Harga Tarif Parkir Motor Inap Stasiun Tugu Jogja

Advertisement
Berhubung dalam waktu dekat ini saya mau pulang ke Jakarta, sepertinya akan lebih praktis jika saya titipkan motor di Stasiun Tugu Jogja daripada harus naik kendaraan umum dari kosku di Sendowo.

Nanti ketika balik lagi dari Jakarta ke Jogja, jadi saya gak perlu ngojek pagi-pagi buta karena ada motor sendiri yang sudah dititipkan sebelumnya.

Lantas, berapa harga tarif parkir inap sepeda motor di Stasiun Tugu Jogja? Karena penasaran, kemarin sore saya langsung mengunjungi Stasiun Tugu untuk mencari informasi tentang harga tarif inap seharinya. Yah, sekaligus cetak tiket mandiri (CTM) sebelum hari keberangkatan. Ternyata harga tarip parkir inap untuk motor tertera dispanduk. Sehari sebesar Rp.16.000.
 Harga Tarif Parkir Motor Inap Stasiun Tugu Jogja
 Harga Tarif Parkir Motor Inap Stasiun Tugu Jogja
Saya tidak tahu, apakah tarif parkir motor inap di Stasiun Tugu ini sama dengan Stasiun Lempuyangan. Tapi, sepertinya sama karena merujuk pada Perda No.4 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Nah, buat teman-teman yang pulang dari Jogja dengan kereta dalam waktu yang tidak terlalu lama, bisa memanfaatkan parkir inap ini lho. Saya iseng tanya-tanya ke petugas maksimal berapa hari untuk bisa menggunakan parkir inap? Katanya tidak terbatas. Pernah ada yang dititipkan sampai sebulan.

Kekurangan Parkir Motor Inap di Stasiun Jogja
Tapi sayangnya, ada dua kekurangan jika kita memanfaatkan parkir inap untuk sepeda motor di Stasiun Tugu. Pertama, di parkiran motor tidak disediakan pelindung atap. Jadi itu motor yang dititipkan pastinya kena panas atau hujan. Bayangin aja kalau itu motor dititipkan hingga sebulan. Bakalan karatan deh. Bisa-bisa ban juga kempes kena sinar matahari. Sayangkan buat motor baru apalagi yang harganya mahal (hehehehe). Kalau saya sendiri untungnya motor jadul. Jadi, bisa pulang dengan tenang ke Jakarta (hehehehe). Gak perlu khewatir kena panas dan hujan.
Parkir motor tanpa atap
Parkir motor tanpa atap pelindung
Kedua, harganya yang cukup lumayan mahal. Bayangkan seandainya motor nginap sampai 5 hari maka dikenakan tarif parkir sebesar Rp.80.000 lebih mahal dikit ketimbang dengan harga tiket kereta ekonomi Progo Jogja -Jakarta. Bahkan masih dianggap mahal juga apabila  dibandingkan dengan tarif parkir inap di stasiun di Commuter Line Jakarta. Kalau tidak salah sehari dikenakan biaya hanya Rp.5000. Tapi karena kebutuhan, apalah daya. Walaupun harga segitu, mau gak mau saya tetap akan menitipkan motor di Statsiun Tugu. Toh, lagipula tak sampai sebulan. Hanya 5 hari.

Baca juga: Peluang Bisnis Penitipan Motor

Salam,
Pustakawan Blogger 

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Harga Tarif Parkir Motor Inap Stasiun Tugu Jogja"