Panen Kompos Sampah Organik Daun Mangga Kering

Dulu saya pernah menulis terkait Peluang Usaha di Desa. Dalam tulisan tersebut saya memberi contoh di antaranya adalah menjual pupuk kompos dari sampah organik seperti daun kering. 

Nah, terkait hal itu, alhamdulillah, kali ini saya bisa panen kompos dari sampah organik daun kering, khususnya daun mangga. Kenapa daun mangga? Karena disekiling rumah paling banyak adalah daun mangga. Setiap hari, dulu daun mangga kering ini sering dibuang. Biasanya emak saya mengumpulkanya pada suatu titik tertentu, kemudian baru di bakar. 

Saya berpikir, dari pada di buang sia-sia, kenapa tidak dikumpulkan saja dalam suatu wadah misal box kayu. Lalu, Didiamkan berbulan-bulan hingga terurai sendiri secara alamiah. 

Panen kompos

Akhirnya, saya coba dan saya pun berpesan kepada emak saya untuk mengumpulkan sampah organik daun mangga tersebut, lalu biarkan ditumpukan saja pada box yang sudah saya siapkan. 

Kompos

Akhirnya, setelah beberapa bulan (sekitar 3-4 bulan) baru saya bongkar. Saya bisa panen kompos. Ini dia video dokumentasinya:


Lumayan saya punya tabungan kompos untuk campuran media tanam. 

Komentar