Pengertian Blog, Blogger dan Ngeblog

Advertisement
Sepintas saya pernah membahas mengenai pengertian blog, blogger dan ngeblog. Teman-teman bisa membacanya disini. Dalam tulisan tersebut saya menekankan pada pentingnya ngeblog dibanding dari blog itu sendiri. Artinya proses selama ngeblog inilah yang sangat vital jika seseorang ingin terjun ke dalam dunia blog karena menyangkut kemampuan menulis yang dilakukan secara terus-menerus. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat pengertian dari ketiga istilah diatas, tentu saja menurut versi saya sendiri.

Pustakawan Blogger

Pengertian Blog 
Tidak ada batasanya yang baku mengenai pengertian blog. Dalam KBBI jelas istilah blog tidak akan tercantum. Namun demikian, jika kita menelisiknya ke kamus komputer dan teknologi informasi, saya yakin akan ada uraiannya. Sebagai contoh saya ambil pengertian blog dari kamus istilah komputer online Perpustakaan Nasional RI, bahwa blog adalah suatu situs yang menyediakan halaman Web dan memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk menuliskan jurnal harian atau pribadi pada halaman tersebut. Saya sendiri mengartikan dari persepsi ilmu komunikasi. Jadi, blog adalah media online yang digunakan untuk kegiatan menulis baik oleh personal, komunitas, institusi  ataupun lainya dengan tujuan tertentu dan dilengkapi dengan fasilitas umpan balik (feedback). Tulisan tersebut bisa berupa hasil pemikiran pribadi seperti opini atau catatan perjalanan seseorang ketika berlibur, tutorial, ilmu pengetahuan, informasi dan lain sebagainya. Karena setiap tulisan itu mempunyai tujuan tersendiri maka, jadilah sebuah blog bisa diklasifikasikan berdasarakan jenisnya seperti blog politik, blog hukum, blog agama, blog riset, blog bisnis, blog sastra, blog pendidikan, blog seni dan lain sebagainya.

Saat ini perkembangan blog tidak hanya digunakan untuk personal saja, namun komunitas, korporasi dan institusipun mulai banyak yang memanfaatkannya. Sebagai contoh banyak blog digunakan untuk toko online atau tulisan yang berisi kegiatan sehari-hari dari sebuah institusi. Dua pltaform blog yang paling terkenal dan gratis adalah blogger milik Google dan Wordpress.

Pengertian Blogger
Pengertian blogger sebenarnya akan lebih tepat hanya untuk penulis personal di blog pribadi atau sebagai kontributor penulis di sebuah blog komunitas. Mengapa demikian? karena blog yang digunakan khusus dibawah institusi jelas sekali yang akan mengisi kontennya adalah pekerja yang ada didalamnya. Blogger adalah sebutan bagi orang-orang yang menulis di blog miliknya atau  blog komunitas. Blogger ideal adalah seseorang yang menulis dengan pertimbangan asas manfaat terhadap pembacanya. Selain itu, dia akan lebih terbuka siapa dirinya dan mudah dihubungi dengan alamat kontak yang jelas sehingga tulisannya bisa dipertanggungjawabkan jika ada yang bertanya. Jadi, tidak anonim. Sekarang ini banyak blog bertebaran yang bersifat tertutup yang tidak diketahui siapa penulisnya (blogger pemalu).

Pengertian Ngeblog
Sekarang sampai pada pengertian ngeblog. Seperti yang saya singgung, bahwa dari ketiga istilah diatas, satu yang paling penting yakni, ngeblog. Menjadi seseorang blogger dadakan itu mudah apalagi membuat blognya. Akan tetapi yang paling sulit adalah proses ngeblognya. Mengapa? kerena dibutuhkan konsistensi dan semangat untuk menulis secara berkala. Inilah yang seringkali banyak blogger hidup satu hari dengan blognya namun kedepannya tidak bertahan lama. Pada akhirnya terciptalah banyak blog yang bertebaran di internet namun hanya terisi satu artikel saja.

Berikut beberapa tips ngeblog agar bisa bertahan lama, semangat dan konsisten:
  • Pertama, tentukan tujuan ngeblog. Saat ini banyak seseorang ngeblog tidak hanya sekedar untuk sarana latihan menulis atau berbagi informasi, melainkan mempunyai tujuan untuk mencari uang.
  • Kedua, menulislah dengan tema yang diminati dan dikuasai kita agar lebih memudahkan tanpa menemui kebuntuan ide dan gagasan.
  • Ketiga, jangan sekali-kali menulis karena keterpaksaan yang pada akhirnya bisa menimbulkan kebosanan.
  • Keempat,  pikirkanlah setiap tulisan itu mengenai apa manfaatnya bagi para pembaca
  • Kelima, banyaklah membaca untuk memperoleh bahan-bahan menulis. Membaca bukan hanya diartikan secara harfiah namun membaca dengan makna luas misalnya mengamati kondisi yang ada disekeliling kita.
Lima tips diatas tentu saja saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Oleh karena itu, tips tersebut tidaklah mutlak adanya. Setiap orang pasti akan memiliki pengalaman yang berbeda-beda sehingga tipsnya pun pasti akan berbeda pula.

Menurut saya ngeblog itu seperti terbang. Terbang tinggi diatas awan. Bagaimana dengan teman-teman?

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Blog, Blogger dan Ngeblog"