Contoh Redaksi Surat Mutasi PNS (Lolos Butuh)

Advertisement
Dari hari ke hari semakin banyak pengunjung blogku yang mengirimkan email kepada saya untuk mengirimkan contoh redaksi surat pengajuan mutasi PNS (lolos butuh). Terus terang, saya percaya sebenarnya teman-teman PNS pasti bisa membuatnya sendiri. Apalagi jika teman-teman yang terbiasa dengan aktivitas menulis dan membaca. Namun demikian, bisa jadi teman-teman PNS ingin melihat contoh surat itu dikarenakan hanya untuk bahan perbandingan saja. Ok, tidak mengapa, sayapun dulu demikian. Surat mutasi yang saya buat juga awalnya dari seorang teman yang sama-sama melakukan mutasi PNS.

Bersama temanku, Hasan Pengusaha PS

Berikut ini contoh redaksi surat pengajuan mutasi PNS atau lolos butuh. Untuk formatnya seperti surat resmi pada umumnya. Contoh surat mutasi PNS ini kasusnya pada saya sendiri dari Pemda Kabupaten ke Pusat. Perlu diingat surat awal pengajuan mutasi ini dibuat pribadi tanpa kop instansi yang dikirimkan ke institusi yang akan kita tuju.

Redaksi Surat Mutasi PNS (Lolos Butuh): 
Cirebon, 21 Oktober 2014  
Perihal: Permohonan Mutasi antar Instansi Lolos Butuh a.n. Herlando Al-Ghazali
Kepada
Yth. Kepala LIPI

di -
JAKARTA
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                   :  Herlando Al-Ghazali, ST 
NIP                                       :  19980607 200704 1 0006
Pangkat / Golongan Ruang  :  Penata Muda / IIIa

Jabatan                                 : Pranata Komputer
Unit Kerja                            : Bagian Data dan Informasi
Pendidikan                           :  S1 Teknik Informatika
Alamat Kantor                     :  Jl. MT. Haryono No.48 Indramayu
Alamat Sekarang                 : Pasar Minggu, Jakarta Selatan
No. HP                                  : 0813456984398


Bermaksud mengajukan permohonan pindah instansi / melimpah dari Kantor Arsip Daerah Cirebon ke  LIPI Jakarta dengan alasan agar dapat berkumpul dengan keluarga yang tinggal di Jakarta serta faktor kesehatan yang menurun karena jarak tempuh yang jauh. Selain alasan diatas, saya juga bermaksud untuk lebih meningkatkan pengalaman kerja serta mengembangkan jenjang dan karir yang saya miliki. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup (CV) 
  2. Foto copy SK CPNS 
  3. Foto copy SK PNS
  4. Foto copy kartu pegawai
  5. Foto copy DP3 2 tahun terakhir 
  6. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai 
  7. Pas foto terbaru 
Demikian permohonan saya untuk dapat dipertimbangkan. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak / Ibu saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya,
Herlando Al-Ghazali, ST  
Note: Kalau yang mutasi istri ikut suami, maka bisa ditambahkan pada lampiran Surat Keterangan Kerja Suami atau surat-surat penting lainya jika diperlukan.

Sekali lagi saya ingatkan, untuk contoh surat mutasi PNS / lolos butuh diatas redaksi bahasanya bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Untuk nama, NIP, pangkat, unit kerja, lembaga dan informasi lainya hanyalah ilustrasi saja. Sedangkan untuk tata letak formatnya seperti tanggal, perihal, kalimat pembuka, isi, kalimat penutup, tanda tangan dan lain-lain, maka silahkan lihat format surat resmi pada umumnya. Beberapa format surat resmi yang biasa digunakan seperti format lurus penuh (full block style), format lurus (block style), format setengah lurus A, setengah lurus B (semi block style), format lekuk atau format bergerigi (indented style) dan format paragraf menggantung (hanging paragraph style).

Semoga bermanfaat.

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Redaksi Surat Mutasi PNS (Lolos Butuh) "