Rapat Koordinasi Teknis Perpustakaan Khusus 2023 | Hari Pertama 13 Maret 2023

Ya, hari ini saya diberi amanat untuk mengikuti rapat koordinasi teknis perpustakaan khusus. Rapat ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional. Ok, langsung saja. Apa tujuan dari rapat tersebut? Konon katanya untuk menghasilkan rekomendasi dalam manajemen perpustakaan khusus di Indonesia. Tentunya rekomendasi yang ideal.

Rapat Koordinasi Teknis Perpustakaan Khusus

Sebagai informasi, rapat dilakukan dengan metode pembentukan komisi. Ada tiga komisi, yakni komisi repositori perpustakaan khusus, komisi penataan lembaga perpustakaan khusus di Indonesia dan komisi akreditasi perpustakaan khusus. 

Di awal sebelum rapat antar komisi, ada banyak narasumber untuk berbagi pengetahuan di antaranya dari BRIN, Kementerian Pertanian, Kementerian PAN RB, Kemendikbud Ristek dan dari Perpustakaan Nasional itu sendiri. Untuk tema-tema dari narasumber sebagai berikut:

  • Repositori Ilmiah Nasional Dalam Mendukung Visibilitas Hasil Riset di Indonesia.
  • Kelembagaan Perpustakaan Khusus. 
  • Penataan Kelembagaan Perpustakaan Khusus Indonesia.
  • Strategi dalam Menghadapi Akreditasi Perpustakaan di Indonesia.
  • Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan.
Semua materi bisa di unduh di sini. 

Dari semua materi tersebut, secara pribadi saya menyoroti terkait akreditasi perpustakaan khusus. Alhamdulillah, saya sempat bertanya mengeluarkan unek-unek ke beberapa narasumber misalnya mohon ceritakan pengalaman yang "wah" impak berharga dari akreditasi tersebut, baik untuk organisasi maupun pegawai karena kalau dilihat dari enam manfaat akreditasi yang sudah dibahas, sepertinya beberapa di antaranya bisa berjalan ideal tanpa harus akreditasi.

Sampai sekarang, kalau boleh jujur, perpustakaan tempat saya bekerja masih belum tertarik untuk melakukan akreditasi (yang ini, jangan ditiru, karena berjalan di atas idealisme pribadi saja). Buat yang mau unduh pedoman akreditasi dari Perpusnas baca di sini. Menyoal akreditasi perpustakaan, mungkin akan sangat berpengaruh bagi organisasi untuk perpustakaan perguruan tinggi dan sekolah. Mungkin loh ya.

Bagaimana dengan hasil rapat antar komisi? Next, akan saya posting selanjutnya karena hingga sekarang masih proses rapat. Hasil rekomendasi masih dalam pembahasan.

Proses rapat komisi

Oh iya, saya jadi ingat, hasil rapat rekomendasi tahun lalu bagaimana kabarnya? 

Komentar