Membuat Rancangan Ternak dan Bercocok Tanam Kombinasi Budikdamber dan Vertikultur

Iseng-iseng mikir setelah membuat budidaya ikan lele dalam ember (budikdamber), saya merancang membuat media tanam kombinasi budikdamber dan vertikultur, yakni beternak sekaligus bercocok tanam. 

Sebenarnya budikdamber sendiri adalah aktivitas beternak dan bercocok tanam, tapi agar bisa menanam lebih banyak lagi, maka saya kombinasikan dengan vertikultur.

Sekarang apa itu vertukultur? Ini sekilas saja ya. Jadi, kalau dilihat dari asal katanya itu vertikal dan kultur. Vertikal itu keatas dan kultur sendiri bisa diartikan budaya, sistem, cara. Nah, kalau dipadukan mejadi sistem ke atas. 

Dalam dunia bercocok tanam sering kali diartikan sebagai teknik/sistem menanam keatas. Alasanya memanfaatkan ruang yang sempit untuk aktivitas bercocok tanam, jadi dibuat vertikal keatas.

Agar bisa menanam lebih banyak lagi, maka saya berpikir keras untuk memadukan atau mengkombinasikan antara budikdamber dan vertikultur, maka jadilah konsepnya seperti di video dibawah ini. Teman-teman penasaran? Simak ya videonya:


Hasilnya seperti apa? Berikut videonya:

Belum ada Komentar untuk "Membuat Rancangan Ternak dan Bercocok Tanam Kombinasi Budikdamber dan Vertikultur "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel