Toko Merah Bangunan Tua Bersejarah Zaman Belanda di Kota Tua Jakarta

Belanda selalu lekat dengan sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Hal tersebut merupakan suatu kelaziman karena Belanda adalah negara yang pernah menjajah di Indonesia. 

Ada banyak warisan Belanda yang masih ada hingga sekarang misalnya saja bangunan. Salah satu tempat yang banyak meninggalkan warisan bangunan dari Belanda hingga sekarang adalah di Kota Tua Jakarta. Entah sudah berapa kali saya sering datang ke Kota Tua Jakarta ini. 

Toko Merah

Toko Merah

Mulai dari Museum Fatahillah, Jembatan Kota Intan, dan sederet gedung-gedung lainya yang berada di Jalan Kali Besar Barat. Salah satu yang saya kunjungi adalah bangunan Toko Merah. Konon Toko Merah ini sebelumnya merupakan rumah tinggal yang dibangun oleh salah satu pejabat VOC, yakni Gubernur-Jenderal Gustaaf Willem baron van Imhoff. Toko Merah dibangun sejak 1730. Jadi, lumayan cukup tua. Seiring perjalananya, peruntukannya pun sering berganti-ganti. Mulai untuk kantor VOC hingga Gedung Dinas Kesehatan Tentara Jepang. 

BACA JUGA:

Ok, itu sekilas sejarah Toko Merah. Kebetulan, beberapa hari yang lalu saya datang langsung ke Toko Merah. Seperti apa kondisinya sekarang? Ini dia videonya:

Komentar