25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis

Advertisement
Saya pernah mengikuti banyak seminar kewirausahaan. Ada banyak tips yang dibagikan dalam seminar-seminar tersebut. Salah satunya adalah awalilah berbisnis dengan hobi anda. Kenapa? Karena berbisnis dengan hobi yang kita sukai, maka bisnis tersebut akan dijalani dengan kecintaan yang pada akhirnya akan bisa bertahan bahkan bisa berkembang lebih besar.

Banyak contoh kasus orang-orang yang terjun dalam dunia kewirausahaan dan sukses dalam bisnisnya karena diawali dengan hobinya. Mooryati Soedibyo, misalnya. Beliau adalah Pemilik PT. Mustika Ratu. Kesuksesan bisnisnya diawali karena hobi membuat jamu. Ada juga Martha Tilaar, pengusaha produk kosmetik terkenal di Indonesia. Beliau juga salah satu orang sukses yang berbisnis karena hobi. Diluar negeri misalnya Bil Gates yang hobi mengutak-atik program komputer hingga pada akhirnya sekarang menjadi orang terkaya di dunia.

Dikutip dari journal.amikom.ac.id, bahwa dalam ilmu psychology of success, dari 2000 orang sukses yang diteliti, ternyata 80% adalah orang yang menyukai apa yang dia lakukan. Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata karena adanya faktor kesukaan itu dapat menghadirkan energi sukses sehingga menghasilkan daya dorong yang luar biasa. Oleh karena itu, bagi anda yang hingga sekarang masih bingung belum menemukan ide bisnis apa yang akan dikembangkan, maka barangkali bisa memulainya melalui hobi anda.

Salah satu karya KBXC Obert Danuart yang hobi desain untuk kaos
Sebagai inspirasi dan untuk memudahkan ide bisnis melalui cek list hobi, berikut saya tulis daftar 25 hobi yang bisa anda jadikan bisnis:

1. Nonton
Tahun 2011 saya pernah mewawancarai narasumber yang akan saya dijadikan buku. Narasumber tersebut adalah pedagang film dalam format DVD asli bukan bajakan. Saya tanya berapa penghasilanna perbulan? Ia katakan sekitar Rp.500.000 bersih. Kenapa dia jualan DVD film? Katanya berawal dari hobi. Jadi si pedagang ini punya hobi nonton film sehingga dia sering membeli DVD film asli. Karena makin hari makin banyak, si pedagang ini mulai berpikir daripada menumpuk di rak-rak rumah lebih baik dijualnya lewat toko online. Nah, silahkan bagi anda yang hobi nonton film, ide bisnis berjualan DVD film bekas yang sudah kita tonton bisa dijual. Asal yang asli yah, jangan yang bajakan!!!. Soalnya klo bajakan, banyak dijual dilapak-lapak pedagang kaki lima. Kalau yang asli biasanya orang yang membeli berkaitan dengan kepuasan batin misalnya sebagai seorang kolektor film.

2. Menulis
Sangat jelas hobi menulis bisa dijadikan sumber penghasilan sampingan bahkan hingga penghasilan utama. Onno W. Purbo misalnya. Beliau menjadikan menulis sebagai penghasilan utama selain menjadi narasumber dengan kepakarannya diberbagai lembaga atau perusahaan terkenal. Menulis di media massa dan menerbitkan buku bisa dilakukan bagi yang terbiasa dengan hobi menulis. Jika dimuat dimedia massa seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya maka tentu akan memperoleh honorarium. Sedangkan jika menulis buku yang diterbitkan oleh penerbit, maka akan memperoleh royalti perenam bulannya atau bisa juga dengan sistem jual naskah. Saya sendiri mempunyai hobi menulis dan Alhamdulillah sudah menulis dua buku bertema komputer yang diterbitkan Andi Publisher. Lebih lanjut tentang bukuku silahkan baca disini.

3. Traveling
Hobi dengan dunia traveling? Suka jalan-jalan ke bebagai tempat wisata baik dalam negeri maupun luar negeri? Hobi dengan backpaker? Mungkin membuka bisnis traveling bisa menjadi alternatif pilihan jitu. Saat ini bisnis travelling bisa dibangun sendiri atau sistem waralaba. Salah satu contoh sukses membuka bisnis travelling karena hobi adalah Adi Setiadi, seorang mantan pekerja asuransi ini adalah lulusan Fakultas Teknik Informatika,  Univeristas Indonesia pada tahun 2011. Ia sukses menggeluti bisnis agen perjalanan untuk kegiatan wisata, rental, outing, dan petualangan mendaki gunung. Usaha yang dijalaninya adalah berkat hobinya sebagai pendaki gunung sejak sekolah menegah pertama. Dalam sebulan omzetnya mencapai Rp 200 juta bahkan hingga Rp 350 juta jika musim liburan.

4. Otomotif
Saya punya seorang teman yang menggemari motor tua Vespa. Karena kesukaanya itu, ia membuka bengkel service Vespa lengkap dengan suku cadang serta aksesorisnya. Bukan hanya motor, bagi yang hobi dengan mobil pun bisa mencobanya. Saat ini banyak komunitas-komunitas otomotif terbentuk. Ini adalah peluang untuk memasarkan produk-produk otomotif ke mereka.

5. Desain Grafis
Seorang desain grafis tentu memiliki jiwa seni yang selalu ingin terus berkreasi. Di pedesaan, ada lho walau belum mahir sekali dalam dunia desain grafis, namun ia berani membuka usaha seperti cetak undangan, pamflet, poster, baliho dan lainya. Apalagi yang sudah mahir, saya kira tidak perlu ragu lagi untuk terjun ke bisnis tersebut. Tools yang biasa dipakai untuk desain grafis misalnya Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Coreldraw, GIMP, Inkscape, dan masih banyak yang lainya. Gambar diatas adalah salah satu hasil karya teman saya Obert Danuart yang hobi banget dengan desain-desain bagus untuk kaos. Hal lain yang berhubungan dengan hobi desain misalnya mendesain website.  Silahkan bagi teman-teman yang mahir dan hobi mendesain website, bisa membuka jasa pembuatan website.

6. Fotografi
Hobi fotografi saat ini bisa dibilang pesat. Walau tidak harus memanfaatkan kamera DSLR yang berharga mahal, kini orang-orang bisa memanfaatkan smartphone dengan camera yang beresolusi tinggi. Memang hasilnya tidak sebagus kamera DSLR yang memang benar-benar untuk kegiatan fotografi. Namun demikian, cukup lumayan untuk sekedar mengabadikan objek foto-foto yang bagus dan menarik. Biasanya bisnis jasa fotografi seperti pra-wedding, acara keluarga, kegiatan perusahaan, organisasi kemanusiaan, pembuatan buku kenangan, dll. Ada juga yang menjual hasil objek foto melalui website khusus foto yang disediakan secara gratis.

7. Kuliner dan Memasak
Bagi yang hobi dengan kuliner dan memasak, mungkin akan lebih cocok buka usaha katering atau rumah makan. Kisah suksesnya Dapur Coklat adalah sebuah bukti bisnis yang dimulai karena pemiliknya hobi memasak.  Kemudian ada Reza Nurhilman (AXL) pemilik keripik Maichi Bandung, Puspo Wardoyo pemilik Ayam Bakar Wong Solo, dan masih banyak yang lainya.

8. Olah Raga
Olah raga banyak macamnya. Yang paling membumi adalah sepak bola. Salah satu teman saya yang hobi dengan sepak bola kini membuka bisnis dengan menjual aneka baju bola. Ada juga yang hobi dengan  renang lantas membuka toko perlengkapan renang bahkan hingga membuka pemandian umum. Tempat persewaan futsal, toko perengkapan khusus badminton, dan lain sebagainya.

9. Pecinta Batu
Teman-teman kantorku banyak sekali yang hobi dengan mengkoleksi batu mulia atau akik. Sampai ada juga yang menjadi penjualnya. Harganya memang bervariatif ada yang mahal dan ada juga yang murah. Saat ini batu yang sedang menjadi trend adalah batu bacan. Saya pernah menulisnya disini: Asal- Usul, Jenis, Warna, dan Harga Batu Bacan

10. Kerajinan Tangan (Handycraft)
Bagi orang kreatif yang senang dengan produk kerajinan tangan buatannya sendiri, maka ini adalah sebuah peluang besar. Bagi kaum wanita ada yang suka merajut, membuat monceng dari kain flanel, membuat boneka dari kain bekas, dll. Sedangkan untuk kaum lelaki misalnya membuat miniatur pesawat, mobil atau motor. Kemudian membuat lampu unik dengan botol bekas, pigura dari kayu bekas, dll. Salah satu contoh orang yang sukses dengan membuat replika dari koran bekas pernah saya tulis diblog ini. Silahkan baca disini: Wirausahawan Cerdas, Membuat Replika Dengan Koran Bekas

11. Kolektor
Kolektor benda antik  banyak jenisnya. Dari yang mahal hingga yang murah. Kolektor koin lama, fileteli, mobil antik, sepeda / motor antik, buku lama, keris dan semua benda-benda tua yang mengandung nilai sejarah. Kalau anda pernah ke Jogja dan mengunjungi Mirota, maka disana akan tersedia benda-benda antik yang dijual dengan harga yang bervariatif. Di internet pun banyak kolektor secara pribadi menjual barang-barang antik miliknya. Saya sendiri hobi dengan mengumpulkan buku bekas antik dan menjualnya lagi. Anda punya barang antik? kenapa tidak coba dibisniskan?

12. Programming
Nah bagi yang hobi koding dengan berbagai macam bahasa pemograman komputer, saya kira banyak peluang bisnis di bidang IT. Kita tahu saat ini IT sedang berkembang pesat memasuki ke segala bidang. Salah satu bahasa pemograman yang sedang booming untuk smartphone adalah si robot ijo Android. Dengan membuat sebuah apps yang diselipkan kode iklan admob dan ketika apps tersebut banyak terinstall, maka peluang mendapatkan dollar pun akan mudah didapatkan. Tidak hanya itu, tidak sedikit programmer yang sukses karena hobinya utak-atik bahasa pemograman terentu namun pada akhirnya  banyak pesanan dari perusahaan atau individu untuk membuatkan sofware baik berbasis desktop edition atau web based. Disisi lain banyak pula programmer yang bisa menciptakan produknya secara mandiri dan banyak pula yang memanfaatkannya.

13. Kliping
Pernah datang ke toko buku shoping yang dekat dengan Malioboro? Saat merantau ke Jogja saya sering datang kesana dan menemukan dari salah satu buku tersebut menjual banyak kliping. Ini artinya bagi yang suka hobi mengkliping ada dua keuntungan sekaligus. Pertama, membantu orang yang sedang mencari informasi yang dibutuhkan dan kedua, kita bisa mendapatkan jasa penjualan dari kliping yang kita buat. Tertarik untuk mencoba?

14. Bersepeda
Bersepeda sebenarnya masuk dalam kategori hobi olah raga, akan tetapi sengaja saya pisahkan karena secara khusus hobi ini mempunyai komunitas tersendiri dengan berbagai macam jenis sepeda yang ada misalnya komunitas sepeda ontel tua, komunitas sepeda lipat, komunitas sepeda gunung dan lainya. Harganya pun tentu bermacam-macam dari yang murah hingga yang mahal. Dari yang satu jutaan hingga puluhan juta rupiah. Kiranya patut dicoba bagi yang punya hobi bersepeda sekaligus berbisnis mulai dari aksesoris hingga suku cadang sesuai jenisnya.

15. Fashion
Hobi fashion biasanya identik dengan kaum hawa apalagi bagi mereka yang selalu memperhatikan penampilannya agar tetap modis dan trendi. Wanita yang hobi dengan fashion dan jeli dengan peluang bisnis yang ada, maka ia tidak akan tinggal diam. Naluri bisnisnya akan menuntunya untuk berbuat sesuatu yang berbeda misalnya dengan meciptakan pasar tersendiri terhadap perkembangan dunia fashion yang ada.

16. Bercocok tanam
Hobi bercocok tanam bukan hanya untuk para pegawai atau karyawan yang tinggal dipedesaan, namun seringkali juga kita temukan di perkotaan dengan lahan sempit atau yang sering kita sebut dengan Hidroponik, yakni budidaya tanaman tanpa tanah. Salah satu orang yang sukses dalam berbisnis dibidang hidroponik adalah Sudibyo Karsono, orang yang berada di dibelakang layar berdirinya Radio Elshinta. Ia seorang yang suka tanaman namun malas untuk menyiram dan merawat. Ia mempunyai akal untuk membuat alat secara otomatis (timer) untuk menyiram tanaman. Pak Dibyo juga ikut berperan penting dalam mendirikan Parung Farm sekitar tahun 2008. Parung Farm adalah penghasil produk sayur-mayur hasil pertanian hidroponik yang kini merajai di berbagai swalayan wilayah Jabodetabek. Cerita lengkapnya bisa baca disini.

17. Mancing
Memancing merupakan hobi yang dianggap buang-buang waktu. Namun, bagi orang yang mempunyai hobi ini tentu akan berpendapat lain. Saya sudah membahasnya pada artikel sebelumnya tentang keterkaitan mancing dengan hobi yang bisa dijadikan bisnis. Silahkan baca disini: Hobi Mancing dianggap Buang Waktu, Benarkah?

18. Musik
Anak muda yang hobi bermain musik biasanya suka membentuk group band. hal ini tentu mempunyai peluang untuk mengirimkan karyanya atau demo musik ke perusahaan rekaman atau untuk awal-awal bisa mencoba jalur Indie Label. Jika keberuntungan berpihak, maka gerbang kesuksesan ada dipelupuk mata. Namun, bagaimana jika hanya hobi mendengar musik? Tentu ini juga memilik peluang yang sama. Dalam artian, jika kita mau mengeksplore bisnis yang berkaitan dengan hobi musik ini sangat banyak. Sebagai contoh ada lho seseorang yang saking senang dengan musik ia membuka distro baju yang berkaitan dengan nama-nama pemusik baik didunia maupun di Indonesia. Bisa juga dengan membuat aneka souvenir, stiker, tas, dan lain sebagainya. Biasanya semua akan berembel-embel dengan nama-nama pemusik dan alirannya. Di Indonesia sendiri  sering kita temukan adalah Slank dan OI (orang Indonesia), komunitas Fans Iwan Fals.

19. Melukis atau Menggambar
Tidak diragukan lagi, ada banyak segment bisnis bagi teman-teman yang suka melukis dan menggambar. Teman saya ada yang memiliki skill dalam melukis. Hasil karyanya juga sering diikutkan dalam pameran-pameran seni rupa yang ada di Indonesia. Tidak ketinggalan pula bagi teman-teman yang suka menggambar desain-desain untuk kaos, maket rumah, taman, dan lain sebagainya.

20. Ngeblog
Bersyukurlah jika anda punya hobi ngeblog seperti saya karena ini memiliki peluang besar untuk bisa menghasilkan uang. Hobi ngeblog pada dasarnya berakar pada kecintaan akan menulis. Blogger yang selalu menulis setiap informasi atau pengetahuan lewat blognya, maka ini akan berpotensi menjaring pengunjung dari orang yang ada diberbagai belahan dunia. Saat ini banyak individu menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama karena hasilnya yang cukup memuaskan. Kisah saya tentang dunia blog dan menulis bisa anda baca disini: Refleksi Ngeblog 7 Tahun: Dollar, Buku, dan Biaya Haji Emak

21. Hewan Peliharaan
Hobi memlihara hewan peliharaan seperti kucing, kelinci, marmut, burung, ayam jago, dan lain sebagainya dapat berpotensi untuk menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Kita ambil contoh misalnya burung. Beberapa bisnis yang dijalankan dari hobi memelihara burung misalnya menjual khusus pakan ternak burung, sangkar burung, hingga jual burung itu sendiri. Silahkan bagi teman-teman yang hobi memlihara hewan peliharaan, patut dicoba untuk berbisnis sesuai jenis hewan peliharaannya.

22. Rekam Video
Hal termudah bagi seseorang yang hobi merekam apa saja yang ditemui dijalan misalnya merekam orang mancing, merekam burung, merekam pemandangan alam, dan lain sebagainya, maka peluang untuk bisa menghasilkan uang dari hobi ini adalah dengan mengunggahnya di Youtube. Untuk kemudian silahkan didaftarkan pada program Youtube Partners Program. Lebih jauh tentang program ini bisa dibaca disini. Peluang bisnis lainya jika punya hobi merekam video adalah dengan membuka jasa layanan rekam video misalnya di acara hajatan pernikahan, wisuda, dan acara-cara penting lainya.

23. Elektronik
Jangan dikira hobi dibidang elektronika tidak bisa dibisniskan. Saya mempunyai teman yang hobi utak-atik peralatan elektronika kemudian dia membuka jasa  service untuk berbagai macam produk elektornik seperti televisi, monitor, VCD / DVD player, radio, dan lain sebagainya. Selain itu ia juga sering mendapat pesanan untuk membuat sound sistem dengan menciptakan wiring diagram sendiri.

24. Komputer
Hobi dibidang komputer bisa dibagi dua. Pertama, dari sisi hardware dan kedua dari sisi software. Dari sisi hardware misalnya dia sering merakit PC. Sedangkan dari sisi software misalnya ia memperdalam salah satu software hingga ia kuasai, misalnya ia memperdalam software desain grafis seperti Corel Draw atau software edit video seperti Ulead Studio Video. Jika menciptakan sofware atau aplikasi sendiri maka nanti bisa dihubungkan dengan hobi programming. Sedangkan jika memperdalam software untuk desian grafis, maka bisa dihubungkan dengan hobi desain grafis.

25. Bermain Game
Harus diakui hobi yang satu ini jika kecanduan, maka bisa berakibat tidak baik. Misalnya bagi pelajar akan menghambat proses belajar sehingga jadi terganggu. Bagi karyawan misal seringkali abai terhadap pekerjaanya karena keasyikan main game. Baru-baru ini seperti game di Android, Clash of Clans banyak yang memainkannya hingga kadang-kadang lupa segalanya. Saya sering memperhatikan orang yang sedang main game ini tidak sadar dengan lingkungan sekitarnya mulai di angkot, KRL, kantin, bahkan di tempat-tempat umum lainya. Namun demikian, sekarang ini main game saja bisa dibisniskan dalam artian dapat menghasilkan uang. Di forum kaskus ada yang membahasnya secara khusus tentang game yang bisa menghasilkan uang misalnya Market Glory. Wow bisa dicoba ini bagi  mereka yang gila ngegame. Peluang lainya misalnya dengan membuka warnet, game online atau persewaan play station. Teman saya yang dikampung saat ini sukses membuka usaha persewaan play station hanya karena kesenangannya bermain game dan pandai membaca peluang pasar. Omzet perbulannya sangat lumayan.

Itulah ke-25 hobi yang bisa anda jadikan ladang bisnis dalam memperoleh penghasilan. Selain ke-25 itu, tentunya masih banyak yang lainya. Silahkan cari dan kembangkan sendiri ya. Selamat berbisnis...

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "25 Hobi Yang Bisa Anda Jadikan Bisnis"