Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet?

Advertisement
Mencari uang di internet itu memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena saya memang sudah tahu alurnya dan Alhamdulillh hingga saat ini masih rutin untuk mendapatkannya. Sedangkan susahnya adalah mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya ke website atau blog yang memang sengaja telah saya desain untuk mencari uang via internet namun seringkali terjadi penurunan sehingga harus mencari solusinya secepat mungkin.

Menurut hemat saya, uang di internet itu seperti terlihat dalam etalase kaca. Saya hanya bisa memandang banyak tempukan uang namun hanya bisa melihat tanpa bisa memegang bahkan untuk memilikinya. Oleh karena itu, bagaimana caranya uang dalam etalase itu bisa saya peroleh dengan mudah? Maka, cara jitunya adalah dengan menemukan kunci dan membuka gembok etalase kaca tersebut.

Begitu pula dengan mencari uang di internet, kita harus mempunyai kuncinya dengan cara mempelajari tips dan trik mudah untuk memperolehnya. Lantas bagaimana dan apa yang perlu dilakukan? Sebagai permulaan awal silahkan baca artikel saya disini: Mengenal Internet Marketing dan Jenisnya.

Jadi, mencari uang melalui internet itu bisa dinamakan dengan istilah internet marketing. Dalam istilah tersebut terdiri dari beberapa jenis seperti PPC, PPS, PTR, PPI, menjual produk sendiri dan menjual jasa. Diantara semua itu, berdasarkan pengalamanku ada tiga jenis atau cara yang sudah saya lakukan hingga sekarang yakni, PPC, menjual produk dan jasa.

Blog dan PPC (Pay Per Click)
Cara pertama adalah ngeblog dengan PPC. Untuk mengetahui istilah ngeblog silahkan baca disini: Pengertian Blog, Blogger dan Ngeblog. Sedangkan PPC atau pay per click adalah program dari perusahaan periklanan yang membayar para publisher dengan menghitung jumlah klik dan harga yang disesuaikan dengan si pemasang iklan. Kadangkala disesuaikan juga dengan jumlah impresi website / blog yang dikunjungi.  Program ini sudah saya jalani sekitar 8 tahun. Untuk mengikuti program ini maka, syarat pertama adalah harus mempunyai blog atau website. Beberapa perusahaan periklanan yang sudah saya coba adalah Google Adsense, Chitika, Infolinks, Adstract dan TLVMedia. Semuanya itu berasal dari luar negeri. Bagi yang ingin mencobanya setiap perusahaan periklanan itu memiliki syarat yang berbeda-beda. Sebagai contoh misalnya yang paling terkenal adalah Google Adsense. Program ini sudah mendukung bahasa Indonesia. Jadi, bagi teman-teman yang ingin mencobanya, mulai saat ini silahkan belajar bagaimana cara membuat dan menulis di blog. Pengetahuan teknis lainya adalah tentang domain dan hosting. Untuk sekarang mendaftar Google Adsense itu harus memanfaatkan top level domain (TLD) atau domain berbayar. Secara singkat berikut tahapan untuk mengikuti program periklanan Google Adsense:
  • Buat blog dengan tema sesuai yang disukai misal berdasarkan hobi. Membuat blog bisa dengan membeli domain dan menyewa hosting sendiri atau dengan memanfaatkan blogger milik Google untuk kemudian baru mengcustom domain bawaan blogspot menjadi menjadi TLD (misal www.domainanda.blogspot.com menjadi www.domainanda.com).
  • Posting artikel minimal satu hari satu artikel. Perlu diingat harus tulisan sendiri bukan hasil copi paste! Silahkan baca disini mengenai tips menulis artikel diblog: Tips Mencari Ide atau Inspirasi Untuk Menulis di Blog atau Cara Saya Membuat atau Menulis Artikel di Blog
  • Postinglah terus selama 6 bulan sembari menunggu visitor mulai banyak yang berdatangan. Ketika umur domain sudah mencapai 6 bulan, silahkan daftarkan blog anda ke www.google.com/adsense 
  • Untuk jawaban diterima atau tidaknya, tunggulah beberapa hari. Biasanya jika diterima, maka tahap pertama akan disuruh meletakan kode iklan diblog anda. Lalu pihak Google akan meninjau tahap yang kedua. Apabila diterima, maka kode iklan otomatis akan keluar. Sekarang tinggal menambahkan lagi iklan-iklan lainya yang ditempatkan pada lokasi yang strategis.
  • Insya Allah, khusus mengenai tutorial bagaimana teknisnya cara membuat blog dilengkapi dengan gambar-gambar akan saya bahas pada postingan selnjutnya.
Toko Online 
Cara kedua untuk mencari uang di internet adalah dengan membuat toko online. Ada dua produk yang sudah saya jalankan yaitu toko kerupuk kulit khas Indramayu dan toko buku bekas. Untuk kerupuk kulit ikan saya bekerjasama dengan seorang teman blogger yang ada di Indramayu. Sedangkan untuk toko buku bekas sudah berjalan sejak tahun 2008 ketika masih menjadi pustakawan di Indramayu. Saya mempunyai toko buku bekas baik offline maupun online. Khusus yang online saya buat toko onlinenya melalalui webstore. Saat itu ada kassa9 dan tokopedia.  Keduanya gratis dan pengalaman itu saya buat dalam bentuk buku. Proses tersebut saya namakan dari tacit  knowledge menjadi explicit knowledge (baca: Jual Buku Bekas di Internet Terbitlah Buku Tentang Toko Online).

Toko buku bekas

Menjual Jasa
Menjual jasa berarti menjual keahlian kita kepada orang lain. Saya pernah membuat toko online untuk seseorang. Kemudian membuat website dianmis untuk institusi. Nah, jika ada teman-teman yang mempunyai keahlian tertentu, maka jangan segan-segan untuk mencari uang dengan keahlian kita. Teman-teman bisa membuat portofolio online dengan cara membuat website atau blog. Jika dirasa belum bisa menyewa domain dan hosting, silahkan gunakan yang gratis misalnya blog.

Tiga cara saya mencari uang di internet diatas adalah pengalaman pribadi yang sudah saya jalani selama 8 tahun (2014). Dari ketiganya, ngeblog yang mempunyai potensi besar untuk memperoleh penghasilan yang diharapkan. Rencana saya kedepan adalah menggeluti dua internet marketing itu, yakni ngeblog dan toko online. Untuk toko online sementara saya fokuskan pada buku bekas. Satu alasan kuat mengapa saya akan fokuskan pada dua bisnis tersebut, yakni karena semua itu saya jalankan berdasarkan hobi atau kesenangan. Sedangkan bisnis yang dijalankan berdasarkan hobi akan menghasilkan energi sukses sehingga akan menghasilkan daya dorong yang luar biasa. Hal ini telah tersirat dalam ilmu psychology of success, dari 2000 orang sukses yang diteliti, ternyata 80% adalah orang yang menyukai dengan apa yang mereka lakukan (journal.amikom.ac.id). Untuk teman-teman yang ingin berbisnis berdasarkan hobi, sebagai inspirasi baca artikel saya disini: 25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis.

Ngeblog yang saya lakukan karena hobi menulis. Sedangkan toko buku bekas karena hobiku dengan mengumpulkan buku-buku bekas apalagi buku-buku tua dengan penulis yang tidak asing namanya. Kira-kira seperti itulah pengalaman saya tentang bagaimana cara mencari uang di internet. Bagaimana dengan teman-teman yang belum pernah melakukan mencari uang di internet? apakah sedikit ada gambaran dan mulai tertarik untuk mencobanya???

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Cara Mencari Uang di Internet?"