Tips Mencari Ide atau Inspirasi Untuk Menulis di Blog

Jika teman-teman ada yang merasa kesulitan dalam mencari ide atau inspirasi untuk menulis di blog, mungkin caraku ini bisa digunakan. Bagamana caranya? Mudah kok dan saya yakin teman-teman bisa untuk melakukannya. Tipsnya adalah dengan melihat hari-hari penting nasional di Indonesia dan internasional di dunia yang selalu ada setiap bulannya.

Lihatlah di sekeliling kita, terkadang ide atau inspirasi itu muncul untuk ditulis
Lihatlah di sekeliling kita, terkadang ide atau inspirasi itu muncul untuk ditulis
Dalam setahun setiap bulan diawali dari Januari hingga Desember dapat dipastikan ada tanggal tertentu yang menjadi peristiwa penting dan biasanya akan selalu diperingati baik oleh negara, pemerintah, swasta, lsm, organisasi, komunitas, kelompok maupun perorangan. Sebagai contoh kita ambil bulan September. Kurang lebih ada 29 peristiwa penting yang dapat dijadikan tema tulisan di blog. Misalnya hari ini tanggal 1 September yang diperingati sebagai hari polisi wanita (Polwan) Indonesia. Kemudian nanti ketika tanggal 4 September diperingati sebagai hari pelanggan nasional, tanggal 8 September diperingati hari aksara dan seterusnya.

Nanti ketika menginjak bulan Oktober, Nopember, Desember dan seterusnya, silahkan teman-teman mencoba mengulas sesuai peristiwa penting yang diperingati. Bisa dikatakan dalam setahun setiap tanggal itu memiliki hari atau peristiwa penting yang bisa dijadikan tema untuk menulis di blog. Bagaimana praktis bukan?

Menulis di blog sesuai hari-hari penting yang terjadi memiliki banyak manfaat. Pertama, kita bisa mengetahui dengan jelas makna apa yang terjadi dengan sebuah peristiwa masa lampau. Kedua, ketika menulis tentang peristiwa penting itu, maka secara otomatis kita akan banyak membaca referensi yang dibutuhkan sehingga ini akan menambah wawasan pengetahuan kita terutama nilai-nilai sejarah yang terkandung didalamnya. Ketiga, kita bisa mengambil hikmah dengan apa yang terjadi dengan masa lalu itu sehingga ini bisa menjadi nasehat dan motivasi seseorang dalam kehidupan terutama bagi si penulis dan pembacanya.

Tips mencari ide / inspirasi untuk menulis di blog yang saya uraikan diatas hanyalah dari sekian banyak cara yang ada. Masih banyak tips-tips lainya yang tidak kalah menarik untuk memancing ide untuk menulis misalnya saja "Menulis Apa Adanya dan Lakukanlah Setiap Hari". Itu adalah salah satu tips saya terdahulu yang pernah saya bahas juga di blog ini.

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar