Wirausahawan Cerdas, Membuat Replika Dengan Koran Bekas

Advertisement
Ini dia salah seorang wirausahawan cerdas, yakni membuat replika dengan koran bekas. Wahyudi pria dari Bogor ini mampu melihat peluang bisnis untuk membuat kerajinan tangan yang unik. Dengan kreatifitasnya Wahyudi mampu merubah koran bekas menjadi koleksi replika seperti motor, becak, perahu, bingkai foto, hingga lampu hias. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Hasil karya Wahyudi, replika dari koran bekas
Hasil karya Wahyudi, replika dari koran bekas - Kompas
Wahyudi memasarkan produknya hanya melalui pameran-pameran yang diadakan disuatu daerah. Misalnya saja ia pernah ikut pameran di JCC (Jakarta Convention Center) dan Gedung Kesenian Kabupaten Bogor. Sementara pemesaran melalui dunia internet belum dilakukan. Namun demikian, rencananya ia juga ingin memasarkannya melalui situs jejaring sosial. Bahkan rencananya produk yang akan dibuat bukan hanya replika motor, becak maupun perahu layar. Ia berencana akan membuat replika yang berkaitan dengan ciri khas daerah Bogor.

Untuk konsumen yang tertarik dengan produknya bukan hanya dari dalam negeri saja, melainkan dari luar negeripun ada yang membelinya. Misalnya saja ketika mengikuti pameran di pabrik Indocement, pernah ada warga negara Jerman yang membeli tiga replika perahu dan dua becak. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 1 juta.

Seperti kebanyakan wirausahawan lain, kesuksesan wahyudi bukan tanpa proses. Sebenarnya usaha membuat replikannya dimulai sejak tahun 2005.Namun, dengan memanfaatkan bahan baku bambu dan botol bekas. sayangnya, pemanfaatan dua bahan baku tersebut kurang mendapatkan prospek yang bagus. Seiring berjalannya waktu beruntung akhirnya Wahyudi dapat menemukan bahan baku sederhana untuk membuat replika yaitu dengan koran bekas. Ini menarik mengingat koran bekas adalah bahan baku yang mudah didapatkan. Walau hanya menekuni kerajinan tangan membuat replika, nyatanya Wahyudi dapat menghidupi keluarganya.

Kisah Wahyudi merupakan sumber inspirasi bagi saya pribadi dimana untuk menjadi wirausahawan diperlukan kecerdasan untuk mampu melihat peluang. Jadi, bukan hanya modal saja melainkan kreatifas dan skill yang harus perlu digali.

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wirausahawan Cerdas, Membuat Replika Dengan Koran Bekas"