Sebaiknya Kapan Waktu Yang Tepat Mengajukan DUPAK Pustakawan?

Masih tentang angka kredit pustakawan ya. Serius, masih banyak loh yang belum tahu terkait waktu yang tepat untuk mengajukan daftar pengajuan angka kredit (DUPAK) pustakawan kepada tim penilai. Termasuk saya pastinya walaupun sering mengajukan angka kredit. He..2. Ok, sebaiknya itu bulan apa? 

Seperti biasa, merujuk PPT-nya Ibu Indra Astuti, SS., MP., Pembuatan DUPAK Jabatan Fungsional Pustakawan, tepatnya di halaman 74. Di sana sangat jelas, dikatakan bahwa DUPAK diajukan ke Tim Penilai 3 bulan sebelum periode kenaikan pangkat. Bulan Januari untuk periode April, dan Bulan Juli untuk periode Oktober. 

DUPAK Pustakawan
PPT Ibu Indra Astuti, SS., MP

Nah, kemarin saya mengajukan DUPAK periode 2018-2021, baru diajukan akhir Bulan Agustus. Semestinya Bulan Juli, tapi ya mau gimana lagi. Soalnya prosesnya kan lumayan lama juga. Mulai dari nyusun bukti fisik, tanda tangan atasan, scanning, dan lainnya, pendek kata semuanya butuh proses. Saya sendiri tidak masalah, seandainya sama tim penilai Perpusnas menilai untuk periode April 2023. 

Nah, sejatinya kalau dirasa-rasa, apabila nilai angka kredit yang diajukan itu belum memenuhi untuk naik pangkat, sepertinya menurut hemat saya gak masalah kalau diajukan diluar Bulan Januari dan Juli itu karena tidak mengejar target untuk kenaikan pangkat.

Jadi, gitu yang teman-teman pustakawan. Ajukanlah DUPAK 3 bulan sebelum periode kenaikan pangkat. 

Buat yang masih proses nyusun DUPAK pustakawan. Semoga lancar ya. 

Komentar