Motivasi Ngeblog ala Lebah

Advertisement
Alhamdulillah, dua hari yang lalu acara workshop literasi yang diadakan Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berjalan lancar. Kurang lebih ada sekitar 15 orang yang hadir termasuk adik-adik pelajar, kepala perpustakaan dan beberapa guru serta wakil kepala sekolah.

Workshop yang diadakan kali ini sebenarnya bukan bersifat teknis, melainkan lebih ke arah memotivasi para siswa agar tergerak untuk membaca dan tentu saja menulis. Media yang digunakan untuk menulis adalah blog. Kebetulan program ngeblog untuk siswa ini dianjurkan guna untuk mengasah keterampilan menulis.
Pembukaan, sambutan oleh Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiiyah 1 Yogyakarta
Pembukaan: Sambutan oleh Kepala Perpustakaan SMA Muhammadiiyah 1 Yogyakarta
Di era sekarang blog idealnya menjadi media yang tidak kalah dengan jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lainya yang bisa digunakan lebih bermanfaat karena menyangkut aktivitas belajar dan mengajar di sekolah. Kendati memang kenyataanya pemanfaatan blog masih kalah jauh dengan pemanfaatan situs jejaring sosial, akan tetapi saya mempunyai harapan besar di masa yang akan datang blog akan tetap bisa dimanfaatkan terutama oleh para palajar sebagai media yang lebih postitif khususnya dalam aktivitas menulis.
Memaparkan motivasi ngeblog ala lebah
Saya sedang memaparkan motivasi ngeblog ala lebah
Memaparkan motivasi ngeblog ala lebah
Saya sedang memaparkan motivasi ngeblog ala lebah
Tema yang saya ambil dalam workshop literasi tersebut adalah "Motivasi Ngeblog ala Lebah". Saya terinspirasi dengan tema tersebut karena tiba-tiba teringat dengan sebuah madu yang bisa dimanfaatkan untuk daya tahan tubuh bahkan hingga mengobati beberapa penyakit manusia. Lebah sebagai hewan penghasil madu ini juga membuat saya terkagum-kagum karena dihasilkan oleh hewan yang memiliki sifat-sifat baik. Menariknya lagi hewan penghasil madu itu tersirat salah satu surat yang ada dalam Al-Quran.
Para siswa SMA yang mengikuti workshop literasi
Para siswa SMA yang mengikuti workshop literasi
Motivasi ngeblog ala lebah yang saya maksud adalah aktivitas menulis di blog yang dilakukan dengan prinsip-prinsip dasar kebermanfaatan sebuah tulisan untuk orang lain khususnya para pembacanya. Prinsip dasar ini adalah bersandar pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni (dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289) bahwa "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain". Bertitik tolak dari itu saya mengajak kepada para pelajar agar memulai menulis dengan dasar itu.

Komunikasi Lisan dan Tertulis
Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita tidak bisa dihindarkan dengan aktivitas berkomunikasi. Lazimnya ada dua hal, yakni komunikasi secara lisan dan tertulis. Idealnya bagi seorang pelajar, dua komunikasi itu bisa dilakukan secara baik khususnya pada komunikasi tertulis. Komunikasi tertulis ini mempunyai kelebihan yang tidak bisa diremehkan karena antara komunikasi lisan dan terulis, maka menulis lebih berumur panjang karena bisa dibaca untuk generasi mendatang. Disisi lain tulisan-tulisan yang telah dibuat itu, selama bermanfaat untuk orang lain, maka akan menjadi ladang amal jariyah kelak ketika sudah tiada. Berbeda dengan lisan, mungkin hari itu bisa diingat, akan tetapi dalam jangka panjang akan hilang ditelan waktu, entah karena lupa atau juga karena memang tidak terdokumentasikan sehingga orang lain tidak bisa membacanya.

Banyak media yang bisa digunakan untuk aktivitas menulis. Salah satunya yang bisa menjadi alternatif di era informasi ini adalah blog (baca: Pengertian blog, blogger dan ngeblog). Ada beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan. Pertama, jangkauan pembaca lebih luas sehingga bisa dibaca oleh orang-orang dibelahan dunia manapun. Kedua, mudah diakses tanpa terbatasi ruang dan waktu. Kapanpun dan dimanapun pembaca bisa menikmati tulisan dari blog sepanjang adanya jaringan internet.

Sejatinya ketika kita menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain melalui sebuah tulisan, maka pada dasarnya kita sedang berbuat baik untuk diri sendiri. Hal ini tersirat dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 7 yang berbunyi:
"Jika kamu berbuat kebaikan, maka sesungguhnya kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu untuk dirimu sendiri".

Manfaat Ngeblog Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain
Berdasarkan itu, sudah selayaknya kita sebagai umat muslim ketika ngeblog dengan membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang lain, maka pada dasarnya itu sebuah kebaikan untuk diri sendiri. Apa saja manfaat kebaikan yang diperoleh dari aktivitas ngeblog? Kurang lebih saya melistnya menjadi 10 manfaat entah untuk diri sendiri maupun orang lain. Berikut diantaranya:
  • Untuk kesehatan: Banyak penelitian menunjukan ternyata menulis bisa menjadi terapi kesehatan
  • Provider informasi: Yuk, jadi provider informasi yang benar dan jujur untuk berbagi kepada yang lain
  • Personal branding: Tidak sedikit orang-orang sukses menggunakan blog sebagai personal branding mereka terkait spesialisasi keahliannya.
  • Menambah pengetahuan: Ini yang penting, kita tahu bagi penulis dan pembaca blog akan sama-sama memperoleh pengetahuan karena aktivitas membaca. 
  • Mengasah keterampilan menulis: Tidak ada orang mahir menulis kecuali dengan terus berlatih menulis
  • Melatih mind maping: Menulis di blog secara rutin, setidaknya dapat melatih pemetaan pikiran secara cepat
  • Dokumentasi: Manfaat ini akan dirasa untuk masa yang akan datang
  • Melatih analisis dan berpikir kritis
  • Menghasilkan uang (ekonomi): Saat ini banyak orang-orang mendapatkan penghasilan dari ngeblog bahkan hingga menjadi pekerjaan utama.
  • Menambah teman (sosial): Tidak bisa diragukan lagi menulis di blog misalnya dengan berbagi informasi, ide dan gagasan bisa menambah pertemanan apalagi tema tulisannya sedang dicari oleh si pembaca. Oleh karenanya, tidak jarang pada akhirnya berkomentar dan menghubungi lebih lanjut untuk berdiskusi.
  • Sarana dakwah (religi): Blog sebagai sarana dakwah bisa dibaca sedikit ulasannya disini: Dakwah Melalui Media Teknologi 
Manfaat-manfaat diatas adalah bentuk kebaikan-kebaikan yang pada intinya bukan hanya untuk orang lain tetapi juga untuk diri sendiri. Oleh karena itu, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana ngeblog yang bermanfaat itu? Inilah yang saya maksudkan motivasi ngeblog ala lebah, yakni aktivitas menulis di blog dengan meniru sifat-sifat lebah. Apa saja? Berikut uraiannya:

Motivasi Ngeblog Bermanfaat ala Lebah
Pertama, lebah itu meghasilkan madu yang dapat mengobati berbagai macam penyakit. Jika saya analogikan dalam dunia ngeblog, madu diibaratkan sebuah tulisan seseorang. Mari, kita berkarya dengan menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain layaknya sebuah madu. Tulisan yang kita buat setidaknya mengandung manfaat misalnya memberikan inspirasi ide atau gagasan, memberikan pencerahan kepada orang lain, memberikan spirit atau motivasi dan lain sebagainya.

Kedua, lebah itu cinta kebersihan. Saya analogikan kembali pada dunia ngeblog ketika menulis hendaknya kita buat tulisan yang mengandung kebenaran bukan tulisan yang banyak mengandung kebohongan, fitnah, hoax dan sejenisnya yang bisa membuat para para pembaca terprovokasi. Mari menulis sesuatu yang bernilai kebaikan untuk para pembaca. Banyak tema-tema positif yang bisa dijadikan tulisan layak baca.

Ketiga, lebah itu pekerja keras. Ia bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Yuk, ketika ngeblog jaga semangat untuk terus menulis. Jangan mudah menyerah karena alasan-lasan yang terlalu banyak dibuat-buat. Fokus dan konsisiten itu kuncinya.

Keempat, lebah itu seekor hewan yang memiliki perencanaan yang matang khususnya ketika membuat sarang. Mari, ketika ngeblog kita buat perencanaan yang mantap. Tetapkan niat dan tujuan secara jelas. Nikmatilah setiap prosesnya ketika menulis. Ini bisa menjadi spirit tersendiri agar tetap terus konsisten menulis dalam jangka panjang.

Kelima, tidak merusak.Ini artinya, mari kita buat tulisan yang tidak membuat kontraversi. Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini banyak bertebaran di internet tulisa-tulisan yang prvokatif. Hindari membuat tulisan yang dapat menyinggung perasaan orang lain. Alangkah lebih baiknya jika kita tidak membuat tulisan yang tidak membuat keruh suasana.

Keenam, lebah itu hewan yang suka bekerja sama selain pekerja keras. Dalam aktivitas ngeblog juga demikian. Bekerjasama adalah mutlak dilakukan mengingat dengan bekerja sama kita akan banyak sisi positif yang diperoleh misalnya berbagai ide dan gagasan menulis, saling memberi masukkan bahkan hingga saling memberikan referensi antar blogger.

Negblog Kandas di Tengah Jalan
Dalam kenyataanya, aktivitas ngeblog ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak orang-orang yang ngeblog kandas di tengah jalan. Ada banyak alasan yang membuat itu menjadi kandas. Berdasarkan pengalaman pribadi dan kawan-kawan blogger beberapa alasan tersebut sebagai berikut:
  • Niat kurang mengakar kuat
  • Tujan tidak jelas
  • Tidak bisa menulis
  • Tumpulnya ide
  • Kurang percaya diri
  • Terlalu fokus hasil daripada proses
  • Tidak ada waktu
  • Merasa tidak ada yang membaca (psimis)
  • Kurang membaca
  • Terlalu memikirkan teknis ngeblog
Alasan-alasan diatas tentu saja karena faktor individu baik internal maupun eksternal. Sejatinya mempelajari teknis ngeblog itu penting, tapi lebih penting lagi bagaimana agar motivasi ngeblog bisa terus terpelihara sehingga bisa menulis berkelanjutan (baca: Membuat blog lebih mudah daripada ngeblog)

Tips dan Beberapa Ide Menulis di Blog
Oleh karena itu, agar bisa menulis berkelanjutan, maka saya pribadi mempunyai tips agar bisa ngeblog bertahan lama diantaranya sebagai berikut:
  • Tentukan tujuan (fokus & konsisten)
  • Tema disenangi
  • Jangan terpaksa
  • Pikirkan manfaat (Apa Manfaat Bagi Orang Lain)
  • Banyak MEMBACA (banyak ide)
Beberapa tips diatas, pernah saya tulis disini (baca: Semangat Menulis! Itu yang Paling Penting Bagi Blogger Bisnis)

Sementara itu beberapa ide menulis di blog yang bisa dicoba diantaranya sebagai berikut:
  • Lingkungan sekitar
  • Hobi
  • Hari penting
  • Facebook: Apa yang anda pikirkan? status teman (positif)
  • Foto: Keindahan alam, unik, aneh, lucu
  • Istilah-istilah asing
  • Pengalaman hidup
  • Tugas-tugas sekolah
  • dll
Tips diatas juga pernah saya tulis di blog ini. Silahkan baca: Menulis

Rahasia Bisa Menulis
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah dalam hal menulis sejatinya hanya ada satu tips khusus yang dijamin bisa berhasil. Apa itu? Yaitu latihan terus menulis tanpa bosan. Dua kata bijak dari penulis terkenal ini barangkali bisa menjadi renungan buat siapa saja yang ingin bisa menulis. Berikut kata bijaknya:
Menulis itu seperti bermain kungfu, anda tidak akan pernah menjadi jago kungfu meski seumur hidup memonton Jacky Chan atau Jet Lee, tanpa berlatih kungfu (Helvy Tiana Rosa) 
Tidak ada resep yang paling baik untuk menjadi penulis, kecuali dengan menulis sekarang juga (Mohammad Fauzil Adhim)
Dua kata bijak diatas begitu jelas tersirat bahwa sejatinya rahasia bisa menulis itu adalah latihan menulis. Dalam blog ini saya juga pernah menuliskannya latihan menulis bisa dipraktekan dengan strategi 3 kata yang saya baca dari bukunya Moh.Mursyid. Silahkan baca disini: Trik Lancar Menulis Dengan Strategi 3 Kata.

Hati-Hati Menulis di Blog
Penting untuk diperhatikan juga ketika melakuan aktivitas ngeblog, yakni agar berhati-hati ketika menulis. Mengapa demikian? Karena segala hal prilaku kita ketika menggunakan internet sudah diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik No.11 tahun 2008 yang baru saja di revisi sebulan lalu menjadi No.19 Tahun 2016. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai tulisan kita mengandung konten yang bisa dianggap melakukan perbuatan pencemaran nama baik, fitnah, mengandung SARA, pornografi dan sejenisnya. Oleh karena itu, dasar ngeblog itu sebaiknya kita kembalikan pada faktor kemanfaatan seperti yang telah disinggung diawal tulisan ini. Untuk lebih jelasnya silahkan baca UU ITE tersebut sebagai pengetahuan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diharapkan.

Sebuah Renungan
Sebagai penutup, kiranya penting dua kata bijak dari ulama besar dan khalifah Islam sekaligus sepupu Rosul dibawah ini sebagai bahan renungan (kontemplasi) untuk kita semua terkait dengan aktivitas menulis yaitu:
Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah! (Imam Al-Ghazali) 
Semua penulis akan meninggal. Hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti (Ali bin Abi Thalib)
Semoga dua kata bijak diatas cukup menjadi motivasi kita untuk siapa saja yang ingin ngeblog ala lebah yang lebih bermanfaat dan bermakna. Masih ragu menulis di blog? Yuk ngeblog...

Buat kawan-kawan yang ingin slide presentasi Motivasi Ngeblog ala Lebah, maka bisa dibaca atau download dibawah ini:

Motivasi Ngeblog ala Lebah from muradmaulana

Kedepan Insya Allah, silde presentasi diatas ingin saya buat versi e-booknya yang lebih lengkap.

Referensi:
Al-Qur'an
muslimah.or.id

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Motivasi Ngeblog ala Lebah"