Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi

"Untuk mencapai keberhasilan, bertindaklah seolah-olah Anda tidak mungkin gagal." - Dorothe Brande
Saya tidak menyangka ketika menulis sebuah artikel yang berjudul "Tips Mutasi PNS Antar Daerah" di blog lamaku, banyak yang menanyakan tentang hal itu. Karenanya dengan maksud untuk berbagi informasi kepada teman-teman semuanya, saya kembali menulis ulang artikel tersebut pada blog ini mengingat di blog inilah saya sering mengupdate tulisan terbaruku sehingga ketika ada teman-teman yang bertanya dapat saya jawab secepatnya. Seperti yang saya bilang sebelumnya, tulisan ini hanyalah sebuah pengalaman pribadi.
Murad Maulana

Kita tahu mutasi PNS adalah pemindahan pegawai dari atau ke instansi di lingkungan pemerintahan meliputi:
  • Pemindahan antar Kabupaten / Kota dalam satu Propinsi ;
  • Pemindahan dari Kabupaten / Kota ke Propinsi atau sebaliknya ;
  • Pemindahan antar Kabupaten kota luar Propinsi ;
  • Pemindahan dari Kabupaten / Kota atau Propinsi ke Pusat atau sebaliknya ;
  • Pemindahan antar unit kerja dalam satu instansi
Mutasi ini bisa dilakukan baik karena keputusan atasan maupun usulan sendiri. Bagaimana dengan saya? Saya melakukan mutasi karena usulan sendiri dari kabupaten ke pusat. Dalam hal ini dari Kabupaten Indramayu ke Jakarta Pusat atau lebih tepatnya dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu ke LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian), yakni Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Sejauh ini ada beberapa alasan mengapa seorang PNS ingin melakukan mutasi misalnya karena alasan jauh dari keluarga, mengikuti suami atau istri, meningkatkan jenjang karir, karena jarak yang jauh antara rumah dan kantornya, karena sakit berat yang mengharuskan berobat di rumah sakit yang lengkap sedangkan rumah sakit tersebut jauh dari tempatnya kerja atau bahkan hanya ingin sekedar mencari suasana baru dengan lingkungan kerja yang baru pula. Namun demikian, salah satu alasan yang sering dilakukan yaitu mengikuti suami atau istri. Nah, saya sendiri mengajukan mutasi PNS dari kabupaten ke pusat karena alasan ikut istri yang tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan dengan alasan agar dekat dengan keluarga.

Tidak sedikit dari seorang PNS yang merasa bingung atau tidak tahu apa yang harus pertama dilakukan ketika akan melakukan mutasi PNS. Disisi lain, jika akan melakukan mutasi biasanya seringkali di hinggapi oleh pikiran negatif bahwa tidak ada kemungkinan bagi seorang PNS untuk melakukan mutasi apalagi jika itu dilakukan dari daerah ke pusat seperti pada kasusku karena biasanya ketika PNS yang akan melakukan mutasi paling tidak harus menyediakan banyak uang dan mempunyai koneksi pejabat, walaupun fenomena tersebut memang benar adanya dan saya tidak menampik akan hal itu. Akan tetapi, ada yang lebih penting dari kedua hal tersebut yakni usaha dan do'a yang sungguh-sungguh. Lantas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan mutasi PNS agar berhasil? Nah berikut beberapa tips mutasi PNS antar daerah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Tentukan Target Institusi Untuk Mutasi
Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan target institusi atau lembaga yang akan kita jadikan tempat mutasi. Anda bisa mencari informasi sedetail-detailnya melalui teman, melalui webiste, atau bahkan dengan mendatangi langsung institusinya. Silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari kebutuhan SDM, siapa pimpinanya, dan informasi-informasi lainya yang diperlukan. Saya sendiri saat itu akan melakukan mutasi, yakni dengan cara menyebarkan informasi ke teman-temanku untuk segera menghubungiku jikalau ada posisi yang diperlukan. Tidak hanya itu sayapun mengunjungi tempatnya secara langsung, saat itu saya langsung mendatangi BKD pemda Tangsel. Hasilnya lampu hijau dan memperbolehkan untuk mengirim berkas mutasi secepatnya. Namun, ada yang lebih menarik dari itu, walau sudah mendapat lampu hijau dari BKD Tangsel, justru saya berhasil mutasi ke Jakarta di LPNK Bapeten karena sebuah informasi seorang teman. Jadi jangan sia-siakan keberadaan teman lho.

Sistem Barter
Kedua, mutasi yang paling cepat adalah dengan sistem barter artinya ada pertukaran pegawai yang saling membutuhkan (baca: Ingin Mutasi PNS Cepat? Lakukan Sistem Barter). Jadi, setelah anda sudah menentukan institusi yang dituju, tugas berikutnya adalah anda harus mencari PNS yang ada dikantor tersebut yang ingin melakukan mutasi juga sehingga anda bisa melakukan barter. Lebih utama lagi seandainya dengan bidang kerja yang sama, dijamin akan lebih cepat. Sistem barter ini tidaklah wajib. Namun jika anda melakukan sistem barter salah satu kelebihannya adalah cepatnya proses mutasi. Langkah kedua ini bisa anda lewati, jika memang di tempat itu tidak ada yang akan mutasi. Saya sendiri bisa cepat mutasi dikarenakan menggantikan posisi temanku di Bapeten karena ia mutasi ke Yogyakarta.

Konsultasikan
Ketiga, Jangan lupa sebelum anda berniat untuk melakukan mutasi, konsultasikan kepada atasan tempat anda bekerja karena jangan sampai ketika kita sudah mendapatkan tempatnya ternyata atasan anda tidak menyetujuinya. Hal ini pernah dialami oleh saya sendiri. Saya melakukan mutasi tanpa memberitahu ke atasan. Ketika sudah memperoleh surat balasan yang berisi persetujuan dari instansi yang di tuju, saya baru memberitahukannya. Alhasil, saya dilarang untuk pindah. Bukankah ini pekerjaan yang sia-sia? Alangkah lebih baiknya bila anda melakukan komunikasi intensif dengan atasan anda. Bila perlu jika atasan melarang anda pindah, cobalah mengkomunikasikannya dengan tidak di kantor melainkan langsung di rumahnya sembari silaturahmi. Mengapa demikian? Karena biasanya antara suasana dikantor dan dirumah akan berbeda. Karena saya sendiri pernah mengalaminya.

Ikuti Alurnya
Keempat, jika institusi telah ditemukan, atasan anda telah menyetujui, kemudian ada salah satu pegawai yang ingin mutasi. Maka 90% anda telah mendapatkan peluang itu. 10% anda hanya tinggal mengikuti alur birokrasi yang komplek, yaitu membuat surat pengajuan untuk mutasi yang kemudian akan berlanjut dengan proses surat balasan. Adapun contoh surat pengajuan mutasi PNS antar daerah jika anda menginginkanya silahkan download dibawah artikel ini.

Yang Penting Atasan Setuju
Kelima, bagaimana jika tidak ada pegawai yang ingin barter dan bahkan atasan tidak menyetujuinya? Sebenarnya anda tidak harus melakukan berter. Cara tersebut biasanya dilakukan agar lebih cepat saja. Intinya anda hanya tinggal mencari institusi yang mau menerima anda dan atasan anda menyetujuinya (lolos butuh). Itu saja

Tunggu Atasan Baru
Keenam, jika atasan anda tidak menyutujui anda pindah tentu ini sangat sulit. Namun anda bisa menunggu pergantian kepala atau atasan baru, barangkali saja ada peluang. Saya sendiri melakukan mutasi PNS yang tidak disetujui oleh atasan dan sebagai catatan, pada akhirnya saya bisa berhasil mutasi dengan menunggu atasan baru walau saat itu atasan barupun tidak menyutujuinya. Namun saya mempunyai tips nekad untuk melakukan mutasi PNS ketika tidak disetujui oleh atasan baru itu yakni membuat surat pengunduran diri dari PNS. Ini tentu saja cara ekstrim dan perlu keberanian untuk melakukan itu. Apakah anda siap seperti cara saya?

Pantau Terus
Terkahir, ketika anda sudah mengajukan surat mutasi PNS, jangan lupa selalu terus dipantau karena terkadang ada saja pegawai yang mengurus hal tersebut tiba-tiba menderita sakit ingatan baik disengaja maupun tidak (he..2). "Jemput Bola" adalah cara yang tepat untuk mempercepat proses mutasi.

Demikianlah sekelumit tips mutasi PNS antar daerah yang pernah saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi dan Alhamdulillah berhasil. Oh ya jangan lupa, teruslah berdoa sebagai penyeimbang usaha anda (bagi anda yang muslim rajin-rajinlah sholat tahajud dan hajat agar diberi kemudahan). Ijin orang tua juga perlu dilakukan (jika masih ada), biar lancar dan sekaligus minta doanya. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin berbagi pengalaman, dengan senang hati jika anda menuliskannya di kolom komentar.

Bagi yang berminat silahkan teman-teman download contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya disini: Scan Berkas Mutasi PNS (Bagi yang minta dikirim via e-mail, mohon maaf jika lama. Tapi, sebaiknya teman-teman download sendiri saja ya. Silahkan klik link downloadnya)

Jika link download bermasalah, mohon beritahu saya.

Salam,
Pustakawan Blogger

412 komentar untuk "Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi"

Unknown Senin, Oktober 07, 2013 Hapus Komentar
Mohon untuk mengirimkan contoh surat mutasinya pak.

email : seozi@yahoo.com

Trimakasih
Murad Maulana Senin, Oktober 07, 2013 Hapus Komentar
Dunia toko: Contoh Surat Pengajuan Mutasi PNS (Lolos Butuh) sudah saya kirim via email
Unknown Kamis, Oktober 10, 2013 Hapus Komentar
Mas...bisa sya minta tolong kirimkan contoh berkas usulan mutasinya ke krist_nyonk@yahoo.co.id
Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.
Ikhwan Minggu, Oktober 20, 2013 Hapus Komentar
Saya minta dikirimin file2 contoh berkas usulan mutasinya juga dong. Serta mungkin langkah2nya...
alkaromainy@gmail.com
Green Selasa, Oktober 22, 2013 Hapus Komentar
minta tolong dikirimi filenya mz, di afridaachmad@gmail.com
trimakasih
Murad Maulana Senin, Oktober 28, 2013 Hapus Komentar
Nadila, Alkaromainy, Green: Contoh surat sudah saya kirim ke email
bisma Senin, November 04, 2013 Hapus Komentar
Asslkum, mas saya minta dikirimin dong berkas2 file mutasinya? Saya sudah bosen kerja jadi pns di tempat yang budaya kerjanya "ga fair"..saya mau mutasi saja ke K/L lain utk penyegaran. Tks bnyak ya mas-Wassalam (Bisma)
Murad Maulana Senin, November 04, 2013 Hapus Komentar
Bisma: Walaikum Salam, tapi ngomong2 emailnya mana ne? saya harus ngirim kemana? terima kasih
Unknown Selasa, November 05, 2013 Hapus Komentar
assalamualaikum...
mas bisa tolong dikirimkan berkas2 untuk mutasinya...
maksh sblumnya...
ismet_mathic@yahoo.co.id
Unknown Jumat, November 15, 2013 Hapus Komentar
mas,, boleh minta berkas -berkas mutasinya..
butuh nih..
cesc_dit2yahoo.com
Hapipi Minggu, November 17, 2013 Hapus Komentar
Assalamu'alaikum Pak, kebetulan sekali saya lg nyari contoh surat2 yang diperlukan untuk pindah, saya mohon kirim juga filenya ke email : shahpepe@gmail.com
Unknown Selasa, November 19, 2013 Hapus Komentar
Minta filenya mas....yoseptandi@gmail.com.....mskasih
Rosallia Pramudyaningtyas Kamis, November 21, 2013 Hapus Komentar
Assalam. Boleh mt contoh berkas mutasi dr daerah ke provinsi lain dalam satu instansi? Trimakasih.
Email saya : rosallia.pramudyaningtyas@gmail.com
Herbalindo Kamis, November 21, 2013 Hapus Komentar
mas saya minta contoh surat2 pengajuan mutasinya ya. mohon kiranya dikirim di alhaq86@gmail.com

saya berencana mengurus mutasi istri saya spy tidak jauh2an spt ini terus. trimakasih atas infonya.
Abu Bariq Minggu, November 24, 2013 Hapus Komentar
salam kenal mas, nama saya thoriq mau mutasi dari jepara ke boyolali untuk mendekatkan pada Ortu n keluarga.
mohon dikirim contoh format2nya mas, terimakasih. semoga Allah selalu memudahkan urusan kita.
tlg dikirim ke thoriqherbalis@gmail.com
Unknown Senin, November 25, 2013 Hapus Komentar
Kirimin jga dong mas cesc_dit@yahoo.com
Murad Maulana Rabu, November 27, 2013 Hapus Komentar
Ismet, Aditya, Hapipi, Yosep, Rosallia, Herbalindo dan thoriq : Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) sudah saya kirim via email masing-masig termasuk contoh berkas-berkas mutasi lainya. Semoga bisa bermanfaat.
dry antonio aftizal Kamis, November 28, 2013 Hapus Komentar
Assalamualaikum. . .salam kenal. Saya deri lg mau bantu istri utk mutasi biar hidup gak berjauhan. Mohon pak informasi mengenai berkas2 atw contoh2 surat nya. Terima kasih...mohon dikirim ke deriafrizal81@gmail.com
Murad Maulana Senin, Desember 02, 2013 Hapus Komentar
Dry antonia afrizal: Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) dan berkas2nya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
ERSAR BARSYAF Rabu, Desember 04, 2013 Hapus Komentar
boleh minta file2nya mas? mohon dikirim ke ersar.barsyaf@gmail.com. terima kasih banyak
Unknown Jumat, Desember 06, 2013 Hapus Komentar
Mas, saya juga minta donk file berkasnya, tolong kirim ke : edin_fahri@yahoo.com
Unknown Minggu, Desember 08, 2013 Hapus Komentar
Minta donk mas contoh surat mutasinya..
Ke : bayu.praba@gmail.com
Thanks
Unknown Minggu, Desember 08, 2013 Hapus Komentar
Assalamu'alaikum wr. wb. Salam kenal Mas Murad. Saya Euis. Suami saya berencana mutasi dari pemerintah pusat ke kota lain tapi saya sama sekali tidak mempunyai gambaran apa saja yang harus disiapkan. untuk itu jika tidak keberatan, saya minta tolong untuk dikirimkan contoh-contoh surat dan berkas-berkas yang diperlukan untuk proses mutasi. File-filenya bisa tolong diemail ke derani82@g.mail.com. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Sukses selalu untuk mas Murad, semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan Mas. Wassalam.
Unknown Minggu, Desember 08, 2013 Hapus Komentar
Assalamualaikum.wr.wb . .Pak Maulana, saya berencana mau mutasi dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, Mohon informasi mengenai berkas2 atau contoh2 surat nya. Terima kasih...mohon dikirim ke derani82@gmail.com
Anonim Selasa, Desember 10, 2013 Hapus Komentar
Tanya dong Pak Maulana,
1. ketika kapan kita off di kantor lama?
2. kapan kita usul pemindahan gaji?
3. bagaimana dengan proses pemindahan rujukan Askes?
terimakasih
marasi (public_healthui@yahoo.com)
dari kabupaten ke RSCM (Kementerian)
Unknown Selasa, Desember 10, 2013 Hapus Komentar
Assalamu'alaikum wr.wb Bp. Maulana, Mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh2 surat pengajuan mutasi ke daerah asal (BKD atau bupati) dan pengajuan ke daerah tujuan. terima kasih banyak. best regards. Renita
email : renita.indrikd@gmail.com
Murad Maulana Sabtu, Desember 14, 2013 Hapus Komentar
Ersar, Edin, Bayu: Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat

Euis / Ade: contoh2 surat dan SK sudah saya kirim via emaail. Klo dari pusat ke daerah, saya rasa akan lebih mudah. Tinggal cari institusi yang menjadi target untuk mutasi. Jika sudah menemukan tinggal bikin surat pengajuan lolos butuh. Selanjutnya menunggu balasan sebagai bukti bahwa sudah memperoleh tempat. Kemudian surat balasan itu tinggal dilampirkan untuk diajukan di tempat kita bekerja

Marasi simanjuntak: 1. ketika sudah mendapat SK dari BKN pusat, 2. Setelah sudah ada SK dari BKN pusat kemudian bapak secepatnya minta surat pemindahan gaji di institusi lama untuk segera di sampaikan di bagian kepegawaian institusi baru. 3. Klo yang akses saya sendiri hingga saat ini belum memanfaatkan dan belum tahu tempat rujukannya. Sedangkan untuk akses buat anaku saya membuatnya melalui bagian kepegawaian di tempat saya bekerja yang baru.

Renita: walaikum salam wr.wb. sudah saya kirim via email. semoga bermanfaat
Unknown Senin, Desember 16, 2013 Hapus Komentar
Assalamualaikum mas
Saya juga mau donk mas, contoh surat2 utk mutasi nya
Mohon bantuannya ya mas, ke email : ranifirdaus.2012@gmail.com
Makasih banyak ya Mas
Della 👑 Niai Agung Perdana Bathin Rabu, Desember 18, 2013 Hapus Komentar
Assalamualaikum mas
Saya juga mau donk mas, contoh surat2 utk mutasi nya
Mohon bantuannya ya mas, ke email : adelawati@gmail.com
Makasih banyak ya Mas :)
Murad Maulana Rabu, Desember 18, 2013 Hapus Komentar
lailalkhamsi maharani + aryani delawati: Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Unknown Kamis, Desember 19, 2013 Hapus Komentar
Assalamualaikum mas
Saya juga mau donk mas, contoh surat2 utk mutasi nya yang lengkap,
Mohon bantuannya ya mas, ke email : teguhatmaja56@gmail.com
Makasih banyak ya Mas :)
Unknown Jumat, Desember 20, 2013 Hapus Komentar
tulisan yang mas tulis sangat bermanfaat bagi saya. karena saya berencana mutasi ke kabupaten lain karena mengikuti suami. tapi yang masih saya bingungkan adalah mencari instansi yang cocok, karena saya PNS kementerian pusat di unit kerja daerah, misal pindah saya juga pingin pindah ke PNS kementerian pusat yang da di daerah yang saya tuju. kalau pindah antar kementerian sulit ga ya? mohon dibantu untuk dikirimkan contoh surat mutasinya ya mas... terima kasih banyak.
fur Jumat, Desember 20, 2013 Hapus Komentar
ass
mas saya pns angkatan 2012 TMT cpns 01-12-2012,,bulan november 2013 tempo hari baru selesai ikut diklat prajab,,bisa gak di tahun 2014 saya mengajukan mutasi kekabupaten lain,
Anis irawan Minggu, Desember 22, 2013 Hapus Komentar
bagus bgt neh saranya sy juga mw minta contoh berkas mutasina bu kirimin juga ke email saya
irawananis3@gmail.com
Unknown Senin, Desember 23, 2013 Hapus Komentar
terima kasih pencerahanya. bisa kirim juga ke bowietian@yahoo.com



anak negeri Senin, Desember 23, 2013 Hapus Komentar
Mas Maulana, tolong dong dikirimkan contoh berkas dan file-file lainnya ke email saya: saidusman2011@gmail.com. makasih yaa
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
Walaikum Salam pak teguh. Contoh surat berkas sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
Saya rasa klo ikut suami akan lebih mudah bu Yuni. Perlu di coba dari sekarang untuk mencari informasi kementrian yang di tuju sebagai tempat mutasinya. Coba cari informasi detailnya baik melalui teman, web atau datang langsung. Baiknya datang langsung. Mohon maaf untuk contoh surat dan berkas mutasi dikirim kemana ya? soalnya tidak menuliskan email.
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
Walaikum salam mas Fur. Biasanya tergantung daerah masing-masing. Setahu saya ada juga surat perjanjian belum boleh pindah selama 5 tahun. Tapi apa salahnya jika di coba.
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
Pak Anis Contoh surat mutasi PNS dan berkas lainya sudah saya kirim via email.Semoga bermanfaat
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
Sama-sama. Sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
ok mas sudah saya kirim via email. Semoga contoh-contoh berkas mutasi saya bisa bermanfaat.
Murad Maulana Selasa, Desember 24, 2013 Hapus Komentar
uda saya kirim mas
hasimori Senin, Desember 30, 2013 Hapus Komentar
Mas, kalau berkenan saya juga dikirimi contoh berkas-berkasnya ya. Makasih..
hasimori_1985@yahoo.com
Unknown Rabu, Januari 01, 2014 Hapus Komentar
Mas, minta tolong dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi, untuk mutasi antar propinsi ke email: niazaki2012@gmail.com terima kasih
Murad Maulana Kamis, Januari 02, 2014 Hapus Komentar
Dedek hana contoh surat mutasi pns (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Kamis, Januari 02, 2014 Hapus Komentar
Mba nia normawati contoh surat mutasi pns (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Unknown Jumat, Januari 03, 2014 Hapus Komentar
Ass..
Saya pns daearah mau pindah ke pns pusat seperti mas maulana, sekarang saya sudah dapat surat lolos butuh dari pusat kementerian..selanjutnya saya harus proses ke mana dan saya tolong kirim kan contoh surat permohonan pindah gaji..

Email:riesya_4eva@yahoo.com

Terima kasih
bocazawa Sabtu, Januari 04, 2014 Hapus Komentar
Mohon dikirim contoh berkas yg diperlukan.terima kasih
Bocazawa@gmail.com
bos muda Minggu, Januari 05, 2014 Hapus Komentar
kirim jg tu mas contoh surat mutasi
pNSnya. za1n1.be2@gmail.com
daud kurniawan Minggu, Januari 05, 2014 Hapus Komentar
Mau tanya pak
1. kalau barter apakah harus menunggu SK PNS dulu? Kalau masih CPNS bisa tidak?
2. Tolong saya dikirim berkas-berkas pengajuan mutasi pak email saya blogger.anp@gmail.com
Trims
Unknown Minggu, Januari 05, 2014 Hapus Komentar
Asslm Mas Murad..tulisannya sangat bermanfaat..klo berkenan tolong dikirimkan contoh surat mutasi dan brkas dari k/l ke pemda prop (alasan jenjang karir). Tolong di kirim di emal: n4y4_98@ymail.com terima kasih
Murad Maulana Senin, Januari 06, 2014 Hapus Komentar
Kalau sudah dapet surat lolos butuh tinggal ikutin alur ke BKD klo dari kabupaten / kotamadya atau bkn regional klo dari propinsi. Untuk surat permohonan gaji atau disebut juga surat pemberhentian gaji, sudah saya kirim ke email. semoga bermanfaat.
Murad Maulana Senin, Januari 06, 2014 Hapus Komentar
surat contoh mutasi dan berkas-berkas lainya sudah saya kirim lewat email. semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 06, 2014 Hapus Komentar
sudah saya kirim ya. semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 06, 2014 Hapus Komentar
klo masih cpns jelas belum boleh. paling tidak biasanya 5 thn atau kadang ada 3 tahun yang ikut suami. Contoh surat mutasi pns sudah saya kirim ya via email.
Murad Maulana Senin, Januari 06, 2014 Hapus Komentar
Walaikum salam. Contoh surat mutasi sudah saya kirim via email. Redaksinya tinggal dirubah sendiri saja. Kebetulan klo mas rasya kebalikan dari saya yakni dari K/L ke propinsi. Sepertinya peluangnya lebih besar disetujui
Unknown Selasa, Januari 07, 2014 Hapus Komentar
Aslm mas murad, minta tlg contoh surat pengajuan mutasinya diemail ke: agustrieanto@gmail.com
Penggemar Kesehatan Rabu, Januari 08, 2014 Hapus Komentar
Saya juga mas.... kirimin ke iechna.susie@gmail.com
Terima kasih banyak atas bantuannya..
h1d4y4t Rabu, Januari 08, 2014 Hapus Komentar
Ass.wr.wb. Minta tolong saya juga dikirimkan contoh2 berkas untuk keperluan pengajuan mutasi via email hidayat.fastcom@gmail.com

Terima Kasih
RAsanti Kamis, Januari 09, 2014 Hapus Komentar
Mohon bantuannya jg mas untuk mengirimkan contoh berkas dan surat pengajuan pindah ke rini.antarisanti@gmail.com

ada ga patokan rentang berapa lama sejak diterima jadi PNS sampai qt bisa mengajukan surat pindah???

terima kasih
Murad Maulana Minggu, Januari 12, 2014 Hapus Komentar
walaikum salam mas Agus. Surat contoh mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Minggu, Januari 12, 2014 Hapus Komentar
Ok, sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Minggu, Januari 12, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam. Contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Minggu, Januari 12, 2014 Hapus Komentar
Ok mba rasanti contoh surat mutasi PNS dan berkas2 SK lainya bsudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat.

Setahu saya sih tergantung daerah masing-masing, Tapi ada juga yang sejak CPNS sudah menandatangani surat perjanjian gak boleh pindah / mutasi misal selama 5 tahun. Kalo penglaman saya ada seperti itu dan biasanya sampe 5 tahun.
Unknown Senin, Januari 13, 2014 Hapus Komentar
PLEASE SENT MAS KE EMAIL budietanto@gmail,com
Murad Maulana Senin, Januari 13, 2014 Hapus Komentar
mas emailmu budietanto@gmail.com? aku kirim ko failure yah?
Niswatun Nafi'ah Kamis, Januari 16, 2014 Hapus Komentar
Mas,salam kenal. saya mau dong dikirmkan contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan contoh berkas-berkas mutasi lainya termasuk masalah penggantian penggajian di tempat baru. ke email saya: nieswa.mrsfkmui@gmail.com..terimakasih sebelumnya.
cowit Kamis, Januari 16, 2014 Hapus Komentar
Salam kenal mas murad maulana,, boleh minta contoh kelengkapan berkas untuk mengajukan mutasi, surat pengajuan mutasi. Terima kasih...
dinak46@gmail.com
Unknown Kamis, Januari 16, 2014 Hapus Komentar
mohon di mailkan contoh surat mutasi pns ke sifalah@gmail.com
atas info dan bantuan yang berguna ini saya ucapkan terimakasih
Unknown Kamis, Januari 16, 2014 Hapus Komentar
mohon bantuan nya mas
contoh surat mutasi pns nya, tks
sifalah@gmail.com
pelajaran Kamis, Januari 16, 2014 Hapus Komentar
Om boleh dong minta contoh lolos butuh ke bambang.setiawan1979@yahoo.com saya mau pindah ke indramayu....... enaknya di bagian apa ya hehehehe
Unknown Jumat, Januari 17, 2014 Hapus Komentar
asslm. mas, mohon contoh surat mutasinya dunk, kirim ke email anggie_venus@yahoo.com
Unknown Sabtu, Januari 18, 2014 Hapus Komentar
aslkm. mas mohon dikirimkan ke saya sdn007pittria@gmail.com terima kasih mas...
Unknown Sabtu, Januari 18, 2014 Hapus Komentar
Ass Wr Wb..Mas Murad minta tolong dikirimi contoh surat mutasi antar daerahnya ke fahmiabrari@yahoo.com. Thanks before.
Darus CZR Minggu, Januari 19, 2014 Hapus Komentar
Ass. salam kenal mas, boleh minta dikirimin juga contoh berkas2 mutasinya ke email saya, kebetulan saya juga ingin nyoba hal demikian. Tolong kirim ke sini ya: darusczr@gmail.com. Terima kasih atas informasi dan bantuannya, semoga alloh memberikan pahala yang berlipat ganda atas kebaikan mas, sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih.
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
mas surat sudah saya kirim lewat email. Untuk contoh surat SKPP (surat keterangan pemberhentian pembayaran) gaji bisa liat contohnya disini: http://www.muradmaulana.com/2014/01/contoh-surat-keterangan-penghentian.html
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
salam kenal juga. Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim lewat email dan berkas lainya. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Ok, sudah saya kirimkan. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Sudah saya kirimkan lho mas...
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Woke, boleh banget. Sudah saya kirim di email ya. Ngomong2 mau mutasi ke Indramayu ya? emang sekarang dinas dimana?
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Walaikum salam. Ok, surat contoh mutasi pns (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim di email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Walaikum salam. Sudah saya kirim via email
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam, Ok sudah saya kirim di email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 20, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam. Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) sudah saya kirim via email termasuk contoh berkas2 SK. Semoga bermanfaat.
Balai Wilayah Sungai Sulawesi 2 Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
assallamuallaikum, saya berkenan juga untuk meilhat dokumen-dokumen yang saudara gunakan buat mutasi. mohon dapat dikirimkan ke email : zieerhaa@gmail.com.
terima kasih
Balai Wilayah Sungai Sulawesi 2 Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
mohon kiranya saya juga dapat dikirimi contoh dokumen-dokumen terkait, Terima Kasih.
zieerhaa@gmail.com
Unknown Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
Ass. terima kasih atas pengalaman yg telah dibagikan kpd kami. saya adalah pns kabupaten dg jabatan laboran. karena lokasi tempat kerja yg jauh, sya ingin sekali mengajukan mutasi ke pusat (salah satu universitas negeri di sby), karena info dari dekan yang bersangkutan, memang dibutuhkan jabatan sya di sana. tp beliau tidak punya gambaran bagaimana prosedur mutasinya. syapun tidak tahu apa yang hrus sya lakukan, kemana sya harus melangkah, siapa yg harus sya temui, sya tidak tahu sama sekali (TITIK NOL). Sya berharap tips-tips dari njenengan bisa menjadi pencerahan untuk langkah sya mengajukan mutasi dan mohon kelengkapan surat2 yang hrs sya siapkan, njenengan kirim ke email sya (bundafi.ra1306@gmail.com) atau (bundafisal@yahoo.com). Atas bantuannya sya sampaikan terima kasih, dan semoga bantuan njenengan dicatat sebagai amalan ibadah. Aamiin
ofi tusiana Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
wah, berarti ada kans ya, pegawai pemkab untuk bisa pindah ke pusat. saya lagi punya keinginan pindah ke pusat nih pak, karena rasanya di pemkab ilmu saya gak berkembang. bisa minta contoh surat rekomendasi lolos butuh ke instansi vertikal ya pak.. ini email saya: tusiana@gmail.com. makasih.. :)
btw di bapeten di bagian apa pak? ada suami temen saya yang dinas di situ juga.. :)
Murad Maulana Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
Ok, Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas sudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam, menurut saya coba hubungi bagian kepegawaian di Universitas-nya. Nanti bisa tanyakan prosedur detailnya. Kebenaran teman saya yang barter mutasinya, pindahnya ke Universitas tepatnya di UGM. Contoh suratnya saya kirim ke email ya sekaligus contoh2 berkas lainya.
Murad Maulana Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
Bisa sekali mba tusiana selama di instansi itu membutuhkan posisi yang kosong. Tinggal pandai-pandai kita mencari informasi kira-kira instansi mana yang akan jadi sasaran mutasi. Hanya saja memang saat mutasi, ada saja oknum yang gitu deh....,tapi pengalaman saya pindah ke sini, alhamdulillah mulus, walau menunggu proses yang lumayan lama. Proses lamanya bukan di instansi pusatnya tetapi di tempat saya sendiri malah dikarenakan sesuatu (he..2).

Ok, contoh surat sudah saya kirim ke email ya. Semoga bermanfaat. Oh suami teman dimana? klo saya di Biro perencenaan, Bagian Data Informasi tepatnya dokmentasi ilmiah.
Murad Maulana Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
Pertama, pastikan sudah ada instansi yang menerima kita (ajukan surat mutasi atas nama pribadi ke instansi yang dituju dalam hal ini univesitas ya?).

Kedua, tunggu surat balasan dan jika sudah ada lalu lampirkanlah bersama surat pengajuan di tempat kerja kita yang sekarang (pemda kan?)

Ketiga, jika dua-duanya sudah lampu hijau, mba tinggal ikutin prosedurnya. Oleh karena itu jangan lupa selalu jemput bola untuk mencari informasi sedetail-detailnya di bagian kepegawaiannya.
dwi ismar Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
boleh minta contoh file berkas pak, Kbetulan lg ngurus,, trims pak
Murad Maulana Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
emailnya apa pak?
SINGGIH SUSANTO Selasa, Januari 21, 2014 Hapus Komentar
Pak minta contoh file surat mtasinya + berkes2 pendukungnya ya. ke singgihjson@gmail.com . Trimakasih pak sebelumnya
Unknown Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
ass,,, mas salam kenal.... pas banget rencana mau pindah dr kabupten ke provinsi lain tuk mendekat dgn keluarga.... boleh minta contoh file berkasnya Pak...
ini email saya: majelisdzikirhmgto@gmail.com
Unknown Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
ass...nama saya Ruslan sidik, boleh minta contoh file mutasinya.? kepengen bantu istri pindah ke daerah asal. terima ksh sebelumnya, ini email saya: majelisdzikirhmgto@gmail.com
Unknown Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
Minta filenya ya pak. maksi sebelumnya
majelisdzikirhmgto@gmail.com
dwi ismar Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
dwiismar@gmail.com pak,terima kasih sebesar besarnya
Murad Maulana Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
Ok, sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam, Ok sudah saya kirim contoh surat dan berkas lainya di email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
Ok, sudh saya kirim mas. Semoga bermanfaat
Rifaza Rabu, Januari 22, 2014 Hapus Komentar
Assalamualaikum. Salam kenal mas, saya mau nanya nih, sekarang sy pns daerah rencana mau pindah ke instansi pusat, tapi sama sama di kota yg sama kantornya, alasan sy pindah krn sdh jenuh aja di pemda dan ilmu sy tdk berkembang, saat ini saya lagi izin belajar (bukan tugas belajar) dan sedang menyusun Tesis. Pertanyaan saya :
1. Alasan apa yg tepat yg bisa sy buat di permohonan pindah ?
2. Apa tdk masalah sy mengajukan pindah pdhl sy lg kuliah S2 (izin belajar dg tdk meninggalkan tugas karena kuliah di kota tempat sy bekerja)
Terima kasih mas atas kesediaannya menjawab, o ya email saya : pesona_rina@yahoo.com, mhn di emailkan contoh berkas berkas surat" permohonan pindah nya ya mas...terima kasih
Murad Maulana Kamis, Januari 23, 2014 Hapus Komentar
Walaikum salam wr.wb. Saya coba jawab sebisa saya mba berdasarkan pengalaman saja:
1. Coba mba kemukakan alasan mutasi PNS karena ingin mengembangkan karir terutama dengan disiplin ilmu yang ibu miliki saat ini. Klo skr bekerja jadi PNS pemda lantas tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang ibu miliki, ini bisa menjadi alasan tepat, terlebih sasaran tempat mutasi yang baru sangat berhubungan disiplin ilmu mba. Tetapi, ada banyak faktor nantinya pemda bisa menolak misalnya karena ibu sedang dibutuhkan di pemda tersebut.

2. Setahu saya klo ijin belajar harus ada surat ijin belajar dari kepegawaian yang nantinya di gunakan untuk usulan kenaikan pangkat, klo tidak salah biasanya untuk penyesuaian ijazah bagi yang struktural. Sedangkan untuk fungsional nantinya masuk ke dalam angka kredit. Menurut saya selesaikan dulu sembari mencari tempat untuk sasaran mutasi. Karena tidak menutup kemungkinan prosesnya juga lama lho. Pengalaman saya sendiri karena fungsional, saya pindah setelah menunggu kenaikan pangkat baru karena ketika itu sedang pendidikan. Saya takutnya ketika sedang S2 lalu di acc pindah di instansi yang baru, justru ketika sudah lulus S2, ijazahnya tidak diakui di intansi yang baru itu. Ini banyak terjadi lho. Saran saya mending tunggu S2 lulus, lalu penyesuaian ijazah baru ajukan mutasi. Biar di instansi yang baru juga tidak dipusingkan dengan kenaikan pangkat.

Untuk contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim ke email ya
Unknown Kamis, Januari 23, 2014 Hapus Komentar
Assalamualaikum.wr.wb
salam kenal, saya ada rencana mau pindah dari kabupaten ke provinsi lain untuk mendekat dengan keluarga.... boleh minta contoh berkas file-nya pak?
ini email saya: itong.cccnd@gmail.com
Unknown Jumat, Januari 24, 2014 Hapus Komentar
Assalamu'alaikum wr.wb.
sy ada rencana mau pindah dari pemkab ke pemprov atau pemko.
mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh berkas2 atw surat2 yg diperlukan baik di daerah asal maupun daerah tujuan.
dan kalau bapak berkenan tolong dikirimkan ke email : intita88@yahoo.co.id
terimakasih sebelumnya
Unknown Jumat, Januari 24, 2014 Hapus Komentar
Asslm...
Terimakasih infonya sangat bermanfaat...
Saya kebetulan sedang mengurus mutasi ke luar provinsi dengan alasab untuk mengurus orang tua. Alhamdulillah instansi tujuan sudah menyetujui dan atasan langsung di tempat kerja saat ini juga mendukung. Saat ini sedang menunggu surat persetujuan mutasi dari instansi tujuan. Jika berkenan, boleh saya minta contoh surat2 pengurusannya? Untuk jadi referensi buat saya nanti. Tolong kirim ke rheeya_zoldick@yahoo.com. Trims
Anonim Sabtu, Januari 25, 2014 Hapus Komentar
Kirimin contoh surat ato berkas2 buat mutasi donk mas,,
Email: new.shield777@gmail.com

Thanks.. :)
Unknown Sabtu, Januari 25, 2014 Hapus Komentar
Kirimin contoh surat2 mutasi donk mas
Email: new.shield777@gmail.com

tks..
Desy Sabtu, Januari 25, 2014 Hapus Komentar
Mas murad saya jg mau dikirim contoh format surat mutasi dan contoh berkas2 lainnya...makasih....desy_enhii@yahoo.com
Unknown Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
maaf mau nanya mas, kl mau mengajukan mutasi harus nunggu 5 tahun ya mas?klo boleh tahu ada peraturan dari pemerintahnya ndak mas? pp/uu'nya gitu?
apa tidak ada cara lain, jika instansi tujuan sudah acc kita untuk mutasi apakah bisa dijadikan alasan untuk mutasi tsb
Unknown Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
mas..mohon kirim contoh file2 mutasinya ke email sy ya.. seri.ningsih02@gmail.com. smg Allah jg memudahkan mutasi sy sprt mas yg sudah berhasil.. ^^
Murad Maulana Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam Wr Wb. Ok contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam Wr Wb. Ok, sudah saya kirimkan contoh surat mutas PNS dan berkas lainya ke email mba Indah. Semoga bermanfaat dan berhasil.
Murad Maulana Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Wah selamat ya sudah setuju semua, baik dari instansi asal maupun instansi tempat mutasinya. Klo surat pengurusan saya tidak punya karena memang tidak ada. Saya hanya punya surat SKPP (surat keterangan penghentian pembayaran ) dan itu tinggal menunggu dari instansi asal yang nantinya dikasihkan ke instansi tempat kita mutasi (jika sudah) contohnya bisa baca disini: http://www.muradmaulana.com/2014/01/contoh-surat-keterangan-penghentian.html
Murad Maulana Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
ok, sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Ibu Desi, contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Di pemda tertentu, sebelum menjadi CPNS biasanya ada penandatanganan gak boleh minta mutasi sebelum 5 tahun. Untuk spesifikasi PP ato UU-nya secara pasti saya belum tahu. Tapi coba mba/mas riza bisa baca mengenai peraturan2 tentang Pemindahan/Mutasi PNS berikut ini:

1. PP no. 63 tahun 2009: Perubahan Atas Peraturan Pemerintah no. 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkutan, Pemindahan, Dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil

2. Kepka BKN no. 70 KEP 2003: Pendelegasian Wewenang kepada Kepala Kanreg BKN untuk menetapkan SK dan Persetujuan Teknis tentang Mutasi Kepegawaian

3. KepKa BKN no. 15 Tahun 2003: Juknis Pengawasan dan Pengendalian di bidang Kepegawaian sebagai Pelaksanaan PP no. 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian PNS

4.Kepka BKN no. 13 Tahun 2003 : Juknis Pelaksanaan PP no. 9 Tahun 2003

Sedangkan untuk Pemindahan/Mutasi PNS di Lingkungan Kemdikbud bisa baca peraturan2 berkut ini:

1.Permendikbud no.61 Tahun 2009: Pemberian Kuasa dan Delegasi Wewenang Pelaksanaan Kegiatan Administrasi Kepegawaian kepada Pejabat Tertentu di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional (termasuk pejabat yang berwenang lakukan mutasi)

2.SE/15/M.PAN/2004: SE Menpan tentang Larangan Pengalihan PNS dari Jabatan Guru ke Jabatan Non Guru

3. Surat Edaran Sekjen 4841/A4.5/KP/2009: Alih tugas/alih fungsi/melimpah menjadi PNS dosen

4. SK Dirjen Dikti 2933/D/T/2001: Perpindahan Pegawai Negeri Sipil non dosen menjadi dosen di Perguruan Tinggi dan Perpindahan dosen PNS antar Perguruan Tinggi

5. 44128/A2.IV/KP/2000: Edaran Sekjen Kemdikbud: Penerimaan PNS Menjadi Tenaga Kependidikan di Lingkungan Kemdikbud
Unknown Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Assalamu'alaikum..
Mas minta tolong kirimin contoh format surat mutasi dan contoh berkas2 lainnya juga ya..
Makasih sebelumnya..
Wassalam
Unknown Senin, Januari 27, 2014 Hapus Komentar
Maaf mas ketinggalan alamat emailnya, hehe..
zulmadenti.kampai@gmail.com
Anonim Selasa, Januari 28, 2014 Hapus Komentar
ass,,,makasih buat info dan tulisannya mas,terus terang sangat membantu sy yg lg bingung pengen mutasi tp gak tau hrs mulai dari mana,sy ingin mutasi dari Kab.Ponorogo,Jatim ke Kab.Karanganyar,Jateng agar bs lbh dkt sm ortu yg sudah sepuh,sy seorang guru SMA,,,,bs tlg kasih saran,cara,langkah dan format pengajuan mutasinya,,,,matur suwun nggih mas,,,marni.jeng@yahoo.co.id
Anonim Rabu, Januari 29, 2014 Hapus Komentar
Selamat ya mas Sudah Berhasil mutasi,. Saya juga mau mutasi karena ingin merawat orang tua, mohon dikirimkan semua file/ surat surat yang di butuhkan ke alamat email saya ya mas,. Terimakasih semoga Allah membalas kebaikan mas. Amiin.
Ini alamat email saya :
pnspratama@gmail.com
Anonim Rabu, Januari 29, 2014 Hapus Komentar
mas mohon dikirmkan semua berkasnya ke email saya ya pnspratama@gmail.com , Terimakasih :)
Unknown Rabu, Januari 29, 2014 Hapus Komentar
Asslamualaikum wr wb
mau donk mas file sama contoh berkas2 mutasinya, ke novi.chubby84@gmail.com yaaaa
makasih ya mas
wassalam
Unknown Rabu, Januari 29, 2014 Hapus Komentar
Mas, saya juga akan mengajukan mutasi antar instansi, mohon bantuannya utk mengirimkan contoh berkas yang dimaksud ke email saya agustinsusanto@gmail.com, terima kasih
Unknown Kamis, Januari 30, 2014 Hapus Komentar
saya mau dunk kirim surat permohonan mutasi ke nana.adjah@gmail.com
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Mba Seri ningsih contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim ke email. Semoga lancar dan berhasil
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Walaikum salam. Ok sudah saya kirimkan. Semoga bermanfaat ya
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam Mba jeng, kebeneran Istri saya juga sedang proses mutasi dari daerah jakarta utara ke jakarta selatan atu tengsel. Istri saya juga seorang guru, namun sayangnya semua sekolah MAN yang ada di jaksel / tangsel penuh. Padahal di sekolah asalnya sudah membolehkan pindah.

Nah berkaca dari pengalaman istri saya itu, pertama coba cari sasaran sekolah SMA yang akan di jadikan untuk mutasi. Datengi langsung dan kirim surat pengajuannya ke sekolah SMA yang ada di Kabupaten Karanganyar itu (surat pribadi dulu, contoh sudah saya kirim). Kalau bisa langsung ketemu kepala sekolahnya.

Namun sebelumnya konsultsikan dulu dengan kepala sekolah Mba yang sekarang bertugas. Intinya jika sekolah yang ada di kab.karanganyar menerima lantas sekolah yang ada di ka.ponorogo melepas, berarti itu akan mudah. Tinggal mengikuti alur birokrasinya. Kalau tidak salah nanti via KCD juga ya (kepala cabang dinas)? sering-seringlah berkonsultasi di BKD kabupaten juga agar lebih jelas.

Untuk contoh surat pengajuan mutasi dan berkas lainya sudah saya kirim via email ya. Semoga bermanfaat dan berhasil.
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Ya alhamdulillh mas. Untuk contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email ya. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam Wr Wb. Sudah saya kirim mba novi. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim mas agus. Semoga lancar dan berhasil ya mutasinya
Murad Maulana Jumat, Januari 31, 2014 Hapus Komentar
Ok, mba nana sudah saya kirim lewat email contoh surat mutasi PNS-nya serta berkas2 lainya.
Unknown Minggu, Februari 02, 2014 Hapus Komentar
tips yang sangat bermanfaat mas...boleh minta file surat permohonannya mas ke rofiqohferawati@yahoo.com
Unknown Senin, Februari 03, 2014 Hapus Komentar
Wahh pagi2 nemu tips ini..minta bantuannya mas tlong kirimin filenya k email : triprioheryanto@gmail.com
Mkasih mas belumnya. :-)
ajiemufti Senin, Februari 03, 2014 Hapus Komentar
Salam kenal mas murad, saya lagi googling nyari cara mutasi PNS kebetulan melihat blog ini, sangat informatif sekali dan kebetulan juga sesuai dengan yang saya cari.

Kalau boleh saya minta dikirimkan file contoh surat mutasi PNS berserta berkasnya ke ajie.mufti@gmail.com

Saya berencana untuk mengajukan mutasi ke daerah karena ingin dekat dengan keluarga, saya sekarang bekerja di salah satu instasi kementerian pusat, mudah2an bisa terwujud.....aaaammiiinnn....

maturnuwun
Unknown Senin, Februari 03, 2014 Hapus Komentar
alhamdulilah ada gmbaran...sy mau dikirimi juga dong mas surat mutasi & berkas2 yg lain ke guruhanang@gmail.com
istri mau mutasi dr pemda ke pusat..
makasih sebelumnya.
j@ro Senin, Februari 03, 2014 Hapus Komentar
Mohon file surat permohonannya pak,... saya membutuhkannya. terimakasih sebelumnya. jargun80@gmail.com
Unknown Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
mas, mohon bisa dikirim contoh permohonan ya...alhamdulillah udah jelas semua
arifguan.123@gmail.com
suwun
Unknown Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Pak, mohon dikirimkan contoh dokumennya ke redangel_842002@yahoo.com

saya mau ikuti jejak mas sebagai pengikut istri. Trimakasih.
toko_online Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
mas saya mohon infonya ya untu berkas 2 mutasi apa saja.

mohon dikirim ke email saya ya.. stwniwan@gmail.com

terimakasih ya... saya berniat untuk mutasi dr daerah ke kementrian mas
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Ok, mba Rofiqoh uda saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Ok mas tri sudah saya kirim contoh surat mutasi pns dan berkas lainya via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Salam kenal juga mas asjie. Contoh surt mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat dan berhasil ya mas..
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
OK sudah saya kirim. Semoga berhasil mas guruh
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Cek email ya? sudah saya kirim pak
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Ok mas arif sudah saya kirim via email. Semoga barmanfaat dan berjalan lancar ya.
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
he...2 bisa aja ne mas Ronny, sebagai pengikut istri. Cek email ya? contoh surat mutasi PNS (lolos Butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim.
Murad Maulana Rabu, Februari 05, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim ya.Cek email. Semoga bermanfaat
Unknown Kamis, Februari 06, 2014 Hapus Komentar
mohon dikirim ke super.hendrajaya@gmail.com.. makasih
Abu Faiz Kamis, Februari 06, 2014 Hapus Komentar
mas, mohon dikirimkan contoh permohonan mutasi dan dokumen lainnya. trims sebelumnya.

m.sapwan@gmail.com
sagunga Kamis, Februari 06, 2014 Hapus Komentar
mohon kirimkan ke sagunga@gmail.com
mau ngurus pindah lagi, yang kemarin pernah ditolak dengan 1001 alasan
Unknown Kamis, Februari 06, 2014 Hapus Komentar
Terima Kasih Mas Murad, Cerita pengalaman Mas membangkitkan kembali semangat saya untuk pindah. mohon kirim filenya ke: mbanamtuan@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.
Unknown Kamis, Februari 06, 2014 Hapus Komentar
mas murad, saya mohon info tuk berkas2 mutasi bisa dikirim ke email saya nurulmaulidhini@gmail.com. atas bantuannya saya ucapkan terimakasih banyak
Unknown Kamis, Februari 06, 2014 Hapus Komentar
pengalaman yang bermanfaat..mohon kirim file ke mbanamtuan@gmail.com.terima kasih Pak Murad.
TeeWee Jumat, Februari 07, 2014 Hapus Komentar
Pak Murad, saya juga saat ini sedang dalam proses, sudah ijin atasan, kalo saya mau pindah dari pusat ke daerah, nah sekarang mau buat surat pengajuan ke bupati daerah, saya mohon dikirimi email tentang semua surat2-nya ya pak, informasi yang bapak tulis di blog ini sangat membantu saya, trimakasih banyak pak Murad...saya tunggu emailnya
Unknown Sabtu, Februari 08, 2014 Hapus Komentar
Mohon berbagi berkasnya pak
ke anton_ratna@yahoo.co.id
Unknown Sabtu, Februari 08, 2014 Hapus Komentar
assalamualaikum...........mas mohon kirim contoh mutasi pns,insyaAllah saya mau mutasi dr kabupaten ke propinsi............kirim ke email saya dqyoga.83@gmail.com..............terimakasih
theeasyloecoe Sabtu, Februari 08, 2014 Hapus Komentar
Alamat theeasyloecoe@yahoo.com
Unknown Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Malam pak mohon dikirim contah surat mutasi antar kab/kota dalam propinsi dan apa saja pesyaratannya. mohon dikirim ke email saya ( mr_dahury@ymail.com ),trimaksih tas bantuannya
TeeWee Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Pak Murad, saya juga saat ini sedang dalam proses, sudah ijin atasan, kalo saya mau pindah dari pusat ke daerah, nah sekarang mau buat surat pengajuan ke bupati daerah, saya mohon dikirimi email tentang semua surat2-nya ya pak, informasi yang bapak tulis di blog ini sangat membantu saya, trimakasih banyak pak Murad...saya tunggu emailnya di teewee.1515@gmail.com
Unknown Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ,,
Pak, mohon dikirimkan berkas2 kelengkapan mengajukan mutasi ke h.ristiadi@yahoo.co.id terima kasih dan mohon doanya ya pak semoga sya lancar untuk mengajukan mutasi. Sekali lg terima kasih bnyk
Unknown Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
mas bos, bisa minta tolong dikirimkan file2 yg dibutuhkan untuk pengajuan pindah/ mutasi? kirim email ke novisprasetyawan@gmail.com, terima kasih sebelumnya ya mas bos.....
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Ya sama-sama mba meliana. Ok contoh surat sudah saya kirim di email yah. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim. Cek email. semoga bermanfaat ya
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Mas abu sudah saya kirim contoh surat mutasi PNS dan berkas lainya. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Ok mas, sudah saya kirim. Semoga berhasil ya
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Ok mba nurul contoh surat mutasi PNS (LolosButuh) sudah saya kirim. Semoga bermanfaat dan lancar ya
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Oh berarti kebalikan dari saya ya. Klo saya dari daerah ke pusat. Ok sudah saya kirim contoh sirat2nya ya. Semoga berhasil dan lancar
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Walaiukum Salam. Mas Discky sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat dan lancar ya
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Ok sip sudah saya kirim
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Malam juga. Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim ke email. Klo saya dari daerah ke pusat. Tapi prosedurnya biasanya tidak berbeda jauh
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
Saya doakan semoga mutasinya berjalan lancar dan berhasil. Untuk contoh surat mutasi pns sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
OK, sudah saya kirim barusan ya. Moga berhasil ya mas
ichsan Senin, Februari 10, 2014 Hapus Komentar
tolong di kirim ke rrwulandari@rocketmail.com juga ya Pak,, yang lengkap ya :D makasih sebelumnya..
edysasuke Rabu, Februari 12, 2014 Hapus Komentar
mohon format mutasi dari instansi kecamatan ke bagian TU SLTA
edyshasuke82@gmail.com dalam satu kecamatan
Unknown Rabu, Februari 12, 2014 Hapus Komentar
Mas,tlg di kirim contoh berkas-berkas yang diperlukan untuk mutasi ya..ke email : sasmitabenny@ymail.com..terima kasih
zoldick zone Rabu, Februari 12, 2014 Hapus Komentar
Pak boleh kirim format mutasi dan berkas2nya ke email saya xzplod@gmail.com
terima kasih pak
Unknown Rabu, Februari 12, 2014 Hapus Komentar
Mas Murad.. artikelnya sangat bermanfaat.. oiya mas, bisa tolong dikirim ke arif.155kl@gmail.com juga kah formatnya? Terima kasih mas Murad
Murad Maulana Kamis, Februari 13, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Kamis, Februari 13, 2014 Hapus Komentar
mas edy berarti mutasi antar instansi tapi masih tetap di satu kabupaten/ kota ya? klo contoh surat itu saya tidak punya mas. Saya hanya punya contoh surat mutasi antar daerah utamanya dari kabupaten ke pusat. Tapi sudah saya kirimkan contoh suratnya. Paling tidak formatnya tidak berbeda jauh.
Murad Maulana Kamis, Februari 13, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirimkan ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Kamis, Februari 13, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim. Cek email ya
Murad Maulana Kamis, Februari 13, 2014 Hapus Komentar
Ok mas arif contoh surat mutasi pns sudah saya kirim di email. Semoga bermanfaat
Unknown Sabtu, Februari 15, 2014 Hapus Komentar
mas, saya mau juga ya. bisa tolong dikirimkan ke email saya : ika.5491t4@gmail.com. terimakasih banyak
Unknown Sabtu, Februari 15, 2014 Hapus Komentar
askum. mas kalo mutasi antar kab dengan alasan mengikuti suami tp suami bukan PNS ada tipsnya ga? skalian minta tlng kirim contoh surat mutasinya ya... makasih....
Unknown Sabtu, Februari 15, 2014 Hapus Komentar
Saya juga minta semua berkasnya mas, kirim ke scatlowglob@gmail.com, makasih
Unknown Sabtu, Februari 15, 2014 Hapus Komentar
assalamualaikum mas murad, saya juga punya rencana mutasi, bisa tolong dikirim contoh format mutasi dan berkasnya? terima kasih. ini e-mail saya indrapresmana@yahoo.co.id
Unknown Minggu, Februari 16, 2014 Hapus Komentar
Assalamualaikum ...salam kenal pak maulana,,,,ini saya dony..saya rencana mau pindah (mutasi PNS) dari kabupaten ke provinsi lain dengan alasan mendekatkan keluarga....saya boleh minta file format mutasi dan berkas2nya email saya dhlukisanto@gmail.com sebelumnya makasih banyak pak
Murad Maulana Senin, Februari 17, 2014 Hapus Komentar
Ok mba ika, sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana Senin, Februari 17, 2014 Hapus Komentar
Mba chandra sangat bisa. Teman kantorku dulu cewe anak Cirebon, terus ikut suami ke Surabaya. Suaminya wirausahawan. Alhamdulillah bisa dan lancar. Klo alasan ikut suami seharusnya pasti di ACC.

Untuk contoh surat mutasi dikirim kemana ne? emailnya tidak tertera?
Murad Maulana Senin, Februari 17, 2014 Hapus Komentar
Ok sudah saya kirim ke email. Silahkan cek
Murad Maulana Senin, Februari 17, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam. Mas Alex, contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim.
Murad Maulana Senin, Februari 17, 2014 Hapus Komentar
Walaikum Salam. Mas doni contoh suratnya sudah saya kirim. Semoga bermanfaat dan lancar mutasinya
Unknown Senin, Februari 17, 2014 Hapus Komentar
selamat siang, bisa tolong dikirimkan contoh format surat yang harus saya ajukan ke instansi yang saya tuju (lolos butuh) terimakasih. flavaamalia@gmail.com atau nonaamalia@yahoo.com

Unknown Selasa, Februari 18, 2014 Hapus Komentar
selamat siang Mas. Saya PNS Kabupaten bermaksud mau ikut istri ke Jakarta. Mohon contoh surat pengajuan loslos butuhnya untuk dinas perhubungan DKI. Terima KAsih
Unknown Selasa, Februari 18, 2014 Hapus Komentar
Hallo selamat siang Mas, saya PNS dari kabupaten ingin mengajukan pengajuan surat ke dinas lain di jakarta, mohon petunjuk surat pengajuan lolos butuh beserta tips2nya. Terima Kasih
eef Selasa, Februari 18, 2014 Hapus Komentar
Assalamualaikum pak maulana, kenalkan saya epri, berencana mengajukan pindah tugas dari pemkab ke pemprov lain. Mohon saya dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi dan berkas2 mutasi ke eprifast@gmail.com.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.
1 – 200 dari 412 Lebih baru Terbaru