Berkunjung Ke Bangunan Tua Bersejarah Bekas Rumah Reinier de Klerk

Teman-teman mungkin ada yang belum tahu, siapa itu Reinier de Klerk. Jadi, Reinier de Klerk adalah salah satu Gubernur Jenderal VOC ke-31 yang memiliki catatan sejarah panjang di Indonesia. 

Konon katanya beliau adalah pendiri Museum Gajah. Dalam catatan sejarah (Wikipedia), Gubernur Hindia Belanda tersebut memerintah antara  tahun 1777 – 1780. 

Nah, dua minggu yang lalu saya bekesempatan mengunjungi bekas rumah dari Reinier de Klerk. Bekas rumanya adalah bangunan tua peninggalan Zaman Hindia Belanda yang kini menjadi salah satu Gedung Pusat Arsip Nasional Indonesia. Bangunannya benar-benar masih berdiri kokoh. Letaknya di Jalan Gajah Mada No.111, RT.1/RW.1, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat. 

Sebenarnya, di belakang bangunan tersebut ada satu bangunan baru, yakni pusat diaroma Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Saya berkunjung ke sana langsung ada guide dari arsiparis. Keren banget pokoknya. 

Saya berada di depan Gedung Pusat Arsip Nasional Indonesia

Sayangnya, saya tidak mendokumentasikan untuk perjalanan ketika melihat diorama Presiden Soekarno. Satu hal yang saya dokumentasikan adalah bangunan tua bekas rumah dari Reinier de Klerk. 

Bekas Rumah Reinier de Klerk

Saya berkesempatan berkeliling hingga bekas tempat para pekerjanya. Seperti apa arsitektur bekas rumah dari Rumah Reinier de Klerk ini? Ini dia videonya:

Video Bekas Kediaman Rumah Reinier de Klerk (Gubernur Jenderal VOC) ke-31:

Komentar