Contoh Redaksi Surat Mutasi PNS (Lolos Butuh)

Dari hari ke hari semakin banyak pengunjung blogku yang mengirimkan email kepada saya untuk mengirimkan contoh redaksi surat pengajuan mutasi PNS (lolos butuh). Terus terang, saya percaya sebenarnya teman-teman PNS pasti bisa membuatnya sendiri. Apalagi jika teman-teman yang terbiasa dengan aktivitas menulis dan membaca. Namun demikian, bisa jadi teman-teman PNS ingin melihat contoh surat itu dikarenakan hanya untuk bahan perbandingan saja. Ok, tidak mengapa, sayapun dulu demikian. Surat mutasi yang saya buat juga awalnya dari seorang teman yang sama-sama melakukan mutasi PNS.

Bersama temanku, Hasan Pengusaha PS

Berikut ini contoh redaksi surat pengajuan mutasi PNS atau lolos butuh. Untuk formatnya seperti surat resmi pada umumnya. Contoh surat mutasi PNS ini kasusnya pada saya sendiri dari Pemda Kabupaten ke Pusat. Perlu diingat surat awal pengajuan mutasi ini dibuat pribadi tanpa kop instansi yang dikirimkan ke institusi yang akan kita tuju.

Redaksi Surat Mutasi PNS (Lolos Butuh): 
Cirebon, 21 Oktober 2014  
Perihal: Permohonan Mutasi antar Instansi Lolos Butuh a.n. Herlando Al-Ghazali
Kepada
Yth. Kepala LIPI

di -
JAKARTA
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                   :  Herlando Al-Ghazali, ST 
NIP                                       :  19980607 200704 1 0006
Pangkat / Golongan Ruang  :  Penata Muda / IIIa

Jabatan                                 : Pranata Komputer
Unit Kerja                            : Bagian Data dan Informasi
Pendidikan                           :  S1 Teknik Informatika
Alamat Kantor                     :  Jl. MT. Haryono No.48 Indramayu
Alamat Sekarang                 : Pasar Minggu, Jakarta Selatan
No. HP                                  : 0813456984398


Bermaksud mengajukan permohonan pindah instansi / melimpah dari Kantor Arsip Daerah Cirebon ke  LIPI Jakarta dengan alasan agar dapat berkumpul dengan keluarga yang tinggal di Jakarta serta faktor kesehatan yang menurun karena jarak tempuh yang jauh. Selain alasan diatas, saya juga bermaksud untuk lebih meningkatkan pengalaman kerja serta mengembangkan jenjang dan karir yang saya miliki. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV) 
  2. Foto copy SK CPNS 
  3. Foto copy SK PNS
  4. Foto copy kartu pegawai
  5. Foto copy DP3 2 tahun terakhir 
  6. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai 
  7. Pas foto terbaru 
Demikian permohonan saya untuk dapat dipertimbangkan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya,
Herlando Al-Ghazali, ST  
Note: Kalau yang mutasi istri ikut suami, maka bisa ditambahkan pada lampiran Surat Keterangan Kerja Suami atau surat-surat penting lainya jika diperlukan.

Sekali lagi saya ingatkan, untuk contoh surat mutasi PNS / lolos butuh diatas redaksi bahasanya bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Untuk nama, NIP, pangkat, unit kerja, lembaga dan informasi lainya hanyalah ilustrasi saja. Sedangkan untuk tata letak formatnya seperti tanggal, perihal, kalimat pembuka, isi, kalimat penutup, tanda tangan dan lain-lain, maka silahkan lihat format surat resmi pada umumnya. Beberapa format surat resmi yang biasa digunakan seperti format lurus penuh (full block style), format lurus (block style), format setengah lurus A, setengah lurus B (semi block style), format lekuk atau format bergerigi (indented style) dan format paragraf menggantung (hanging paragraph style).

Semoga bermanfaat.

Salam pustakawan blogger

Komentar

Unknown mengatakan…
Klo misal pindah antar instasi dari pemko ke pemprov, surat permohonannya ditujukan kmn.. Apakah ke bkd prov yg dtuju ato langsung ke dinas/badan prov yg dtuju..

Terimakasih sebelumnya...
Murad Maulana mengatakan…
Setahuku di tujukan ke gubernur melalui bkd prov
Unknown mengatakan…
Mas, saya pns kota tangsel bekerja di rsu tangsel, saya berencana mengajukan mutasi ke puskesmas kec. Ciracas jaktim krn lokasinya lbh dekat dengan rmh. Surat lolos butuhnya sebaiknya ditujukan ke kpl puskes atau ke dinkes jakarta y?
Terima kasih atas jawabannya
Murad Maulana mengatakan…
Walikota Jaktim melalui bkdnya. Tapi, sebaiknya ibu ikadewi tanya ke bagian kepegawaiannya biar lebih yakin dan jelas. Soalnya pengalamanku dr daerah ke pusat (takutnya berbeda)
Clara_kla mengatakan…
Mas mau nanya, saya pns pusat yang di tempatkan di kabupaten niat mutasi ke ibukota provinsi (tetap satu provinsi dan satu instansi), saya mengajukan surat lolos butuhnya ke kanwil atau ke pusat langsung? Trims
Murad Maulana mengatakan…
Mba Clara: Sepertinya harus ke pusat mba
Unknown mengatakan…
Slam kenal, sy pns kabupaten mau mutasi ke Tangsel, ada tes nya gak ya?
Murad Maulana mengatakan…
Eka Mulyawati: Untuk sekrang saya kurang tahu mba eka. Tapi sepertinya skr agak sulit. Tapi perlu dicoba biar tidak penasaran
oppa mengatakan…
Kang Murad untuk tahapan awal mutasi PNS dari Instansi Pusat ke Instansi Pusat lainnya apakah harus mengirim surat secara pribadi terlebih dahulu ke Instansi yg dituju ? karena setahu saya untuk Surat Lolos Butuh yg mengeluarkan nanti adalah Instansi yg dituju yah ...
Nah saya pernah baca di website BPKP itu mengatakan harus mengirim surat dari Instansi asal ke Instansi tujuan. tapi kalo kita sendiri belum tahu formasinya ada ato engga nanti gimana ?

Mohon pencerahannya Kang ...
Murad Maulana mengatakan…
Oppa: Klo pengalamanku mengirim surat pribadi dulu kang ke instansi yang dituju. Nanti jawabannya buat lampiran saat pengajuan di instansi sendiri. Untuk cari formasinya bisa nanya2 langsung ke bagian kepegawaiannya.
Eva mengatakan…
Assalamualaikum pak murad, saya pns daerah kabupaten di jawa barat ingin mengajukan mutasi ke kementerian pusat karna suami bekerja di jakarta, untuk pengajuan surat permohonan nya itu di tujukan langsung kepada menteri atau cukup kepada menteri cq sekretariat jendral/kabiro pd kementrian yg di tuju? Mohon pencerahan terimakasih
Murad Maulana mengatakan…
Eva: walaikum salam, maaf baru bales. Klo saya dulu langsung ke kepala LPNK tanpa c.q. Sebab, nanti otomatis di disposisinya ke kepegawaian.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum.. boleh saya minta diemail kelengkapan surat2 untuk pindah instansi? Semoga masih relevan untuk tahun 2020. Mohon dapat diemail ke titisari.ramandini@gmail.com
Terima kasih banyak sebelumnya.
fadheul ulum mengatakan…
Assalamu'alaikum pak murad, boleh sy di email kan kelengkapan surat2 untk pindah instansi? Bisa di emailkn ke fadheul@gmail.com
Terimakasih bnyak sblumnya 😊😊
fadheul ulum mengatakan…
Assalamu'alaikum pak murad, boleh sy di email kan kelengkapan surat2 untk pindah instansi? Bisa di emailkn ke fadheul@gmail.com
Terimakasih bnyak sblumnya 😊😊