Bingung Dengan Tema Ngeblog? Coba Metode ATM

Advertisement
"Penulis yang masih muda, meniru. Penulis yang sudah berpengalaman, mencuri ide" [Thomas Stearns Eliot]
Begini, seorang teman yang tertarik ngeblog untuk mendapatkan penghasilan tambahan bertanya kepadaku. Tema apa yang sekiranya bagus untuk dijadikan topik utama dalam blognya mengingat sampai sekarang ia masih belum menemukannya? saya pun teringat akan sebuah metode yang sering disebutkan pada seminar-seminar kewirausahaan yang pernah kuikuti. Metode tersebut adalah ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Mungkin salah satu motode inilah yang bisa ditawarkan untuk salah satu temanku ini karena terus terang ketika saya sendiri mulai mendapatkan penghasilan dari blog diawali dengan metode tersebut.

Amati Tiru Modifikasi
Amati
Bagi para blogger pemula teknik mengamati sebuah blog milik seseorang bisa menjadi sasaran untuk menggali ide dan gagasan. Mengamati disini mencakup dari isi, gaya bahasa, tehnik pembahasan hingga cara menyampaikan informasi kepada para pembacanya. Di sisi lain, pengamatan juga di lakukan pada waktu terbit atau kebiasaan ketika memperbaharui tulisannya. Bagaimana teknik ini dilakukan? silahkan teman-teman mencoba menetapkan target sasaran satu blog yang akan di amati. Blog yang menjadi sasaran adalah tentu saja blog yang memiliki jumlah pengunjung banyak. Kunjungilah blog tersebut setiap hari kemudian bacalah setiap artikel-artikel terbarunya secara teliti. Amati gaya bahasa dan cara pembahasannya kemudian bandingkan dengan setiap artikel lain yang mereka selalu tulis sebelumnya.

Tiru
Metode meniru disini bukan berarti mengambil tulisan milik blog lain secara penuh atau sering disebut dengan istilah copy paste. Jelas ini sangat dilarang karena ini akan merugikan orang lain. Dalam dunia blogging, ada sebagian orang yang tidak menyukai artikelnya diambil secara penuh kendati sudah menuliskan sumbernya. Di sisi lain, jika teman-teman belajar sekilas tentang SEO (Search engine optimization) tentu akan mempengaruhi hasil pencarian di mesin pencari. Meniru disini bisa di implementasikan dengan cara membahas tema yang sama namun dengan gaya bahasa kita sendiri.

Modifikasi
Dari hasil proses mengamati itu, mulailah anda melakukan prakteknya dengan membuat tulisan yang temanya sama dengan blog yang akan kita tiru. Isi tulisan harus teman-teman modifikasi dengan gaya bahasa sendiri. Akan lebih baik jika ditambah dengan berbagai informasi-informasi menarik lainya yang belum di bahas dalam artikel blog yang di tiru itu. Jika ini dilakukan secara terus-menerus, saya yakin secara tidak sadar lambat laun akan dapat melahirkan sebuah inspirasi. Maka dari proses inilah akan tercipta sebuah ide dan gagasan baru yang ingin berbeda dari yang telah ada sebelumnya (inovasi)

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bingung Dengan Tema Ngeblog? Coba Metode ATM "