Ngeblog Sebagai Bisnis Sampingan PNS

Advertisement
Bagi PNS pusat, dengan keberadaan tunjangan kinerja (tukin) memang membawa kebahagiaan tersendiri. Saya melihat dikantorku tukin sangat membantu sekali bagi keuangan keluarga para PNS. Setidaknya mereka mendapatkan tambahan yang hampir setara dengan gajinya setiap bulan.

Belakangan, walaupun adanya tukin tidak serta merta semua kebutuhan dapat terpenuhi. tertutama bagi para PNS yang mempunyai banyak tanggungan. Entah tanggungan apa. Yang jelas kalau mengikuti keinginan rasa-rasanya tidak pernah tercukupi. Benar kata kepala kantorku dulu. Sesuaikan dengan kemampuan dan belilah berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Kalau berdasarkan keinginan sudah barang tentu semua inginnya dapat terbeli.

ngeblog di tamanAda yang berdalih, "jangakan berdasarkan keinginan, lha wong berdasarkan kebutuhan saja tidak dapat tercukupi!" Kalau demikian adanya, bagaimana jika kebutuhannya harus didasarkan pada skala prioritas.  Mungkin dengan cara ini dapat memanajemen dengan baik agar lebih terkontrol.  Sementara sembari membuat daftar kebutuhan berdasarkan skala prioritas, alangkah baiknya bila seorang PNS yang belum mempunyai bisnis sampingan, sebaiknya mulai segera memikirkannya.

Nah, saya sebagai seorang blogger sekaligus PNS, menurutku tak ada salahnya bagi teman-teman mulai mencari bisnis sampingan melalui ngeblog. Sebenarnya bukan hanya ngeblog sih, kalau sudah berkaitan dengan bisnis online, tentu ada banyak jenisnya. Sebagai pengetahuan silahkan baca : Internet Marketing dan Jenisnya.

Kenapa saya menyarankan ngeblog? Pertama, berdasarkan pengalaman saya sendiri. Kedua, waktu yang fleksibel sehingga bisa dikerjakan kapan dan dimanapun berada. Ketiga, bisa dikatakan modal minim. Dan terakhir karena ngeblog selain mendapatkan materi juga tentu ada manfaat-manfaat lainya yang bisa dikatakan lebih bernilai daripada uang itu sendiri.

Berdasarkan Pengalaman
Secara prinsip, saya tidak mungkin berani menulis sekaligus merekomendasikan bahwa ngeblog bisa dianggap sebagai bisnis sampingan untuk para PNS. Keberanian menulis ini tentu atas dasar pengalamanku yang sudah saya jalani selama 8 tahun ini. Saya memang belum berhasil seperti para blogger-blogger lain yang hasilnya jauh lebih besar daripada saya. Itupun jika tolak ukur ngbelog diukur dengan besarnya earning. Akan tetapi, esensi saya ngeblog bukan hanya ingin mendapatkan hasil yang benar-benar besar. Namun demikian, berbagi pengetahuan terutama yang berbentuk tacit knowledge ini yang selalu saya coba utamakan. Sehingga pengetahuan-pengetahuan atas dasar pengalaman ini dapat terdokumentasikan ke dalam teks yang lebih terstruktur.

Adalah benar dan saya tidak menampik hasil yang besar dari ngeblog adalah sebuah cita-cita yang diharapakan. Bahkan hingga masuk dalam resolusi 2014 ingin mendapatkan 100 juta/bulan. Apalagi earning besar tersebut masuk dalam rencana untuk persiapan resign PNS. Akan tetapi, belakangan pemikiranku berubah. Sekali lagi saya tekankan, esensinya bukanlah itu. Pada intinya, bisa menghasilkan rutin tiap bulan saja sudah sungguh sebuah rezeki besar yang diberikan oleh Allah, SWT. Intinya jangan lupa syukur atas apa yang diberikan Allah, SWT. Lantas, bagaimana dengan keinginan resign PNSnya? Hingga saat ini masih tetap terjaga dan masih tertanam kuat dalam sanubariku (he..2). Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk eksekusinya.

Waktu Fleksibel
Ngeblog adalah aktivitas menulis yang tidak harus dikerjakan dan diselesaikan pada hari itu juga. Ngeblog bisa dikerjakan kapan dan dimanapun berada (lihat gambar diatas, saya ngeblog bisa dilakukan ditaman sembari menemani anak bermain). Bagi seorang PNS, saya yakin ini bisa dilakukan. Kendala utama biasanya hanya faktor menulis yang belum terbiasa bahkan dianggap suatu hal yang sulit. Dari beberapa teman-teman PNS dikantorku, faktor itulah yang sering dialami. Padahal jika pekerjaan kantor telah selesai, ada waktu banyak yang bisa dikerjakan dibanding hanya sekedar mengobrol, bermain facebook atau sekedar browsing-browsing tanpa tujuan. Akan sangat sayang sekali jika seorang PNS tidak memanfaatkan waktu luangnya untuk ngeblog.

Jika dirasa tidak bisa dilakukan ketika pekerjaan kantor selesai, maka bisa dikerjakan saat ada dirumah setelah pulang kerja. Cukup hanya luangkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk menulis. Jika setelah pulang kerja adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga, maka bisa dilakukan menjelang tidur. Kalau kita ada keinginan kuat, saya yakin ini bisa dilakukan. Agar tidak terbebani, menuliskan dengan tema-tema yang disenangi sehingga semakin semangat ketika merangkai kata-katanya.

Modal Minimal
Dikatakan modal minimal karena memang demikian adanya. Cukup dengan membeli sebuah domain dengan harga kurang lebih seratus ribu rupiah, maka anda sudah mempunyai blog dengan top level domian (TLD). Untuk hostingnya sementara bisa memanfaatkan yang gratis misal Blogger milik Google.  Selain modal uang, apa modal lainya? Niat dan keinginan dalam menulis. Kemudian, tentu saja waktu yang digunakan untuk menulis. Peralatan yang sering digunakan seperti komputer atau laptop dan modem untuk akses interenet. Saya kira khusus untuk peralatan sebagian besar PNS telah memilikinya. Saya anggap tidak ada sesuatu yang ingin dicapai tanpa sebuah pengorbanan.

Bukan Hanya Sekedar Uang
Namanya juga ngeblog sebagai bisnis sampingan, maka tentu tujuan yang ingin dicapai adalah mendapatkan uang. Ada banyak cara ngeblog agar bisa mendapatkan uang mislanya dengan mengikuti program PPC (pay per click). Yang paling terkenal misalnya Google Adsense. Broker iklan lainya mislanya Adstars, Innity, dan masih banyak yang lainya. Bisa juga dengan mengikuti affiliate marketing, atau dengan cara menjual slot banner iklan sendiri. Ini yang paling aman jika memang bisa dilakasanakan karena tidak berhubungan dengan pihak ketiga misalanya pemutusan sepihak atau yang terkenal dengan sebutan banned account. Lebih jauh tantang broker sekali lagi silahkan baca tulisanku tentang jenis-jenis internet marketing. Linknya telah saya tautkan di awal tulisan (paragraf 4).

Sebagai penutup dan sekaligus catatan penting bagi PNS yang ingin menjadi seorang blogger, dalam hal ngeblog bukan hanya sekedar menghasilkan uang lho. Artinya bukan hanya sebagai bisnis sampingan semata. Diatas telah saya singgung berkali-kali bahwa ada yang lebih berharga daripada sekedar uang. Apa itu? yakni pengetahuan seseorang yang telah terdokementasikan dalam bentuk teks yang terstruktur. Dalam istilah menejeman pengetahuan sering disebut sebagai tacit knowledge. Ini yang saya katakan lebih berharga.

Mengapa sangat berharga? Karena pengetahuan berdasarkan pengalaman seseorang yang masih dalam otak manusia itu belumlah bermanfaat bagi orang banyak jika belum disebarkan. Oleh karenanya perlu dituliskan dalam teks yang lebih terstruktur sehingga akan lebih cepat desiminasinya kepada khalayak luas. Lagipula seperti yang telah saya katakan pada salah satu artikelku diblog ini, yakni tulisan diblog itu merupakan sebuah investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: Jadikan Tulisan di Blogmu Investasi.

Jika ngeblog bisa dilakukan oleh PNS yang ada diseluruh Indonesia, saya jadi berkhayal ada banyak informasi dan pengetahuan penting yang berharga bagi para PNS itu sendiri selain daripada hanya sekedar bisnis sampingan.  Bagaimana dengan kawan-kawan PNS lainnya? Ya, kamu PNS yang masih mengeluh dengan uang. (he..2). Tertarik untuk ngeblog sebagai bisnis sampingan?

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ngeblog Sebagai Bisnis Sampingan PNS"

riyadin kanba mengatakan...

Saya tertarik sekali dengan tulisan anda, pengen banget punya blog sendiri. apalagi sekarang saya memiliki waktu yang sangat luas. tapi bingung mulai dari mana... :)