Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi

"Untuk mencapai keberhasilan, bertindaklah seolah-olah Anda tidak mungkin gagal." - Dorothe Brande
Saya tidak menyangka ketika menulis sebuah artikel yang berjudul "Tips Mutasi PNS Antar Daerah" di blog lamaku, banyak yang menanyakan tentang hal itu. Karenanya dengan maksud untuk berbagi informasi kepada teman-teman semuanya, saya kembali menulis ulang artikel tersebut pada blog ini mengingat di blog inilah saya sering mengupdate tulisan terbaruku sehingga ketika ada teman-teman yang bertanya dapat saya jawab secepatnya. Seperti yang saya bilang sebelumnya, tulisan ini hanyalah sebuah pengalaman pribadi.
Murad Maulana

Kita tahu mutasi PNS adalah pemindahan pegawai dari atau ke instansi di lingkungan pemerintahan meliputi:
  • Pemindahan antar Kabupaten / Kota dalam satu Propinsi ;
  • Pemindahan dari Kabupaten / Kota ke Propinsi atau sebaliknya ;
  • Pemindahan antar Kabupaten kota luar Propinsi ;
  • Pemindahan dari Kabupaten / Kota atau Propinsi ke Pusat atau sebaliknya ;
  • Pemindahan antar unit kerja dalam satu instansi
Mutasi ini bisa dilakukan baik karena keputusan atasan maupun usulan sendiri. Bagaimana dengan saya? Saya melakukan mutasi karena usulan sendiri dari kabupaten ke pusat. Dalam hal ini dari Kabupaten Indramayu ke Jakarta Pusat atau lebih tepatnya dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu ke LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian), yakni Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Sejauh ini ada beberapa alasan mengapa seorang PNS ingin melakukan mutasi misalnya karena alasan jauh dari keluarga, mengikuti suami atau istri, meningkatkan jenjang karir, karena jarak yang jauh antara rumah dan kantornya, karena sakit berat yang mengharuskan berobat di rumah sakit yang lengkap sedangkan rumah sakit tersebut jauh dari tempatnya kerja atau bahkan hanya ingin sekedar mencari suasana baru dengan lingkungan kerja yang baru pula. Namun demikian, salah satu alasan yang sering dilakukan yaitu mengikuti suami atau istri. Nah, saya sendiri mengajukan mutasi PNS dari kabupaten ke pusat karena alasan ikut istri yang tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan dengan alasan agar dekat dengan keluarga.

Tidak sedikit dari seorang PNS yang merasa bingung atau tidak tahu apa yang harus pertama dilakukan ketika akan melakukan mutasi PNS. Disisi lain, jika akan melakukan mutasi biasanya seringkali di hinggapi oleh pikiran negatif bahwa tidak ada kemungkinan bagi seorang PNS untuk melakukan mutasi apalagi jika itu dilakukan dari daerah ke pusat seperti pada kasusku karena biasanya ketika PNS yang akan melakukan mutasi paling tidak harus menyediakan banyak uang dan mempunyai koneksi pejabat, walaupun fenomena tersebut memang benar adanya dan saya tidak menampik akan hal itu. Akan tetapi, ada yang lebih penting dari kedua hal tersebut yakni usaha dan do'a yang sungguh-sungguh. Lantas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan mutasi PNS agar berhasil? Nah berikut beberapa tips mutasi PNS antar daerah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Tentukan Target Institusi Untuk Mutasi
Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan target institusi atau lembaga yang akan kita jadikan tempat mutasi. Anda bisa mencari informasi sedetail-detailnya melalui teman, melalui webiste, atau bahkan dengan mendatangi langsung institusinya. Silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari kebutuhan SDM, siapa pimpinanya, dan informasi-informasi lainya yang diperlukan. Saya sendiri saat itu akan melakukan mutasi, yakni dengan cara menyebarkan informasi ke teman-temanku untuk segera menghubungiku jikalau ada posisi yang diperlukan. Tidak hanya itu sayapun mengunjungi tempatnya secara langsung, saat itu saya langsung mendatangi BKD pemda Tangsel. Hasilnya lampu hijau dan memperbolehkan untuk mengirim berkas mutasi secepatnya. Namun, ada yang lebih menarik dari itu, walau sudah mendapat lampu hijau dari BKD Tangsel, justru saya berhasil mutasi ke Jakarta di LPNK Bapeten karena sebuah informasi seorang teman. Jadi jangan sia-siakan keberadaan teman lho.

Sistem Barter
Kedua, mutasi yang paling cepat adalah dengan sistem barter artinya ada pertukaran pegawai yang saling membutuhkan (baca: Ingin Mutasi PNS Cepat? Lakukan Sistem Barter). Jadi, setelah anda sudah menentukan institusi yang dituju, tugas berikutnya adalah anda harus mencari PNS yang ada dikantor tersebut yang ingin melakukan mutasi juga sehingga anda bisa melakukan barter. Lebih utama lagi seandainya dengan bidang kerja yang sama, dijamin akan lebih cepat. Sistem barter ini tidaklah wajib. Namun jika anda melakukan sistem barter salah satu kelebihannya adalah cepatnya proses mutasi. Langkah kedua ini bisa anda lewati, jika memang di tempat itu tidak ada yang akan mutasi. Saya sendiri bisa cepat mutasi dikarenakan menggantikan posisi temanku di Bapeten karena ia mutasi ke Yogyakarta.

Konsultasikan
Ketiga, Jangan lupa sebelum anda berniat untuk melakukan mutasi, konsultasikan kepada atasan tempat anda bekerja karena jangan sampai ketika kita sudah mendapatkan tempatnya ternyata atasan anda tidak menyetujuinya. Hal ini pernah dialami oleh saya sendiri. Saya melakukan mutasi tanpa memberitahu ke atasan. Ketika sudah memperoleh surat balasan yang berisi persetujuan dari instansi yang di tuju, saya baru memberitahukannya. Alhasil, saya dilarang untuk pindah. Bukankah ini pekerjaan yang sia-sia? Alangkah lebih baiknya bila anda melakukan komunikasi intensif dengan atasan anda. Bila perlu jika atasan melarang anda pindah, cobalah mengkomunikasikannya dengan tidak di kantor melainkan langsung di rumahnya sembari silaturahmi. Mengapa demikian? Karena biasanya antara suasana dikantor dan dirumah akan berbeda. Karena saya sendiri pernah mengalaminya.

Ikuti Alurnya
Keempat, jika institusi telah ditemukan, atasan anda telah menyetujui, kemudian ada salah satu pegawai yang ingin mutasi. Maka 90% anda telah mendapatkan peluang itu. 10% anda hanya tinggal mengikuti alur birokrasi yang komplek, yaitu membuat surat pengajuan untuk mutasi yang kemudian akan berlanjut dengan proses surat balasan. Adapun contoh surat pengajuan mutasi PNS antar daerah jika anda menginginkanya silahkan download dibawah artikel ini.

Yang Penting Atasan Setuju
Kelima, bagaimana jika tidak ada pegawai yang ingin barter dan bahkan atasan tidak menyetujuinya? Sebenarnya anda tidak harus melakukan berter. Cara tersebut biasanya dilakukan agar lebih cepat saja. Intinya anda hanya tinggal mencari institusi yang mau menerima anda dan atasan anda menyetujuinya (lolos butuh). Itu saja

Tunggu Atasan Baru
Keenam, jika atasan anda tidak menyutujui anda pindah tentu ini sangat sulit. Namun anda bisa menunggu pergantian kepala atau atasan baru, barangkali saja ada peluang. Saya sendiri melakukan mutasi PNS yang tidak disetujui oleh atasan dan sebagai catatan, pada akhirnya saya bisa berhasil mutasi dengan menunggu atasan baru walau saat itu atasan barupun tidak menyutujuinya. Namun saya mempunyai tips nekad untuk melakukan mutasi PNS ketika tidak disetujui oleh atasan baru itu yakni membuat surat pengunduran diri dari PNS. Ini tentu saja cara ekstrim dan perlu keberanian untuk melakukan itu. Apakah anda siap seperti cara saya?

Pantau Terus
Terkahir, ketika anda sudah mengajukan surat mutasi PNS, jangan lupa selalu terus dipantau karena terkadang ada saja pegawai yang mengurus hal tersebut tiba-tiba menderita sakit ingatan baik disengaja maupun tidak (he..2). "Jemput Bola" adalah cara yang tepat untuk mempercepat proses mutasi.

Demikianlah sekelumit tips mutasi PNS antar daerah yang pernah saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi dan Alhamdulillah berhasil. Oh ya jangan lupa, teruslah berdoa sebagai penyeimbang usaha anda (bagi anda yang muslim rajin-rajinlah sholat tahajud dan hajat agar diberi kemudahan). Ijin orang tua juga perlu dilakukan (jika masih ada), biar lancar dan sekaligus minta doanya. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin berbagi pengalaman, dengan senang hati jika anda menuliskannya di kolom komentar.

Komentar

Unknown mengatakan…
Mohon untuk mengirimkan contoh surat mutasinya pak.

email : seozi@yahoo.com

Trimakasih
Murad Maulana mengatakan…
Dunia toko: Contoh Surat Pengajuan Mutasi PNS (Lolos Butuh) sudah saya kirim via email
Unknown mengatakan…
Mas...bisa sya minta tolong kirimkan contoh berkas usulan mutasinya ke krist_nyonk@yahoo.co.id
Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.
Ikhwan mengatakan…
Saya minta dikirimin file2 contoh berkas usulan mutasinya juga dong. Serta mungkin langkah2nya...
alkaromainy@gmail.com
Green mengatakan…
minta tolong dikirimi filenya mz, di afridaachmad@gmail.com
trimakasih
Murad Maulana mengatakan…
Nadila, Alkaromainy, Green: Contoh surat sudah saya kirim ke email
bisma mengatakan…
Asslkum, mas saya minta dikirimin dong berkas2 file mutasinya? Saya sudah bosen kerja jadi pns di tempat yang budaya kerjanya "ga fair"..saya mau mutasi saja ke K/L lain utk penyegaran. Tks bnyak ya mas-Wassalam (Bisma)
Murad Maulana mengatakan…
Bisma: Walaikum Salam, tapi ngomong2 emailnya mana ne? saya harus ngirim kemana? terima kasih
Unknown mengatakan…
assalamualaikum...
mas bisa tolong dikirimkan berkas2 untuk mutasinya...
maksh sblumnya...
ismet_mathic@yahoo.co.id
Unknown mengatakan…
mas,, boleh minta berkas -berkas mutasinya..
butuh nih..
cesc_dit2yahoo.com
Hapipi mengatakan…
Assalamu'alaikum Pak, kebetulan sekali saya lg nyari contoh surat2 yang diperlukan untuk pindah, saya mohon kirim juga filenya ke email : shahpepe@gmail.com
Unknown mengatakan…
Minta filenya mas....yoseptandi@gmail.com.....mskasih
Assalam. Boleh mt contoh berkas mutasi dr daerah ke provinsi lain dalam satu instansi? Trimakasih.
Email saya : rosallia.pramudyaningtyas@gmail.com
Herbalindo mengatakan…
mas saya minta contoh surat2 pengajuan mutasinya ya. mohon kiranya dikirim di alhaq86@gmail.com

saya berencana mengurus mutasi istri saya spy tidak jauh2an spt ini terus. trimakasih atas infonya.
Abu Bariq mengatakan…
salam kenal mas, nama saya thoriq mau mutasi dari jepara ke boyolali untuk mendekatkan pada Ortu n keluarga.
mohon dikirim contoh format2nya mas, terimakasih. semoga Allah selalu memudahkan urusan kita.
tlg dikirim ke thoriqherbalis@gmail.com
Unknown mengatakan…
Kirimin jga dong mas cesc_dit@yahoo.com
Murad Maulana mengatakan…
Ismet, Aditya, Hapipi, Yosep, Rosallia, Herbalindo dan thoriq : Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) sudah saya kirim via email masing-masig termasuk contoh berkas-berkas mutasi lainya. Semoga bisa bermanfaat.
dry antonio aftizal mengatakan…
Assalamualaikum. . .salam kenal. Saya deri lg mau bantu istri utk mutasi biar hidup gak berjauhan. Mohon pak informasi mengenai berkas2 atw contoh2 surat nya. Terima kasih...mohon dikirim ke deriafrizal81@gmail.com
Murad Maulana mengatakan…
Dry antonia afrizal: Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) dan berkas2nya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
ERSAR BARSYAF mengatakan…
boleh minta file2nya mas? mohon dikirim ke ersar.barsyaf@gmail.com. terima kasih banyak
Unknown mengatakan…
Mas, saya juga minta donk file berkasnya, tolong kirim ke : edin_fahri@yahoo.com
Unknown mengatakan…
Minta donk mas contoh surat mutasinya..
Ke : bayu.praba@gmail.com
Thanks
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum wr. wb. Salam kenal Mas Murad. Saya Euis. Suami saya berencana mutasi dari pemerintah pusat ke kota lain tapi saya sama sekali tidak mempunyai gambaran apa saja yang harus disiapkan. untuk itu jika tidak keberatan, saya minta tolong untuk dikirimkan contoh-contoh surat dan berkas-berkas yang diperlukan untuk proses mutasi. File-filenya bisa tolong diemail ke derani82@g.mail.com. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Sukses selalu untuk mas Murad, semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan Mas. Wassalam.
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum.wr.wb . .Pak Maulana, saya berencana mau mutasi dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, Mohon informasi mengenai berkas2 atau contoh2 surat nya. Terima kasih...mohon dikirim ke derani82@gmail.com
Anonim mengatakan…
Tanya dong Pak Maulana,
1. ketika kapan kita off di kantor lama?
2. kapan kita usul pemindahan gaji?
3. bagaimana dengan proses pemindahan rujukan Askes?
terimakasih
marasi (public_healthui@yahoo.com)
dari kabupaten ke RSCM (Kementerian)
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum wr.wb Bp. Maulana, Mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh2 surat pengajuan mutasi ke daerah asal (BKD atau bupati) dan pengajuan ke daerah tujuan. terima kasih banyak. best regards. Renita
email : renita.indrikd@gmail.com
Murad Maulana mengatakan…
Ersar, Edin, Bayu: Sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat

Euis / Ade: contoh2 surat dan SK sudah saya kirim via emaail. Klo dari pusat ke daerah, saya rasa akan lebih mudah. Tinggal cari institusi yang menjadi target untuk mutasi. Jika sudah menemukan tinggal bikin surat pengajuan lolos butuh. Selanjutnya menunggu balasan sebagai bukti bahwa sudah memperoleh tempat. Kemudian surat balasan itu tinggal dilampirkan untuk diajukan di tempat kita bekerja

Marasi simanjuntak: 1. ketika sudah mendapat SK dari BKN pusat, 2. Setelah sudah ada SK dari BKN pusat kemudian bapak secepatnya minta surat pemindahan gaji di institusi lama untuk segera di sampaikan di bagian kepegawaian institusi baru. 3. Klo yang akses saya sendiri hingga saat ini belum memanfaatkan dan belum tahu tempat rujukannya. Sedangkan untuk akses buat anaku saya membuatnya melalui bagian kepegawaian di tempat saya bekerja yang baru.

Renita: walaikum salam wr.wb. sudah saya kirim via email. semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum mas
Saya juga mau donk mas, contoh surat2 utk mutasi nya
Mohon bantuannya ya mas, ke email : ranifirdaus.2012@gmail.com
Makasih banyak ya Mas
Assalamualaikum mas
Saya juga mau donk mas, contoh surat2 utk mutasi nya
Mohon bantuannya ya mas, ke email : adelawati@gmail.com
Makasih banyak ya Mas :)
Murad Maulana mengatakan…
lailalkhamsi maharani + aryani delawati: Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum mas
Saya juga mau donk mas, contoh surat2 utk mutasi nya yang lengkap,
Mohon bantuannya ya mas, ke email : teguhatmaja56@gmail.com
Makasih banyak ya Mas :)
Unknown mengatakan…
tulisan yang mas tulis sangat bermanfaat bagi saya. karena saya berencana mutasi ke kabupaten lain karena mengikuti suami. tapi yang masih saya bingungkan adalah mencari instansi yang cocok, karena saya PNS kementerian pusat di unit kerja daerah, misal pindah saya juga pingin pindah ke PNS kementerian pusat yang da di daerah yang saya tuju. kalau pindah antar kementerian sulit ga ya? mohon dibantu untuk dikirimkan contoh surat mutasinya ya mas... terima kasih banyak.
fur mengatakan…
ass
mas saya pns angkatan 2012 TMT cpns 01-12-2012,,bulan november 2013 tempo hari baru selesai ikut diklat prajab,,bisa gak di tahun 2014 saya mengajukan mutasi kekabupaten lain,
Anis irawan mengatakan…
bagus bgt neh saranya sy juga mw minta contoh berkas mutasina bu kirimin juga ke email saya
irawananis3@gmail.com
Unknown mengatakan…
terima kasih pencerahanya. bisa kirim juga ke bowietian@yahoo.com



anak negeri mengatakan…
Mas Maulana, tolong dong dikirimkan contoh berkas dan file-file lainnya ke email saya: saidusman2011@gmail.com. makasih yaa
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam pak teguh. Contoh surat berkas sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Saya rasa klo ikut suami akan lebih mudah bu Yuni. Perlu di coba dari sekarang untuk mencari informasi kementrian yang di tuju sebagai tempat mutasinya. Coba cari informasi detailnya baik melalui teman, web atau datang langsung. Baiknya datang langsung. Mohon maaf untuk contoh surat dan berkas mutasi dikirim kemana ya? soalnya tidak menuliskan email.
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum salam mas Fur. Biasanya tergantung daerah masing-masing. Setahu saya ada juga surat perjanjian belum boleh pindah selama 5 tahun. Tapi apa salahnya jika di coba.
Murad Maulana mengatakan…
Pak Anis Contoh surat mutasi PNS dan berkas lainya sudah saya kirim via email.Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Sama-sama. Sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
ok mas sudah saya kirim via email. Semoga contoh-contoh berkas mutasi saya bisa bermanfaat.
Murad Maulana mengatakan…
uda saya kirim mas
hasimori mengatakan…
Mas, kalau berkenan saya juga dikirimi contoh berkas-berkasnya ya. Makasih..
hasimori_1985@yahoo.com
Unknown mengatakan…
Mas, minta tolong dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi, untuk mutasi antar propinsi ke email: niazaki2012@gmail.com terima kasih
Murad Maulana mengatakan…
Dedek hana contoh surat mutasi pns (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Mba nia normawati contoh surat mutasi pns (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
Ass..
Saya pns daearah mau pindah ke pns pusat seperti mas maulana, sekarang saya sudah dapat surat lolos butuh dari pusat kementerian..selanjutnya saya harus proses ke mana dan saya tolong kirim kan contoh surat permohonan pindah gaji..

Email:riesya_4eva@yahoo.com

Terima kasih
bocazawa mengatakan…
Mohon dikirim contoh berkas yg diperlukan.terima kasih
Bocazawa@gmail.com
bos muda mengatakan…
kirim jg tu mas contoh surat mutasi
pNSnya. za1n1.be2@gmail.com
daud kurniawan mengatakan…
Mau tanya pak
1. kalau barter apakah harus menunggu SK PNS dulu? Kalau masih CPNS bisa tidak?
2. Tolong saya dikirim berkas-berkas pengajuan mutasi pak email saya blogger.anp@gmail.com
Trims
Unknown mengatakan…
Asslm Mas Murad..tulisannya sangat bermanfaat..klo berkenan tolong dikirimkan contoh surat mutasi dan brkas dari k/l ke pemda prop (alasan jenjang karir). Tolong di kirim di emal: n4y4_98@ymail.com terima kasih
Murad Maulana mengatakan…
Kalau sudah dapet surat lolos butuh tinggal ikutin alur ke BKD klo dari kabupaten / kotamadya atau bkn regional klo dari propinsi. Untuk surat permohonan gaji atau disebut juga surat pemberhentian gaji, sudah saya kirim ke email. semoga bermanfaat.
Murad Maulana mengatakan…
surat contoh mutasi dan berkas-berkas lainya sudah saya kirim lewat email. semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
sudah saya kirim ya. semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
klo masih cpns jelas belum boleh. paling tidak biasanya 5 thn atau kadang ada 3 tahun yang ikut suami. Contoh surat mutasi pns sudah saya kirim ya via email.
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum salam. Contoh surat mutasi sudah saya kirim via email. Redaksinya tinggal dirubah sendiri saja. Kebetulan klo mas rasya kebalikan dari saya yakni dari K/L ke propinsi. Sepertinya peluangnya lebih besar disetujui
Unknown mengatakan…
Aslm mas murad, minta tlg contoh surat pengajuan mutasinya diemail ke: agustrieanto@gmail.com
Penggemar Kesehatan mengatakan…
Saya juga mas.... kirimin ke iechna.susie@gmail.com
Terima kasih banyak atas bantuannya..
h1d4y4t mengatakan…
Ass.wr.wb. Minta tolong saya juga dikirimkan contoh2 berkas untuk keperluan pengajuan mutasi via email hidayat.fastcom@gmail.com

Terima Kasih
RAsanti mengatakan…
Mohon bantuannya jg mas untuk mengirimkan contoh berkas dan surat pengajuan pindah ke rini.antarisanti@gmail.com

ada ga patokan rentang berapa lama sejak diterima jadi PNS sampai qt bisa mengajukan surat pindah???

terima kasih
Murad Maulana mengatakan…
walaikum salam mas Agus. Surat contoh mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok, sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam. Contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok mba rasanti contoh surat mutasi PNS dan berkas2 SK lainya bsudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat.

Setahu saya sih tergantung daerah masing-masing, Tapi ada juga yang sejak CPNS sudah menandatangani surat perjanjian gak boleh pindah / mutasi misal selama 5 tahun. Kalo penglaman saya ada seperti itu dan biasanya sampe 5 tahun.
Unknown mengatakan…
PLEASE SENT MAS KE EMAIL budietanto@gmail,com
Murad Maulana mengatakan…
mas emailmu budietanto@gmail.com? aku kirim ko failure yah?
Mas,salam kenal. saya mau dong dikirmkan contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan contoh berkas-berkas mutasi lainya termasuk masalah penggantian penggajian di tempat baru. ke email saya: nieswa.mrsfkmui@gmail.com..terimakasih sebelumnya.
cowit mengatakan…
Salam kenal mas murad maulana,, boleh minta contoh kelengkapan berkas untuk mengajukan mutasi, surat pengajuan mutasi. Terima kasih...
dinak46@gmail.com
Unknown mengatakan…
mohon di mailkan contoh surat mutasi pns ke sifalah@gmail.com
atas info dan bantuan yang berguna ini saya ucapkan terimakasih
Unknown mengatakan…
mohon bantuan nya mas
contoh surat mutasi pns nya, tks
sifalah@gmail.com
pelajaran mengatakan…
Om boleh dong minta contoh lolos butuh ke bambang.setiawan1979@yahoo.com saya mau pindah ke indramayu....... enaknya di bagian apa ya hehehehe
Unknown mengatakan…
asslm. mas, mohon contoh surat mutasinya dunk, kirim ke email anggie_venus@yahoo.com
Unknown mengatakan…
aslkm. mas mohon dikirimkan ke saya sdn007pittria@gmail.com terima kasih mas...
Unknown mengatakan…
Ass Wr Wb..Mas Murad minta tolong dikirimi contoh surat mutasi antar daerahnya ke fahmiabrari@yahoo.com. Thanks before.
Darus CZR mengatakan…
Ass. salam kenal mas, boleh minta dikirimin juga contoh berkas2 mutasinya ke email saya, kebetulan saya juga ingin nyoba hal demikian. Tolong kirim ke sini ya: darusczr@gmail.com. Terima kasih atas informasi dan bantuannya, semoga alloh memberikan pahala yang berlipat ganda atas kebaikan mas, sebelum dan sesudahnya saya haturkan terima kasih.
Murad Maulana mengatakan…
mas surat sudah saya kirim lewat email. Untuk contoh surat SKPP (surat keterangan pemberhentian pembayaran) gaji bisa liat contohnya disini: http://www.muradmaulana.com/2014/01/contoh-surat-keterangan-penghentian.html
Murad Maulana mengatakan…
salam kenal juga. Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim lewat email dan berkas lainya. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok, sudah saya kirimkan. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Sudah saya kirimkan lho mas...
Murad Maulana mengatakan…
Woke, boleh banget. Sudah saya kirim di email ya. Ngomong2 mau mutasi ke Indramayu ya? emang sekarang dinas dimana?
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum salam. Ok, surat contoh mutasi pns (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim di email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum salam. Sudah saya kirim via email
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam, Ok sudah saya kirim di email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam. Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) sudah saya kirim via email termasuk contoh berkas2 SK. Semoga bermanfaat.
assallamuallaikum, saya berkenan juga untuk meilhat dokumen-dokumen yang saudara gunakan buat mutasi. mohon dapat dikirimkan ke email : zieerhaa@gmail.com.
terima kasih
mohon kiranya saya juga dapat dikirimi contoh dokumen-dokumen terkait, Terima Kasih.
zieerhaa@gmail.com
Unknown mengatakan…
Ass. terima kasih atas pengalaman yg telah dibagikan kpd kami. saya adalah pns kabupaten dg jabatan laboran. karena lokasi tempat kerja yg jauh, sya ingin sekali mengajukan mutasi ke pusat (salah satu universitas negeri di sby), karena info dari dekan yang bersangkutan, memang dibutuhkan jabatan sya di sana. tp beliau tidak punya gambaran bagaimana prosedur mutasinya. syapun tidak tahu apa yang hrus sya lakukan, kemana sya harus melangkah, siapa yg harus sya temui, sya tidak tahu sama sekali (TITIK NOL). Sya berharap tips-tips dari njenengan bisa menjadi pencerahan untuk langkah sya mengajukan mutasi dan mohon kelengkapan surat2 yang hrs sya siapkan, njenengan kirim ke email sya (bundafi.ra1306@gmail.com) atau (bundafisal@yahoo.com). Atas bantuannya sya sampaikan terima kasih, dan semoga bantuan njenengan dicatat sebagai amalan ibadah. Aamiin
ofi tusiana mengatakan…
wah, berarti ada kans ya, pegawai pemkab untuk bisa pindah ke pusat. saya lagi punya keinginan pindah ke pusat nih pak, karena rasanya di pemkab ilmu saya gak berkembang. bisa minta contoh surat rekomendasi lolos butuh ke instansi vertikal ya pak.. ini email saya: tusiana@gmail.com. makasih.. :)
btw di bapeten di bagian apa pak? ada suami temen saya yang dinas di situ juga.. :)
Murad Maulana mengatakan…
Ok, Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas sudah saya kirim lewat email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam, menurut saya coba hubungi bagian kepegawaian di Universitas-nya. Nanti bisa tanyakan prosedur detailnya. Kebenaran teman saya yang barter mutasinya, pindahnya ke Universitas tepatnya di UGM. Contoh suratnya saya kirim ke email ya sekaligus contoh2 berkas lainya.
Murad Maulana mengatakan…
Bisa sekali mba tusiana selama di instansi itu membutuhkan posisi yang kosong. Tinggal pandai-pandai kita mencari informasi kira-kira instansi mana yang akan jadi sasaran mutasi. Hanya saja memang saat mutasi, ada saja oknum yang gitu deh....,tapi pengalaman saya pindah ke sini, alhamdulillah mulus, walau menunggu proses yang lumayan lama. Proses lamanya bukan di instansi pusatnya tetapi di tempat saya sendiri malah dikarenakan sesuatu (he..2).

Ok, contoh surat sudah saya kirim ke email ya. Semoga bermanfaat. Oh suami teman dimana? klo saya di Biro perencenaan, Bagian Data Informasi tepatnya dokmentasi ilmiah.
Murad Maulana mengatakan…
Pertama, pastikan sudah ada instansi yang menerima kita (ajukan surat mutasi atas nama pribadi ke instansi yang dituju dalam hal ini univesitas ya?).

Kedua, tunggu surat balasan dan jika sudah ada lalu lampirkanlah bersama surat pengajuan di tempat kerja kita yang sekarang (pemda kan?)

Ketiga, jika dua-duanya sudah lampu hijau, mba tinggal ikutin prosedurnya. Oleh karena itu jangan lupa selalu jemput bola untuk mencari informasi sedetail-detailnya di bagian kepegawaiannya.
dwi ismar mengatakan…
boleh minta contoh file berkas pak, Kbetulan lg ngurus,, trims pak
Murad Maulana mengatakan…
emailnya apa pak?
SINGGIH SUSANTO mengatakan…
Pak minta contoh file surat mtasinya + berkes2 pendukungnya ya. ke singgihjson@gmail.com . Trimakasih pak sebelumnya
Unknown mengatakan…
ass,,, mas salam kenal.... pas banget rencana mau pindah dr kabupten ke provinsi lain tuk mendekat dgn keluarga.... boleh minta contoh file berkasnya Pak...
ini email saya: majelisdzikirhmgto@gmail.com
Unknown mengatakan…
ass...nama saya Ruslan sidik, boleh minta contoh file mutasinya.? kepengen bantu istri pindah ke daerah asal. terima ksh sebelumnya, ini email saya: majelisdzikirhmgto@gmail.com
Unknown mengatakan…
Minta filenya ya pak. maksi sebelumnya
majelisdzikirhmgto@gmail.com
dwi ismar mengatakan…
dwiismar@gmail.com pak,terima kasih sebesar besarnya
Murad Maulana mengatakan…
Ok, sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam, Ok sudah saya kirim contoh surat dan berkas lainya di email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok, sudh saya kirim mas. Semoga bermanfaat
Rifaza mengatakan…
Assalamualaikum. Salam kenal mas, saya mau nanya nih, sekarang sy pns daerah rencana mau pindah ke instansi pusat, tapi sama sama di kota yg sama kantornya, alasan sy pindah krn sdh jenuh aja di pemda dan ilmu sy tdk berkembang, saat ini saya lagi izin belajar (bukan tugas belajar) dan sedang menyusun Tesis. Pertanyaan saya :
1. Alasan apa yg tepat yg bisa sy buat di permohonan pindah ?
2. Apa tdk masalah sy mengajukan pindah pdhl sy lg kuliah S2 (izin belajar dg tdk meninggalkan tugas karena kuliah di kota tempat sy bekerja)
Terima kasih mas atas kesediaannya menjawab, o ya email saya : pesona_rina@yahoo.com, mhn di emailkan contoh berkas berkas surat" permohonan pindah nya ya mas...terima kasih
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum salam wr.wb. Saya coba jawab sebisa saya mba berdasarkan pengalaman saja:
1. Coba mba kemukakan alasan mutasi PNS karena ingin mengembangkan karir terutama dengan disiplin ilmu yang ibu miliki saat ini. Klo skr bekerja jadi PNS pemda lantas tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang ibu miliki, ini bisa menjadi alasan tepat, terlebih sasaran tempat mutasi yang baru sangat berhubungan disiplin ilmu mba. Tetapi, ada banyak faktor nantinya pemda bisa menolak misalnya karena ibu sedang dibutuhkan di pemda tersebut.

2. Setahu saya klo ijin belajar harus ada surat ijin belajar dari kepegawaian yang nantinya di gunakan untuk usulan kenaikan pangkat, klo tidak salah biasanya untuk penyesuaian ijazah bagi yang struktural. Sedangkan untuk fungsional nantinya masuk ke dalam angka kredit. Menurut saya selesaikan dulu sembari mencari tempat untuk sasaran mutasi. Karena tidak menutup kemungkinan prosesnya juga lama lho. Pengalaman saya sendiri karena fungsional, saya pindah setelah menunggu kenaikan pangkat baru karena ketika itu sedang pendidikan. Saya takutnya ketika sedang S2 lalu di acc pindah di instansi yang baru, justru ketika sudah lulus S2, ijazahnya tidak diakui di intansi yang baru itu. Ini banyak terjadi lho. Saran saya mending tunggu S2 lulus, lalu penyesuaian ijazah baru ajukan mutasi. Biar di instansi yang baru juga tidak dipusingkan dengan kenaikan pangkat.

Untuk contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim ke email ya
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum.wr.wb
salam kenal, saya ada rencana mau pindah dari kabupaten ke provinsi lain untuk mendekat dengan keluarga.... boleh minta contoh berkas file-nya pak?
ini email saya: itong.cccnd@gmail.com
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum wr.wb.
sy ada rencana mau pindah dari pemkab ke pemprov atau pemko.
mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh berkas2 atw surat2 yg diperlukan baik di daerah asal maupun daerah tujuan.
dan kalau bapak berkenan tolong dikirimkan ke email : intita88@yahoo.co.id
terimakasih sebelumnya
Unknown mengatakan…
Asslm...
Terimakasih infonya sangat bermanfaat...
Saya kebetulan sedang mengurus mutasi ke luar provinsi dengan alasab untuk mengurus orang tua. Alhamdulillah instansi tujuan sudah menyetujui dan atasan langsung di tempat kerja saat ini juga mendukung. Saat ini sedang menunggu surat persetujuan mutasi dari instansi tujuan. Jika berkenan, boleh saya minta contoh surat2 pengurusannya? Untuk jadi referensi buat saya nanti. Tolong kirim ke rheeya_zoldick@yahoo.com. Trims
Anonim mengatakan…
Kirimin contoh surat ato berkas2 buat mutasi donk mas,,
Email: new.shield777@gmail.com

Thanks.. :)
Unknown mengatakan…
Kirimin contoh surat2 mutasi donk mas
Email: new.shield777@gmail.com

tks..
Desy mengatakan…
Mas murad saya jg mau dikirim contoh format surat mutasi dan contoh berkas2 lainnya...makasih....desy_enhii@yahoo.com
Unknown mengatakan…
maaf mau nanya mas, kl mau mengajukan mutasi harus nunggu 5 tahun ya mas?klo boleh tahu ada peraturan dari pemerintahnya ndak mas? pp/uu'nya gitu?
apa tidak ada cara lain, jika instansi tujuan sudah acc kita untuk mutasi apakah bisa dijadikan alasan untuk mutasi tsb
Unknown mengatakan…
mas..mohon kirim contoh file2 mutasinya ke email sy ya.. seri.ningsih02@gmail.com. smg Allah jg memudahkan mutasi sy sprt mas yg sudah berhasil.. ^^
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam Wr Wb. Ok contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam Wr Wb. Ok, sudah saya kirimkan contoh surat mutas PNS dan berkas lainya ke email mba Indah. Semoga bermanfaat dan berhasil.
Murad Maulana mengatakan…
Wah selamat ya sudah setuju semua, baik dari instansi asal maupun instansi tempat mutasinya. Klo surat pengurusan saya tidak punya karena memang tidak ada. Saya hanya punya surat SKPP (surat keterangan penghentian pembayaran ) dan itu tinggal menunggu dari instansi asal yang nantinya dikasihkan ke instansi tempat kita mutasi (jika sudah) contohnya bisa baca disini: http://www.muradmaulana.com/2014/01/contoh-surat-keterangan-penghentian.html
Murad Maulana mengatakan…
ok, sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ibu Desi, contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Di pemda tertentu, sebelum menjadi CPNS biasanya ada penandatanganan gak boleh minta mutasi sebelum 5 tahun. Untuk spesifikasi PP ato UU-nya secara pasti saya belum tahu. Tapi coba mba/mas riza bisa baca mengenai peraturan2 tentang Pemindahan/Mutasi PNS berikut ini:

1. PP no. 63 tahun 2009: Perubahan Atas Peraturan Pemerintah no. 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkutan, Pemindahan, Dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil

2. Kepka BKN no. 70 KEP 2003: Pendelegasian Wewenang kepada Kepala Kanreg BKN untuk menetapkan SK dan Persetujuan Teknis tentang Mutasi Kepegawaian

3. KepKa BKN no. 15 Tahun 2003: Juknis Pengawasan dan Pengendalian di bidang Kepegawaian sebagai Pelaksanaan PP no. 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian PNS

4.Kepka BKN no. 13 Tahun 2003 : Juknis Pelaksanaan PP no. 9 Tahun 2003

Sedangkan untuk Pemindahan/Mutasi PNS di Lingkungan Kemdikbud bisa baca peraturan2 berkut ini:

1.Permendikbud no.61 Tahun 2009: Pemberian Kuasa dan Delegasi Wewenang Pelaksanaan Kegiatan Administrasi Kepegawaian kepada Pejabat Tertentu di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional (termasuk pejabat yang berwenang lakukan mutasi)

2.SE/15/M.PAN/2004: SE Menpan tentang Larangan Pengalihan PNS dari Jabatan Guru ke Jabatan Non Guru

3. Surat Edaran Sekjen 4841/A4.5/KP/2009: Alih tugas/alih fungsi/melimpah menjadi PNS dosen

4. SK Dirjen Dikti 2933/D/T/2001: Perpindahan Pegawai Negeri Sipil non dosen menjadi dosen di Perguruan Tinggi dan Perpindahan dosen PNS antar Perguruan Tinggi

5. 44128/A2.IV/KP/2000: Edaran Sekjen Kemdikbud: Penerimaan PNS Menjadi Tenaga Kependidikan di Lingkungan Kemdikbud
Unknown mengatakan…
Assalamu'alaikum..
Mas minta tolong kirimin contoh format surat mutasi dan contoh berkas2 lainnya juga ya..
Makasih sebelumnya..
Wassalam
Unknown mengatakan…
Maaf mas ketinggalan alamat emailnya, hehe..
zulmadenti.kampai@gmail.com
Anonim mengatakan…
ass,,,makasih buat info dan tulisannya mas,terus terang sangat membantu sy yg lg bingung pengen mutasi tp gak tau hrs mulai dari mana,sy ingin mutasi dari Kab.Ponorogo,Jatim ke Kab.Karanganyar,Jateng agar bs lbh dkt sm ortu yg sudah sepuh,sy seorang guru SMA,,,,bs tlg kasih saran,cara,langkah dan format pengajuan mutasinya,,,,matur suwun nggih mas,,,marni.jeng@yahoo.co.id
Anonim mengatakan…
Selamat ya mas Sudah Berhasil mutasi,. Saya juga mau mutasi karena ingin merawat orang tua, mohon dikirimkan semua file/ surat surat yang di butuhkan ke alamat email saya ya mas,. Terimakasih semoga Allah membalas kebaikan mas. Amiin.
Ini alamat email saya :
pnspratama@gmail.com
Anonim mengatakan…
mas mohon dikirmkan semua berkasnya ke email saya ya pnspratama@gmail.com , Terimakasih :)
Unknown mengatakan…
Asslamualaikum wr wb
mau donk mas file sama contoh berkas2 mutasinya, ke novi.chubby84@gmail.com yaaaa
makasih ya mas
wassalam
Unknown mengatakan…
Mas, saya juga akan mengajukan mutasi antar instansi, mohon bantuannya utk mengirimkan contoh berkas yang dimaksud ke email saya agustinsusanto@gmail.com, terima kasih
Unknown mengatakan…
saya mau dunk kirim surat permohonan mutasi ke nana.adjah@gmail.com
Murad Maulana mengatakan…
Mba Seri ningsih contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim ke email. Semoga lancar dan berhasil
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum salam. Ok sudah saya kirimkan. Semoga bermanfaat ya
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam Mba jeng, kebeneran Istri saya juga sedang proses mutasi dari daerah jakarta utara ke jakarta selatan atu tengsel. Istri saya juga seorang guru, namun sayangnya semua sekolah MAN yang ada di jaksel / tangsel penuh. Padahal di sekolah asalnya sudah membolehkan pindah.

Nah berkaca dari pengalaman istri saya itu, pertama coba cari sasaran sekolah SMA yang akan di jadikan untuk mutasi. Datengi langsung dan kirim surat pengajuannya ke sekolah SMA yang ada di Kabupaten Karanganyar itu (surat pribadi dulu, contoh sudah saya kirim). Kalau bisa langsung ketemu kepala sekolahnya.

Namun sebelumnya konsultsikan dulu dengan kepala sekolah Mba yang sekarang bertugas. Intinya jika sekolah yang ada di kab.karanganyar menerima lantas sekolah yang ada di ka.ponorogo melepas, berarti itu akan mudah. Tinggal mengikuti alur birokrasinya. Kalau tidak salah nanti via KCD juga ya (kepala cabang dinas)? sering-seringlah berkonsultasi di BKD kabupaten juga agar lebih jelas.

Untuk contoh surat pengajuan mutasi dan berkas lainya sudah saya kirim via email ya. Semoga bermanfaat dan berhasil.
Murad Maulana mengatakan…
Ya alhamdulillh mas. Untuk contoh surat mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email ya. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam Wr Wb. Sudah saya kirim mba novi. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim mas agus. Semoga lancar dan berhasil ya mutasinya
Murad Maulana mengatakan…
Ok, mba nana sudah saya kirim lewat email contoh surat mutasi PNS-nya serta berkas2 lainya.
Unknown mengatakan…
tips yang sangat bermanfaat mas...boleh minta file surat permohonannya mas ke rofiqohferawati@yahoo.com
Unknown mengatakan…
Wahh pagi2 nemu tips ini..minta bantuannya mas tlong kirimin filenya k email : triprioheryanto@gmail.com
Mkasih mas belumnya. :-)
ajiemufti mengatakan…
Salam kenal mas murad, saya lagi googling nyari cara mutasi PNS kebetulan melihat blog ini, sangat informatif sekali dan kebetulan juga sesuai dengan yang saya cari.

Kalau boleh saya minta dikirimkan file contoh surat mutasi PNS berserta berkasnya ke ajie.mufti@gmail.com

Saya berencana untuk mengajukan mutasi ke daerah karena ingin dekat dengan keluarga, saya sekarang bekerja di salah satu instasi kementerian pusat, mudah2an bisa terwujud.....aaaammiiinnn....

maturnuwun
Unknown mengatakan…
alhamdulilah ada gmbaran...sy mau dikirimi juga dong mas surat mutasi & berkas2 yg lain ke guruhanang@gmail.com
istri mau mutasi dr pemda ke pusat..
makasih sebelumnya.
j@ro mengatakan…
Mohon file surat permohonannya pak,... saya membutuhkannya. terimakasih sebelumnya. jargun80@gmail.com
Unknown mengatakan…
mas, mohon bisa dikirim contoh permohonan ya...alhamdulillah udah jelas semua
arifguan.123@gmail.com
suwun
Unknown mengatakan…
Pak, mohon dikirimkan contoh dokumennya ke redangel_842002@yahoo.com

saya mau ikuti jejak mas sebagai pengikut istri. Trimakasih.
toko_online mengatakan…
mas saya mohon infonya ya untu berkas 2 mutasi apa saja.

mohon dikirim ke email saya ya.. stwniwan@gmail.com

terimakasih ya... saya berniat untuk mutasi dr daerah ke kementrian mas
Murad Maulana mengatakan…
Ok, mba Rofiqoh uda saya kirim via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok mas tri sudah saya kirim contoh surat mutasi pns dan berkas lainya via email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Salam kenal juga mas asjie. Contoh surt mutasi pns dan berkas lainya sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat dan berhasil ya mas..
Murad Maulana mengatakan…
OK sudah saya kirim. Semoga berhasil mas guruh
Murad Maulana mengatakan…
Cek email ya? sudah saya kirim pak
Murad Maulana mengatakan…
Ok mas arif sudah saya kirim via email. Semoga barmanfaat dan berjalan lancar ya.
Murad Maulana mengatakan…
he...2 bisa aja ne mas Ronny, sebagai pengikut istri. Cek email ya? contoh surat mutasi PNS (lolos Butuh) dan berkas lainya sudah saya kirim.
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim ya.Cek email. Semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
mohon dikirim ke super.hendrajaya@gmail.com.. makasih
Abu Faiz mengatakan…
mas, mohon dikirimkan contoh permohonan mutasi dan dokumen lainnya. trims sebelumnya.

m.sapwan@gmail.com
sagunga mengatakan…
mohon kirimkan ke sagunga@gmail.com
mau ngurus pindah lagi, yang kemarin pernah ditolak dengan 1001 alasan
Unknown mengatakan…
Terima Kasih Mas Murad, Cerita pengalaman Mas membangkitkan kembali semangat saya untuk pindah. mohon kirim filenya ke: mbanamtuan@gmail.com. Terima kasih sebelumnya.
Unknown mengatakan…
mas murad, saya mohon info tuk berkas2 mutasi bisa dikirim ke email saya nurulmaulidhini@gmail.com. atas bantuannya saya ucapkan terimakasih banyak
Unknown mengatakan…
pengalaman yang bermanfaat..mohon kirim file ke mbanamtuan@gmail.com.terima kasih Pak Murad.
TeeWee mengatakan…
Pak Murad, saya juga saat ini sedang dalam proses, sudah ijin atasan, kalo saya mau pindah dari pusat ke daerah, nah sekarang mau buat surat pengajuan ke bupati daerah, saya mohon dikirimi email tentang semua surat2-nya ya pak, informasi yang bapak tulis di blog ini sangat membantu saya, trimakasih banyak pak Murad...saya tunggu emailnya
Unknown mengatakan…
Mohon berbagi berkasnya pak
ke anton_ratna@yahoo.co.id
Unknown mengatakan…
assalamualaikum...........mas mohon kirim contoh mutasi pns,insyaAllah saya mau mutasi dr kabupaten ke propinsi............kirim ke email saya dqyoga.83@gmail.com..............terimakasih
theeasyloecoe mengatakan…
Alamat theeasyloecoe@yahoo.com
Unknown mengatakan…
Malam pak mohon dikirim contah surat mutasi antar kab/kota dalam propinsi dan apa saja pesyaratannya. mohon dikirim ke email saya ( mr_dahury@ymail.com ),trimaksih tas bantuannya
TeeWee mengatakan…
Pak Murad, saya juga saat ini sedang dalam proses, sudah ijin atasan, kalo saya mau pindah dari pusat ke daerah, nah sekarang mau buat surat pengajuan ke bupati daerah, saya mohon dikirimi email tentang semua surat2-nya ya pak, informasi yang bapak tulis di blog ini sangat membantu saya, trimakasih banyak pak Murad...saya tunggu emailnya di teewee.1515@gmail.com
Unknown mengatakan…
السَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡ُ,,
Pak, mohon dikirimkan berkas2 kelengkapan mengajukan mutasi ke h.ristiadi@yahoo.co.id terima kasih dan mohon doanya ya pak semoga sya lancar untuk mengajukan mutasi. Sekali lg terima kasih bnyk
Novis mengatakan…
mas bos, bisa minta tolong dikirimkan file2 yg dibutuhkan untuk pengajuan pindah/ mutasi? kirim email ke novisprasetyawan@gmail.com, terima kasih sebelumnya ya mas bos.....
Murad Maulana mengatakan…
Ya sama-sama mba meliana. Ok contoh surat sudah saya kirim di email yah. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim. Cek email. semoga bermanfaat ya
Murad Maulana mengatakan…
Mas abu sudah saya kirim contoh surat mutasi PNS dan berkas lainya. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok mas, sudah saya kirim. Semoga berhasil ya
Murad Maulana mengatakan…
Ok mba nurul contoh surat mutasi PNS (LolosButuh) sudah saya kirim. Semoga bermanfaat dan lancar ya
Murad Maulana mengatakan…
Oh berarti kebalikan dari saya ya. Klo saya dari daerah ke pusat. Ok sudah saya kirim contoh sirat2nya ya. Semoga berhasil dan lancar
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Walaiukum Salam. Mas Discky sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat dan lancar ya
Murad Maulana mengatakan…
Ok sip sudah saya kirim
Murad Maulana mengatakan…
Malam juga. Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim ke email. Klo saya dari daerah ke pusat. Tapi prosedurnya biasanya tidak berbeda jauh
Murad Maulana mengatakan…
Saya doakan semoga mutasinya berjalan lancar dan berhasil. Untuk contoh surat mutasi pns sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
OK, sudah saya kirim barusan ya. Moga berhasil ya mas
ichsan mengatakan…
tolong di kirim ke rrwulandari@rocketmail.com juga ya Pak,, yang lengkap ya :D makasih sebelumnya..
edysasuke mengatakan…
mohon format mutasi dari instansi kecamatan ke bagian TU SLTA
edyshasuke82@gmail.com dalam satu kecamatan
Unknown mengatakan…
Mas,tlg di kirim contoh berkas-berkas yang diperlukan untuk mutasi ya..ke email : sasmitabenny@ymail.com..terima kasih
zoldick zone mengatakan…
Pak boleh kirim format mutasi dan berkas2nya ke email saya xzplod@gmail.com
terima kasih pak
Unknown mengatakan…
Mas Murad.. artikelnya sangat bermanfaat.. oiya mas, bisa tolong dikirim ke arif.155kl@gmail.com juga kah formatnya? Terima kasih mas Murad
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
mas edy berarti mutasi antar instansi tapi masih tetap di satu kabupaten/ kota ya? klo contoh surat itu saya tidak punya mas. Saya hanya punya contoh surat mutasi antar daerah utamanya dari kabupaten ke pusat. Tapi sudah saya kirimkan contoh suratnya. Paling tidak formatnya tidak berbeda jauh.
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirimkan ke email. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim. Cek email ya
Murad Maulana mengatakan…
Ok mas arif contoh surat mutasi pns sudah saya kirim di email. Semoga bermanfaat
Unknown mengatakan…
mas, saya mau juga ya. bisa tolong dikirimkan ke email saya : ika.5491t4@gmail.com. terimakasih banyak
Unknown mengatakan…
askum. mas kalo mutasi antar kab dengan alasan mengikuti suami tp suami bukan PNS ada tipsnya ga? skalian minta tlng kirim contoh surat mutasinya ya... makasih....
Unknown mengatakan…
Saya juga minta semua berkasnya mas, kirim ke scatlowglob@gmail.com, makasih
Unknown mengatakan…
assalamualaikum mas murad, saya juga punya rencana mutasi, bisa tolong dikirim contoh format mutasi dan berkasnya? terima kasih. ini e-mail saya indrapresmana@yahoo.co.id
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum ...salam kenal pak maulana,,,,ini saya dony..saya rencana mau pindah (mutasi PNS) dari kabupaten ke provinsi lain dengan alasan mendekatkan keluarga....saya boleh minta file format mutasi dan berkas2nya email saya dhlukisanto@gmail.com sebelumnya makasih banyak pak
Murad Maulana mengatakan…
Ok mba ika, sudah saya kirim. Semoga bermanfaat
Murad Maulana mengatakan…
Mba chandra sangat bisa. Teman kantorku dulu cewe anak Cirebon, terus ikut suami ke Surabaya. Suaminya wirausahawan. Alhamdulillah bisa dan lancar. Klo alasan ikut suami seharusnya pasti di ACC.

Untuk contoh surat mutasi dikirim kemana ne? emailnya tidak tertera?
Murad Maulana mengatakan…
Ok sudah saya kirim ke email. Silahkan cek
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam. Mas Alex, contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim.
Murad Maulana mengatakan…
Walaikum Salam. Mas doni contoh suratnya sudah saya kirim. Semoga bermanfaat dan lancar mutasinya
Unknown mengatakan…
selamat siang, bisa tolong dikirimkan contoh format surat yang harus saya ajukan ke instansi yang saya tuju (lolos butuh) terimakasih. flavaamalia@gmail.com atau nonaamalia@yahoo.com

Unknown mengatakan…
selamat siang Mas. Saya PNS Kabupaten bermaksud mau ikut istri ke Jakarta. Mohon contoh surat pengajuan loslos butuhnya untuk dinas perhubungan DKI. Terima KAsih
Unknown mengatakan…
Hallo selamat siang Mas, saya PNS dari kabupaten ingin mengajukan pengajuan surat ke dinas lain di jakarta, mohon petunjuk surat pengajuan lolos butuh beserta tips2nya. Terima Kasih
eef mengatakan…
Assalamualaikum pak maulana, kenalkan saya epri, berencana mengajukan pindah tugas dari pemkab ke pemprov lain. Mohon saya dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi dan berkas2 mutasi ke eprifast@gmail.com.

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.
1 – 200 dari 418 Lebih baru Terbaru