3 Langkah Mudah Mencetak Tiket Kereta Api via Cetak Tiket Mandiri (CTM)

Advertisement
Jauh sekitar 5 tahun yang lalu saya selalu PP dari Indramayu ke Jakarta menggunakan kereta api Cirebon Ekspress. Saat membeli tiket masih dilakukan secara manual. Kini semuanya telah berbeda. Sejak adanya teknologi gadget yang semakin canggih, kebiasaan membeli tiket pun tentu ikut berubah. Lima hari yang lalu saya memesan tiket via Apps KAI Access untuk perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Awalnya saya memilih kereta Progo, namun sayang ternyata penuh. Akhirnya saya memilih kereta Senja Utama Yogyakarta. Kebetulan masih banyak kursi yang kosong.
Apps KAI Access
Tampilan Apps KAI Access di Android
Pembayaran tiket saya transver via ATM. Setelah melakukan pembayaran biasanya akan ada bukti transfer yang tertera nomer kode pembayaran (ada 13 digit). Bukti transfer tersebut akan saya bawa buat mencetak tiket via Cetak Tiket Mandiri atau CTM. Caranya sangat mudah. Hanya memerlukan 3 langkah yang praktis. Saya mencetak tiket via CTM di Stasiun Pasar Senen.
CTM di Stasiun Pasar Senen
CTM di Stasiun Pasar Senen
Berikut Langkah Cetak Tiket via CTM
Masukan nomor kode bayar yang tertera di bukti transfer pembayaran ke kotak kode booking / pembayaran. Biasanya ada 13 digit. Lalu klik Search. Lihat gambar dibawah ini:
Masukan Kode Bayar di CTM

Ketika sudah klik Search, maka akan keluar keterangan seperti nama pemesan, nomor identitas, tujuan, nomor kereta, dan kode booking. Setelah itu klik Cetak / Print. Lihat Gambar dibawah ini:
Print  Tiket di CTM
Tiket akan keluar dari printer dalam beberapa detik. Berikut contoh gambar ketika proses cetak tiketnya:
Printer Tiket di CTM
Gimana? Mudahkan? Cukup hanya 3 langkah untuk mencetak tiket kereta via Cetak Tiket Mandiri (CTM). Jadi, gak perlu lagi antri di loket seperti 5 tahun lalu. Semoga bermanfaat...

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 3 Langkah Mudah Mencetak Tiket Kereta Api via Cetak Tiket Mandiri (CTM)"