Lima Lokasi Wisata Education Untuk Anak Anda

Advertisement
Pendidikan mengembangkan kemampuan, tetapi tidak menciptakannya. (Voltaire)
Saya tiba-tiba teringat dihari libur ini adalah hari yang sangat penting khususya bagi mereka yang mempunyai anak kecil. Hari libur adalah salah satu moment penting untuk berkumpul dengan keluarga yang mereka sayangi. Biasanya seringkali sebuah keluarga menjadikan hari libur sebagai waktu untuk berwisata. Hal ini mempunyai tujuan dasar agar keharmonisan dan keselarasan dapat terjaga dengan baik selain daripada untuk membahagiakan si anak tersebut. Hubungan komunikasi antara anak, ibu dan seorang bapak manakala berjalan dengan baik maka selayaknya keluarga tersebut dapat menjadi keluarga idaman yang di damba-dambakan oleh banyak orang.

Saya sendiri mempunyai anak yang berumur empat tahun. Anak saya sedang lincah-lincahnya dan sering banyak bertanya. Pertemuan intens dengan anak saya tentu banyak didapatkan pada hari libur yaitu sabtu dan minggu. Hal ini apabila tidak di manfaatkan dengan baik, maka saya termasuk orang merugi karena itu adalah kesempatan terbaik untuk mendampingi anak dalam proses belajar. Oleh sebab itu biasanya di hari libur itu saya manfaatkan dengan wisata yang bersifat education.

Saya menggolongkan ada lima wisata yang bersifat education. Dari kelima ini baru empat yang sudah saya jalankan. Wisata education yang saya jalankan ini lebih murah namun mempunyai dampak dan manfaat yang begitu besar sebagai bagian dari perkembangan proses belajar. Paling tidak akan berpengaruh pada tiga aspek yaitu level aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Apa saja lokasi wisata yang bersifat education tersebut? Mari kita lihat satu persatu.

Perpustakaan atau Taman Bacaan
Pertama adalah Perpustakaan atau taman bacaan. Sebagai seorang pustakawan, saya menjadikan perpustakaan atau taman bacaan sebagai sasaran tempat wisata bagi keluarga yang bersifat murah namun manfaatnya besar yaitu dapat menambah wawasan pengetahuan bagi si anak terutama pada level kognitif. Perpustakaan yang tepat untuk dikunjungi adalah perpustakaan umum karena di dalamnya akan terdapat koleksi khusus anak. Sayangya, seringakali perpustakaan umum di daerah-daerah tidak membuka layanan pada hari libur karena perpustakaan tersebut di kelola dibawah naungan pemda. Oleh sebab itu jika ada perpustakaan umum yang buka pada hari libur itu patut kita syukuri dan ambilah peluang itu dengan mengunjunginya. Disisi lain di daerah tertentu ada perpustakaan atau taman bacaaan yang dibangun atas swadaya masyarakat setempat. Ini juga merupakan peluang yang  tidak boleh anda lewatkan untuk mencoba mengunjunginya.

Perpustakaan Umum Indramayu Saya Selalu Mengajak Anak dan Istri Untuk Membaca Disini
Perpustakaan Umum Indramayu
Saya Selalu Mengajak Anak dan Istri Untuk Membaca Disini

Toko Buku
Kedua, toko buku. Bagi keluarga yang mengalokasikan budget untuk membeli buku, ajaklah kelurga anda dengan mengunjungi toko buku. Namun, jika tidak bisa mengalokasikannya maka solusi yang tepatnya adalah kembali ke perpustakaan karena disana anda akan mendapatkan layanan secara gratis dengan membaca dan meminjamnya. Saya sendiri selalu mengalokasikan anggaran membeli buku untuk anak setiap bulannya.

Saya Selalu Mengajak Anak dan Istri ke Toko Buku Salah satunya di Gramedia
Saya Selalu Mengajak Anak dan Istri ke Toko Buku
Salah satunya di Gramedia

Kebun Binatang
Ketiga, kebun binatang. Sesekali anda bersama keluarga dapat mengunjungi kebun binatang. Alokasikanlah anggaran untuknya. Anak kecil akan sangat senang sekali dengan mengunjungi tempat itu. Apalagi jika di kebun binatang tersebut memiliki koleksi hewan yang lengkap. Anak akan menjadi lebih bersemangat untuk belajar secara langsung. Sebagai contoh jika si anak sebelumnya mengetahui harimau dan buaya hanya melalui buku, maka dengan melihat langsung si anak akan terheran-heran dan merasa puas karena telah menyaksikannya secara nyata.

Istri dan Anak Saya di Kebun Binatang Untuk Belajar Mengenal Berbagai Macam Hewan Unggas
Istri dan Anak Saya di Kebun Binatang
Untuk Belajar Mengenal Berbagai Macam Hewan Unggas
 
Bersama Anak dan Istri, Belajar Mengenal Berbagai Macam Spesies Ikan
Bersama Anak dan Istri, Belajar Mengenal Berbagai Macam Spesies Ikan

Alam Terbuka
Keempat, alam terbuka. Bersyukurlah bagi yang masih tinggal di suasana alam terbuka hijau yang luas. Biasanya di desa-desa yang jauh dari keramaian hiruk-pikuk kota seperti alam pegunungan yang masih asri. Tempat ini bisa menjadi wisata yang asyik dan menarik. Anak akan belajar secara bebas. Ia akan berlari-lari, melompat hingga memanjat pohon. Dewasa ini alam terbuka juga sering digunakan sebagai tempat outbound keluarga yang disewakan. Hal ini juga bisa anda coba. Alam terbuka juga bisa berupa taman buah yang sekarang banyak digunakan sebagai sasaran lokasi berwisata bagi mereka yang mempunyai budget untuk itu.

Saya Bersama Anak dan Istri Meluangkan Waktu Bermain dan Olah Raga di Alam Terbuka
Saya Bersama Anak dan Istri
Meluangkan Waktu Bermain dan Olah Raga di Alam Terbuka
 
Museum dan Lokasi Bersejarah

Terakhir adalah museum dan lokasi bersejarah. Mengunjungi museum atau mengunjungi lokasi bersejarah akan belajar secara langsung bagi si anak. Sebagai contoh jika sebelumnya anak hanya mengetahui sejarah Borobudur melalui sebuah buku atau cerita orang tuanya, maka dengan mengunjunginya si anak akan dapat belajar secara nyata bentuk bangunan tersebut. Tentu ini akan menjadi kepuasan tersendiri bagi si anak. Museum-museum yang mengkoleksi benda-benda benda bersejarah pun bisa anda jadikan perencanaan untuk tempat wisata.  Sayangnya mengunjungi museum atau  tempat bersejarah tentu akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Dari kelima lokasi wisata yang saya tulis diatas, tentunya masih banyak lagi tempat-tempat wisata bersifat education yang dapat direkomendasikan oleh teman-teman semua. Apalagi pengalaman seseorang akan berbeda-beda. Oleh sebab itu, bolehlah jika teman-teman berbagi cerita di kolom komentar blog ini jika tidak keberatan.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lima Lokasi Wisata Education Untuk Anak Anda"