Maju Terus SiPena, Pustakawan Ayo Terbitkan Buku di Perpusnas Press

Saya pribadi mengapresiasi dengan adanya SiPena. Apa itu SiPena? SiPena adalah sistem informasi penerbitan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). SiPena, lebih jelasnya disebut Perpusnas Press. Berdiri tahun 2019 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 167 Tahun 2019 tentang Pembentukan Penerbit Perpustakaan Nasional dan Tim Penerbit Perpustakaan Nasional.

Di official websitenya, Perpusnas Press memiliki tugas dalam menerbitkan karya tulis dan publikasi di bidang perpustakaan dan kepustakawanan. Kegiatan penerbitan ini bukan hanya di lingkungan Perpusnas sendiri, melainkan untuk seluruh perpustakaan dan kepustakawanan di Indonesia. Wah, jadi ada peluang terbuka untuk para pustakawan yang ingin menerbitkan buku dibidang kepustakawanan melalui Perpusnas Press ini.

Sipena

Bagaimana caranya kalau ada pustakawan yang tertarik ingin menerbitkan buku? Di laman websitenya begitu jelas tertera mulai dari prosedur dan standarnya. Berikut alurnya, saya ambil gambarnya dari laman website Perpusnas Press:

prosedur penerbitan

standar penerbitan

Maju terus buat SiPena, pustakawan ayo terbitkan buku di Perpusnas Press. Ok, buat teman-teman pustakawan yang tertarik silakan langsung kunjungi websitenya ya di https://press.perpusnas.go.id

Oh iya, teman-teman pustakawan juga bisa mengunduh berbagai ebook loh. Ada juga pedoman/standar dibidang perpustakaan, laporan, prosiding, dan majalah. 

Komentar