Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Ini Penampakan Kolesom Atau Gingseng Jawa. Ternyata Banyak Manfaatnya

Jadi, ceritanya kemarin-kemarin saya menjemput anak di rumah ibu mertua. Eh, gak sengaja nemuain banyak tanaman di depan rumah. Saya gak tahu, sengaja ditanam atau memang tumbuh liar. Tanamanya unik dan saya juga gak tahu nama jenis tanamanya. Saya tanya, justru malah ibu pun gak tahu juga.

Ok, seperti biasa. Saya gunakan aplikasi andalan Google Lens. Saya foto, selang beberapa detik keluarlah hasil pencarian. Di antara yang paling mirip adalah Kolesom atau Ginseng Jawa. Untuk pengetahuan awal, maka saya baca di Wikipedia dan boom, banyak juga manfaatnya. Tiga diantaranya adalah untuk antibakteri, antiinflamasi, dan memperlancar ASI. 

Saya belum mencari detail lagi untuk manfaat tanaman Kolesom Jawa/Ginseng tersebut misalnya dari sisi hasil penelitian. Saya yakin banyak, biasanya tersedia juga di neliti.com. Nah, kerennya lagi, tanaman ini adalah tanaman obat juga loh. Ok, saya dokumentasikan fotonya. Kira-kira penampakannya seperti ini:

Gingseng Jawa

Gingseng Jawa

Gingseng Jawa

Kolesom atau Ginseng Jawa ini bunganya berwarna pink. Lucu sih, kecil-kecil ditambah ada buletan-buletan kecil. Kalau banyak, saya merasa melihat ada suasana yang berbeda.

Konon, daunnya bisa untuk dibuat sayuran, bahkan ada juga yang buat lalapan. Saya share di Facebook, ada beberapa teman yang komentar mengenai hal tersebut. Yang lucu lagi ada juga yang buat stamina burung kenari. Wow. 

manfaat ginseng jawa

manfaat ginseng jawa

manfaat ginseng jawa

Ok, fix, saya masukan Ginseng Jawa atau Kolesom ini sebagai koleksi proyek taman miniku di tahun 2023 ini. Masuk ke tanaman obat. Semoga terealisasi.

Posting Komentar untuk "Seperti Ini Penampakan Kolesom Atau Gingseng Jawa. Ternyata Banyak Manfaatnya"