9 Bulan Masih Menunggu Nasib Naskah di Perpusnas Press

Ok, tanggal 4 November 2022, saya mengirimkan naskah ke Perpusnas Press (baca: Mengirim Naskah Buku ke Perpusnas Press). Sampai sekarang, 16 Juli 2023, belum ada kejelasan diterima atau ditolak. 

Saya cek di web sistem web publishing Perpusnas Press, masih belum terkonfirmasi. Entah, kapan ada kabarnya. 

Perpusnas Press

Saya sudah pernah sih menghubungi salah satu tim Perpusnas Press terkait naskah yang saya kirim sekitar bulan Februari 2023 alias 6 bulan yang lalu. Jawabannya, mohon menunggu. Katanya nanti dikabari. Ok, tak mengapa. Saya ikuti alur saja. 

Nah, terkait hal tersebut, menurut hemat saya ada beberapa masukan untuk sistem web publishing Perpusnas Press. Pertama, sepertinya harus ada surat jawaban klarifikasi bahwa naskah sudah diterima dan akan di review. Di surat tersebut juga idealnya harus diinformasikan untuk perkiraan lamanya review hingga diterbitkan (jika itu diterima). Jadi, nanti ada kejelasan. Kenapa demikian? Karena kalau memang misalnya dalam jangka waktu 3 bulan, langsung ada informasi keputusan diterima atau ditolak, maka masih ada kesempatan misalnya dikirim ke penerbit lain. Jadi, tidak menunggu waktu lama. 

Baca Juga:

Kedua, database penulis. Sepertinya pada menu link penulis harus lebih lengkap lagi. Saya melihat masih ada satu penulis saja. Padahal, ini penting untuk potensi jejaring antar penulis. 

Sementara dua itu dulu. Yang jelas, surat jawaban naskah sudah diterima/ditolak itu sangat penting agar penulis tidak menunggu terlalu lama. Semoga secepatnya ada kabar nasib naskah yang saya kirimkan ke Perpusnas Press. 

Saya percaya mungkin karena banyak naskah yang masuk, jadi tim Perpusnas Press masih terus berproses untuk memilah dan memilih layak atau tidaknya suatu naskah yang akan diterbitkan. Semoga berjalan lancar.

Salam,

Penulis Buku Mudah Membuat dan Mengelola Kliping Digital dengan Web Clipper

Komentar