Wisata Education Alam Terbuka di IPB

Advertisement
Hari libur minggu kedua dibulan Juni ini, sengaja saya berangkat pagi-pagi bersama keluarga kecilku untuk mengunjungi kampus IPB yang ada dijalan Baranangsiang, Bogor. Sebenarnya tujuan utama mengunjungi kampus IPB adalah dalam rangka saya mengikuti ujian TPA OTO BAPPENAS yang diselenggarakan oleh IPB. Nah, sembari mengikuti ujian itu, saya berpikir kenapa gak sekalian untuk berwisata yang bersifat education untuk anak-anakku di alam terbuka. Hal ini cocok sekali, dimana dikampus IPB yang dekat dengan Botani Square itu memiliki taman luas yang masih asri. Masih banyak pepohonan tua yang menjulang tinggi. Belum lagi udara pagi taman tersebut begitu sejuk dan nyaman. 

Saya pernah menulis artikel tentang wisata education untuk anak-anak (baca: Lima Lokasi Wisata Education Untuk Anak Anda). Ada lima hal yang saya kategorikan. Pertama, mengunjungi perpustakaan dan taman bacaan. Ini penting sekali sebagai pengenalan anak terhadap pentingnya  perpustakaan sebagai wahana belajar yang bersifat menyenangkan. Perpustakaan atau taman bacaan  dapat memberikan manfaat kepada anak-anak terutama pada aspek level kognitif. Perpustakaan dan taman bacaan adalah wisata education yang bersifat murah. Saya pernah mengajak anak saya ke taman bacaan tanpa harus mengeluarkan kocek sedikitpun (baca: Wisata Murah Taman Bacaan Masyarakat / TBM di Tangsel)

Kedua, toko buku. Saya selalu ke toko buku mengajak anak saya setiap sebulan sekali. Sengaja saya lakukan agar anak saya menyenangi dunia buku yang dalam jangka panjang akan sangat berpengaruh kelak ketika ia dewasa. Tentunya secara khusus saya juga selalu mengalokasikan anggaran membeli buku untuk anak saya ini.

Ketiga, kebun bintang. Berbeda dengan kedua lokasi diatas. Mengunjungi kebun binatang dilakukan setahun dua kali atau bahkan sekali. Syukur-syukur jika mempunyai dana lebih bisa dilakukan hingga empat kali. Anak-anak ketika mengunjungi kebun binatang adalah hal yang paling disukai karena secara langsung ia dapat melihat berbagai aneka hewan yang baru mereka lihat. Jika selama ini si anak mengenai berbagai hewan dari buku, televisi, atau cerita dari orang tua dan temannya, maka dengan melihat secara langsung, ini akan menambah pengalaman tersendiri bagi mereka. salah satu tips yang bisa dilakukan orang tua untuk anaknya yang masih kecil dalam pengenalan hewan adalah dengan memotret atau merekam hewan-hewan aneh yang baru dilihatnya. Saya pernah melakukan ini dengan cara merekam hewan kaki seribu (Baca: Mengenalkan Hewan Kaki Seribu Kepada Anak dan Foto Semut Rangrang Penghasil Kroto)

Keempat, museum dan lokasi bersejarah. Bisa dikatakan wisata ini benar-benar harus direncanakan. Mulai dari waktu dan alokasi biaya karena menyangkut perjalanan yang cukup jauh. Namun demikian, tidak harus yang jauh telebih dahulu. Untuk pertama, cukup kunjungi lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal kita. Misal kita tinggal di Jakarta, maka beberapa museum atau lokasi bersejarah yang bisa dikunjungi cukup banyak, misal Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah.

Kelima, alam terbuka. Inilah yang selalu saya lakukan rutin juga untuk anak-anakku termasuk minggu ini barusan. Biarkan anak-anak menikmati keindahan alam terbuka secara riang dan gembira. Biasanya mereka akan berlarian, kejar-kejaran, memanjat, berteriak, tertawa, pendek kata semua ekspresi kebebasannya tersalurkan di alam terbuka tersebut. Menurut saya, alam terbuka di kampus IPB Baranangsiang, Bogor masih begitu asri dan indah. Luasnya taman dengan balutan hamparan rumput hijau dan pohon-pohon tua yang begitu lebat. Kata orang jawa bilang "adem". Belum lagi, disediakan juga banyak kursi-kursi yang terbut dari semen. Hal ini menjadikan tempat lokasi wisata education alam terbuka yang semakin menarik. Silahkan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Kampus IPB yang berdekatan dengan Botani Square ini ketika pagi hari, tepatnya hari minggu. Dijamin asyik lho. 

Menjelang siang, taman kampus IPB ini ternyata masih banyak yang mengunjunginya. Bahkan ada yang sengaja membawa alas sendiri sehingga bisa duduk secara lesehan yang digelar diatas rerumputan dibawah pohon yang rindang. Sungguh mengasyikan bisa berwisata bersama keluarga di alam terbuka. Saya sarankan jika berwisata dialam terbuka jangan lupa bawa bekal untuk makan bersama ditaman sehingga akan semakin menambah keharmonisan keluarga. Jangan lupa sampahnya buang pada tampatnya lho. Oh ya satu lagi, bawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan moment terindah yang sedang dirayakan. Seperti yang saya lakukan, berikut foto-foto sederhana wisata education alam terbuka di kampus IPB jalan Baranangsiang, tepatnya samping Botani Square:

Wisata Education Alam Terbuka di IPB 1

Wisata Education Alam Terbuka di IPB 2

Wisata Education Alam Terbuka di IPB 3

Wisata Education Alam Terbuka di IPB 4

Wisata Education Alam Terbuka di IPB 5
Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Education Alam Terbuka di IPB"