Kaleidoskop 2019 Blog muradmaulana.com

Di penghujung 2019 ini, seperti biasa blog muradmaulana.com membuat kaleidoskop sepanjang tahun 2019.

Total tulisan hingga akhir Desember 2019 ini sebanyak 43 tulisan. Setiap bulan rata-rata antara 3 sampai 4 tulisan.

Tulisan sepanjang tahun 2019 ini meliputi tema tentang informasi donasi masjid, review buku, memaknai lagu, pengalaman sehari-sehari misalnya celoteh, wisata, vloger, kepustakawanan, dan tutorial.

Tulisan mengenai donasi terkait masjid yang ada di lingkungan tempat daerah saya tinggal, yakni di Puri Pamulang. Alhamduillah, saya share di grup WA jemaah umroh, ada teman yang turut serta menyumbangkannya. Semoga menjadi ladang amal ya kelak.

Tulisan lainya adalah mengenai makna lagu dari Letto. Lagu kenangan yang secara tiba-tiba saya ingin menuliskan serta mengartikan liriknya. Tentu saja berdasarkan persepsi saya sendiri.

Review buku, tampaknya menjadi tulisan yang banyak juga di tahun 2019 ini karena konten dibuat juga versi videonya (vlog). Jadi, saya embed kode video Youtube di blog.

Salah satu yang menjadi tantangan tahun 2019 ini adalah saya membaca buku seminggu satu buku, lalu saya buatkan intisarinya berformat video. Walaupun, ternyata tantangan tersebut merupakan tantangan biasa karena saya liat ada juga chanel di Youtube yang melakukan 100 hari 100 buku. Jadi, satu hari satu buku. Wow, luar biasa. Saya hanya bisa tertegun. He..2.

Kaleidoskop 2019 Blog muradmaulana.com

Tulisan pengalaman sehari-hari terkait apa yang saya rasakan misalnya pekerjaan, membaca opini dari pakar, memaknai istilah-istilah, menulis, parenting dan bisnis.

Sementara tulisan mengenai tutorial terkait free online tools dan cara menggunakan wi-fi saat berada di bandara.

Terakhir, tulisan tentang wisata di Perpustakaan Nasional, toko buku dan masjid di Singapura, Sri Lanka juga wisata pameran buku Islam. Oh iya, selain itu juga tulisan tentang kepustakawanan yang dibuat dalam buku kolaborasi dengan teman-teman pustakawan lain dan tulisan yang di muat di Warta Perpusnas.

Tahun 2019 juga menjadi tahun dengan peristiwa besar dan akan dikenang karena seorang tokoh besar Indonesia, yakni B.J. Habibie wafat. Saya menuliskannya disini: Habibie dan Ibu Maimunah: Selamat Jalan Sang Pembuat Pesawat Terbang.  

Secara keseluruhan, semua tulisan 2019 terarsipkan disini. Baca juga Kaleidoskop 2018Kaleidoskop 2017. 

Semoga 2020 saya masih terus bisa konsisten menulis ditengah-tengah era Youtube yang sedang membara.

Salam,
Pustakawan Blogger

Belum ada Komentar untuk "Kaleidoskop 2019 Blog muradmaulana.com"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel