Hotel Des Galeries Bangunan Tua Peninggalan Zaman Hindia Belanda

Tiga hari yang lalu saya menyusuri Jalan Ir. H. Juanda, Jakarta Pusat. Di sepanjang jalan tersebut ada banyak gedung tua peninggalan Zaman Hindia Belanda. 

Ada beberapa gedung misalnya Kantor Jiwasraya, Gedung Bank Indonesia, Sekolah Santa Maria dan masih banyak yang lainnya. 

Nah, di ujung Trotoar Jalan Juanda, berdekatan dengan Harmoni, tepatnya di Jalan Hayam Wuruk, juga ada gedung tua yang bersejarah. Gedung tersebut adalah Hotel Des Galeries. Konon katanya berdiri sejak 1930. 

Saya berada di dekat Hotel Des Galeries Batavia
Saya berada di dekat Hotel Des Galeries Batavia

Setiap hari saya melihat hotel tua tersebut karena memang lokasinya berdekatan juga dengan kantor saya berkerja di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

Nah, kebetulan hari ini saya mencoba melihat-lihat lebih dekat. Saya penasaran terkait sejarah singkatnya. Ada banyak yang membahasnya, khususnya web-web terkait wisata. Kendati cuaca siang ini cukup panas, tapi tidak menyurutkan untuk datang langsung untuk memotret, melihat-lihat, mengamati, hingga berjalan persis di lorong hotelnya.

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Sementara itu, di Hipwee juga ada yang menuliskannya, Fajar Nindyo. Kalau saya baca sejarahnya memang unik. Berawal dari seorang dari Arab yang kaya raya ditolak menginap di Hotel Des Indes karena saat itu yang di perbolehkan hanya orang-orang Eropa, akhirnya membuat Hotel sendiri yang bernama Des Galeries ini. 

Konon katanya pernah berganti nama juga menjadi Hotel Gayatri. Saya melihat langsung, sepertinya memang bangunan tua tersebut sudah tidak terpakai lagi. Padahal, letaknya cukup stratergis loh.

Mungkin perlu adanya revitalisasi sebagai bagian dari sejarah untuk tapak tilas di Zaman Hindia Belanda. Apalagi letaknya memang berada di kawasan yang banyak gedung-gedung tua peninggalan Belanda. 

Berjalan menyusuri lorong hotelnya, serasa biasa, tapi ketika berdiri tepat di depannya, mengamati dan melihat-lihat, ingatan saya tiba-tiba melayang jauh, membayangkan zaman saat itu. Menapaki sejarah melalui peninggalan gedung tua memang mengasyikan. Sayangnya, saya tidak bisa masuk, hanya bisa mengeksplore di lorong hotelnya saja. Ini dia foto-fotonya:

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Hotel Des Galeries Batavia

Ada tulisan yang cukup menarik. Penelitian dari Artaxerxes Christopher Lee, dkk yang diterbitkan oleh Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, pada Desember 2021. Judulnya "Upaya Pelestarian Arsitektur Hotel Des Galeries Batavia di Harmoni."

Saya kira, hasilnya bagus untuk rekomendasi pelestariannya, yakni salah satunya revitalisasi hotel tersebut menjadi tempat yang lebih bermanfaat. Usulannya terkait food market dan museum agar para wisatawan tertarik untuk datang. Tulisannya bisa dibaca disini.

Oh iya, saya juga mendokumentasikan videonya. Ini dia vlognya:

Komentar