Pentingnya Apresiasi, Jangan Remehkan!

Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita tidak sadar dengan satu hal yang sangat penting, bahkan abai. Apa itu? APRESIASI. Ya, APRESIASI.

Tidak sedikit yang meremehkan apresiasi khususnya untuk orang-orang di sekeliling kita. Tak peduli Anda itu pimpinan, manajer, karyawan biasa, orang tua, teman dan lain sebagainya, maka apreasiasi adalah sebuah kata yang mudah diucap, tapi seperti berat untuk di praktikkan. 

team work

Seberapa penting sebuah apresiasi itu bisa bermakna bagi orang lain? Pasti sangat penting.  Kita ambil contoh di sekeliling kita misalnya pada seorang anak kecil yang sedang menggambar. Lalu, hasil gambarnya diberitahukanlah kepada orang tua. Apa respon orang tua? Senangkah, biasa, atau acuh? Anda pasti bisa menebak. Jika senang dan memberi kata-kata yang indah, kata-kata bijak penuh motivasi. Si anak pasti merasa senang dan dia akan bersemangat lagi untuk berkarya kembali. Jika sebaliknya, apa yang akan terjadi? Sekali lagi, Anda pasti bisa menebak. 

Seperti itulah, kira-kira contoh pentingnya apresiasi untuk orang-orang di sekeliling kita. Apresiasi bukan sekedar memberi penghargaan berupa uang, hadiah, dan sejenisnya, tapi cukup dengan kata-kata yang positif akan membuat perubahan berkelanjutan yang lebih baik. 

Baca juga:

Kasus lain misalnya pada team work yang sudah bekerja bersama-sama secara maksimal. Ketika dalam prosesnya berjalan lancar dan sukses dengan hasil yang memuaskan, lalu ketua team tersebut abai terhadap apresiasi kepada rekan-rekannya, maka apa yang terjadi? Kekecewaan bisa terjadi kendati tidak diungkapkan secara langsung. Selanjutnya, akan menjadi bahan obrolan meluas yang tak terkendali. Obrolan negatif tentunya.

Celoteh lain tentang pentingnya apresiasi juga bisa Anda simak dalam vlog saya berikut ini:

Sebagai kesimpulan, ingat pentingnya apresiasi, jangan remehkan!

Komentar