Cara Mengubah Teks Berbahasa Inggris ke Format Suara (Mp3)

Advertisement
Cara mengubah teks berbahasa inggris ke format suara (Mp3) sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Seperti biasa, saya melakukannya tanpa harus menginstal softwarenya. Jadi saya gunakan layanan free online tools yang ada di internet. Pada kasusku, suara yang saya ubah adalah teks berbahasa inggris. Tujuannya untuk membuat video tutorial yang nantinya saya gabungkan dengan slideshow gambar untuk kemudian saya upload di Youtube.

Jika ada teman-teman yang ingin mengubah sebuah teks ke dalam format suara dalam hal ini mp3, silahkan baca tutorial singkatnya dibawah ini:

Pertama buka browsernya dan ketik www.fromtexttospeech.com. Lihat gambar dibawah ini untuk melihat tampilan websitenya. Contoh prosesnya lihat berdasarkan nomor yang tertera pada gambar.

Tampilan Website Text  Speech
  1. Silahkan kopi teks berbahasa inggris dan paste pada kolom yang telah disediakan.
  2. Pilih bahasa yang diinginkan. Dalam pilihan tersebut tersedia US English, British English, French, Spanish, Germany, Italian and Arabic.
  3. Pilih suara yang diinginkan. Tersedia lambat (slow), sedang (medium), cepat (fast) dan sangat cepat (very fast).
  4. Pilih output suara yang digunakan. Teman-teman bisa memilih suara berjenis kelamin wanita seperti Laura  dan Kate atau lelaki seperti Ray dan Paul.
  5. Klik menu "Create Audio File" berwarna biru. Tunggu beberapa menit, tergantung banyaknya teks dan kecepatan akses internet
Terakhir, jika sudah keluar seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik "download audio file" atau bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mengklik tombol "play"

Hasil mengubah teks ke suara (mp3)
Catatan:
  • Saya mencoba menggunakan output bahasa arab, namun suara yang keluar tampak bukan bahasa arab hanya gaya bahasa atau logatnya saja yang mirip. 
  • Untuk teks berbahsa Indonesia tidak bisa mengubahnya melalui website tersebut karena memang khusus untuk teks yang berbahasa Inggris.  Kalaupun dipaksakan, maka suaranya akan tampak terdengar lucu.
Selamat Mencoba...

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengubah Teks Berbahasa Inggris ke Format Suara (Mp3)"