Ngeblog: Bisnis Sampingan Ideal Dengan Modal Minimal Untuk Mahasiswa

Advertisement
Lima belas tahun yang lalu ketika saya masih aktif sebagai mahasiswa diploma di Jogja, saya selalu mencari pekerjaan sampingan untuk menambah biaya hidup sehari-hari. Yah, sekaligus meringankan beban orang tua. Dua pekerjaan yang saya lakukan adalah part time di koperasi mahasiswa dan penjaga rental komik (baca: Kerja Sampingan Mahasiswa: Pengalaman Tempo Dulu). Selain bekerja, saya juga berdagang kendati hanya bersifat musiman. Nah, sekarang jika dikaitkan dengan adanya internet yang semakin terus berkembang maka, ada kemungkinan saat itu saya tidak mencari pekerjaan melainkan menjalankan bisnis sampingan sendiri misalnya membuat toko online atau ngeblog. Terkait itu, bagi mahasiswa yang ingin mencari bisnis sampingan yang ideal, maka internet adalah salah satu solusinya. Kenapa dibilang ideal? Pertama, karena modal yang minimal. Kedua, fleksibel atau bisa menyesuaikan dengan waktu kuliah, dan ketiga, hasil yang maksimal. Khusus dalam tulisan ini saya hanya akan memfokuskan pada pembahasan tentang bisnis sampingan ngeblog. Untuk toko online, insya Allah akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Ngeblog: Bisnis Sampingan Ideal Untuk Mahasiswa
1.Modal Minimal
Apa kira-kira yang terbesit dalam benak pikiran mahasiswa ketika dihadapkan sebuah bisnis sampingan? Modal uangkah, niat, ide atau bahkan prakteknya yang lebih penting? Yang jelas kita sepakat modal dalam pengetian yang luas adalah semua yang disebutkan itu. Artinya kita perlu uang walaupun ini tidak semuanya, tapi paling tidak bisa diminimalisir. Kemudian kita juga perlu niat, ide kreatif dan tentu saja implementasi dilapangan.

Sering orang bilang bahwa ketika memulai suatu bisnis itu bisa dilakukan dengan modal dengkul. Secara denotatif makna tersebut bisa diartikan tanpa mengeluarkan uang seperserpun. Namun demikian, fakta dilapangan kita tidak bisa sama sekali seperti itu. Yang ada ketika dalam menjalankan bisnis sampingan itu adalah bagaimana caranya antara modal dan resiko itu bisa diminimalisir.

Dalam ngeblog jika diuraikan secara detail modal utama yang berkaitan dengan pengeluaran uang diantaranya akses internet, pembelian domain dan hosting serta peralatan utama misalnya laptop / notebook. Untuk meminimalisir itu, sebenarnya sangat mudah. Akses internet secara gratis bisa didapatkan dengan mudah misalnya di perpustakaan. Sedangkan untuk domain bisa membelinya dengan harga yang relatif murah. Umumnya setahun hanya berkisar seratus ribu rupiah untuk domain berextension dot com. Walaupun ada juga yang lebih murah misal dot info. Bagaimana dengan hosting? Sementara bisa memanfaatkan blogger milik Google yang dicustom dengan domain yang akan kita beli itu. Untuk notebook / laptop saya kira ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau pula.

Fokus selanjutnya adalah pada implementasi dilapangan ketika ngeblog. Apa yang perlu dilakukan? Menulis. Itu saja. Bagi mahasiswa yang belum terbiasa menulis, mulai sekarang berlatihlah karena dengan menulis diblog itu sejatinya bisa mendapatkan uang. Menulis di blog itu merupakan bisnis sampingan buat mahasiswa yang hanya mengeluarkan modal minimal. Keberhasilan dalam menggeluti bisnis sampingan ngeblog adalah tekun, fokus dan sabar. Diblog ini saya sering membahas tentang tips menulis di blog hingga motivasi-motivasi untuk ngeblog (baca: Blog & Menulis). Menurut hemat saya, menulis diblog itu adalah yang paling mudah diantara menulis di media lain semacam buku, koran atau majalah bahkan jurnal.

Bagi mahasiswa yang belum tahu tentang ngeblog bisa menghasilkan uang, mungkin akan bertanya darimana uang didapatkan ketika menulis diblog itu? Banyak. Contoh yang mudah adalah dengan mengikuti program pay per click (PPC) semacam Google Adsense. Secara ringkas, uang yang kita dapatkan dari menulis blog itu berasal dari sponsor iklan dan kita mengikut sertakankan blog kita pada broker iklan. Sebenarnya ada banyak broker iklan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain mengikuti program PPC, secara mandiri juga kita bisa menjual slot banner sendiri diblog kita. Agar lebih jelas silahkan baca: Internet Marketing dan Jenisnya.

2. Fleksibel
Ngeblog itu bisa menyesuaikan waktu sehingga bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun berada. Selain itu juga tidak menggangu waktu utama untuk kuliah. Pekerjaan rutin ngeblog itu menulis. Apa yang harus ditulis? Bisa diawali dengan tema tulisan yang disenangi agar bisa terus termotivasi sehingga ada keteraturan kita melakukan posting. Berbeda dengan bekerja yang waktunya sudah ditentukan, maka ngeblog itu lebih bersifat fleksibel. Ketika jadwal kuliah padat, maka kita bisa mengerjakan tulisannya itu nanti ketika senggang. Saya kira ngeblog bisa dikatakan sebuah bisnis sampingan yang benar-benar ideal karena tidak terikat dengan jadwal pasti. Namun demikian, dengan waktu yang lebih fleksibel ini jangan sampai kita terlena sehingga menyebabkan menulis diblog itu menjadi disepelekan karena sejatinya dalam ngeblog juga sama dengan bisnis lain yaitu perlu ketekunan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Secara singkat dapat dikatakan hasil yang diperoleh dalam ngeblog itu akan tergantung seberapa besar usaha yang kita lakukan.

3. Hasil Maksimal 
Harapan terbesar bagi setiap orang yang menjalankan bisnis sampingan itu adalah akan memperoleh hasil yang maksimal. Ngeblog adalah salah satu cara yang memungkinkan akan memperoleh pendapatan sesuai dengan yang diharapkan itu. Banyak fakta diluar sana, mereka para blogger yang mendapatkan kesuksesan dari segi pendapatan yang cukup besar. Bahkan hingga ada yang menghasilkan diatas gaji menteri perbulannya. Sehingga ngeblog bagi sebagian orang bukan hanya dijadikan sebagai bisnis sampingan melainkan sebuah pekerjaan utama.

Tulisan singkat ini hanyalah sebagai pembuka awal buat para mahasiswa yang ingin mencari bisnis sampingan ideal dengan tiga kriteria diatas. Jika ada yang tertarik dan ingin menggelutinya secara serius, silahkan dari sekarang mulai banyak membaca tentang aktivitas ngeblog yang bisa menghasilkan uang melalui internet. Sebagai tambahan referensi silahkan baca pengalaman saya mendapatkan uang dari internet salah satunya dengan ngeblog (baca: Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet).

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ngeblog: Bisnis Sampingan Ideal Dengan Modal Minimal Untuk Mahasiswa"