budikdamber?

Saat ini istilah budikdamber lagi santer terdengar. Apa sebenarnya itu budikdamber? 

Budikdamber adalah singkatan, yakni budidaya ikan dalam ember. Istilah ini konon katanya dicetuskan oleh seorang dosen di Lampung. Namanya Juli Nursandi. 

Lalu, apa saja ikannya yang bisa dibudidayakan dalam ember? Selama ini dikatakan bisa ikan lele, patin, betok, bahkan bisa juga belut. Budikdamber sendiri biasanya di barengi dengan kegiatan menanam seperti kangkung, pakcoy, dan sejenisnya. Jadi, dalam budikdamber selain beternak juga sekaligus menanam.

Budikdamber
Budikdamber
Bagaimana dengan saya? Kalau saya sendiri sudah mencoba beternak ikan lele dan menanam kangkung aquaponik. Manfaat budikdamber sendiri sangat cocok untuk dilakukan bagi orang yang mempunyai lahan atau pekarangan sempit misalnya diperumahan. Selain untuk ketahanan pangan keluarga, juga bisa mengisi waktu luang atau sekedar menyalurkan hobi beternak dan bercocok tanam. 

Apa saja sih yang diperlukan dalam budikdamber? Ok, nanti akan saya uraiakan di postingan selanjutnya. Sementara ini, saya pernah share tulisan terkait pengalaman saya tentang biaya atau modal awal budikdamber. Berapa kira-kira? Bisa disini.

Percobaan saya tentang budikdamber, saya dokumentasikan dalam video dibawah ini:

 

Salam,
Pustakawan Blogger

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Budikdamber?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel