Aktivitas Menulis dan Hadirnya ChatGPT

ChatGPT, saya anggap teman-teman sudah tahu dengan aplikasi kecerdasan buatan tersebut. Ok, saya langsung ke pokok bahasan saja. Dengan hadirnya ChatGPT, lantas bagaimana dengan aktivitas menulis pada umat manusia? Berhentikah? Atau apa?

Hemat saya menulis akan tetap ada hingga kapan pun. Saya tetap berprinsip, menulis itu akan selalu tetap ada. Tradisi menulis itu sudah dilakukan ribuan tahun lalu, hingga sekarang dan yang akan datang akan tetap ada. Medianya boleh berubah, tapi tidak dengan tradisinya. Kehadiran ChatGPT bukan berarti mengganti aktivitas menulis manusia, tetapi sebagai aplikasi yang bisa membantu dalam melancarkan proses menulis kita.

ChatGPT tidak akan bisa menggantikan pikiran alamiah manusia. Lagi pula, menulis itu soal rasa, soal pikiran manusia itu sendiri. Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya pikiran manusia akan terkungkung, tak imajinatif, tertekan jika tidak menuliskan dengan apa yang dirasakannya. Apalagi, jika menulis itu merupakan terapi otak manusia misalnya dalam proses penyembuhan. Mungkin kita bisa melihat bagaimana seorang Habibie dalam bukunya Habibie dan Ainun. Dikatakan, dalam buku tersebut hasil goresan kata-katanya merupakan terapi pikiran sehingga akan lebih merasa "plong" jika dituliskan dengan rangkaian kata-kata. Dengan kata lain, dalam proses menulis tersebut sangat berpengaruh secara psikis atau kejiwaan seseorang.

ChatGPT hanyalah aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung aktivitas menulis sehingga lebih mudah dan cepat. ChatGPT bisa menjadi rujukan untuk informasi cepat yang kita perlukan walaupun hingga sekarang ketika memanfaatkan ChatGPT, harus tetap menyortir dengan hasilnya karena apa yang ditawarkan itu, untuk beberapa tema jawabannya masih ada beberapa kesalahan. 

Ke depan saya percaya hasil ChatGPT memang akan semakin baik. Tidak hanya itu, pastinya akan ada banyak ChatGPT-ChatGPT lainnya yang bermunculan. Jadi, dengan kondisi tersebut, apa yang terpikirkan oleh teman-teman jika dikaitkan dengan aktivitas menulis manusia? 

Ok, sebagai penutup, mungkin jawaban dari ChatGPT ini bisa menjadi renungan. Saya ajukan pertanyaan dan hasilnya tanggal 14 Maret 2023 (08.31).

ChatGPT

Salam,

Penulis Buku Mudah Membuat dan Mengelola Kliping Digital dengan Web Clipper

Komentar