2 Jenis Blogger Versi Saya

Advertisement
Saya membatasi ciri seorang blogger yang sebenarnya itu terdiri dari tiga kriteria. Pertama, penulisnya adalah pemilik blog sendiri atau kontributor pada blog komunitas. Kedua, ia akan menulis berdasarkan pertimbangan asas manfaat bagi pembacanya dan ketiga ia akan terbuka siapa sebenarnya dirinya sehingga akan lebih mudah dihubungi, tidak anonim dan dapat dipertanggung jawabkan tulisannya. Lebih jauh tentang itu silahkan baca disini: Pengertian Blog, Blogger dan Ngeblog. Tiga kriteria diatas adalah blogger yang memiliki integritas dan komitmen ketika merasa menjadi manusia provider informasi dengan tujuan untuk berbagai pengetahuan dan pengalaman kepada khalayak luas. Oleh karena itu, menurut saya dalam dunia blogging itu ada 2 (dua) jenis blogger. Dua jenis ini tentu saja menurut versi saya. Teman-teman boleh mempunyai pandangan lain.

Blogger Idealis
2 Jenis Blogger Versi Saya
Jenis blogger pertama adalah blogger idealis yaitu blogger yang mempunyai tujuan murni hanya sekedar untuk menulis misalnya sebagai catatan harian. Dalam artian tulisannya mengalir saja sesuai keinginannya. Biasanya jenis blogger ini selalu terus termotivasi untuk menulis karena tujuannya hanya untuk berbagi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Artikel yang ditulis pada jenis blogger ini bisa berupa opini, analisis, pengalaman hidup, humor, motivasi, dan lainya. Adapun tema yang ditulis biasanya tidak jauh dengan apa yang terjadi dengan kehidupannya sehari-hari misalnya tentang travelling, pandangan politik, hobi, religi, kepakaran, pekerjaan, pelajaran dan tema-tema lainya sesuai hidup yang dijalani dari blogger itu sendiri. Blogger idealis adalah blogger yang menulis apa adanya dan biasanya tidak tersedia iklan komersil diblognya.

Blogger Bisnis
Jenis blogger yang kedua ini kebalikan dari blogger idealis. Ia menulis dengan tujuan ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblognya. Dahulu blogger pencari uang ini disebut juga sebagai blogger matre. Oleh karena itu blogger bisnis akan menulis berdasarkan kata kunci  (keyword) yang sedang ramai dicari orang. Blogger jenis ini juga biasanya akan memepelajari SEO (Search Engine Optimization).

Blogger bisnis akan berusaha menulis dengan harapan artikelnya bisa muncul di urutan pertama pada mesin pencari (search engine). Selain itu target pertamanya adalah bagaimana caranya agar blognya ramai dikunjungi orang karena asumsinya semakin banyak pengunjung maka akan semakin besar pendapatan yang diperolehnya. Blogger bisnis ini sangat berkaitan dengan dunia internet marketing. Bagi yang belum tahu tentang apa itu internet marketing? Silahkan baca tulisanku terdahulu disini: Mengenal Internet Marketing dan Jenisnya.

Secara prinsip, blogger bisnis juga memiliki dua macam. Pertama blogger bisnis putih dan blogger bisnis hitam. Tujuan keduanya memang sama, yakni memperoleh penghasilan dari kegiatan blogging. Adapun ciri-ciri keduanya sebagai berikut:
Blogger bisnis putih (BBP):
  • Blogger bisnis putih akan menulis secara profesional dan berkualitas. Jadi tidak hanya semata-mata mencari penghasilan dengan tulisan yang alakadarnya.
  • Tulisannya dapat dipertanggungjawabkan
  • Ada kontak yang jelas sehingga mudah dihubungi ketika ada pembaca yang bertanya
  • Jalinan komunikasi yang efektif misalnya adanya feedback (umpan balik) antara penulis dan pembacanya
  • Penempatan iklan yang tidak berlebihan
 Blogger bisnis hitam (BBH):
  • Mengutamakan kuantitas dibanding kualitas
  • Seringkali tulisan yang dibahas tidak dimengerti alurnya akibat terlalu fokus terhadap kata kunci (keyword)
  • Copi paste tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya
  • Anonim, si penulis tersembunyi 
  • Terkadang penempatan iklan yang berlebihan bahkan memaksa misalnya jenis iklan Interstitial Ad
Apakah teman-teman seorang blogger? Diantara kedua itu, kira-kira masuk jenis blogger yang versi mana?

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "2 Jenis Blogger Versi Saya "