Keliling Dunia Dengan Biaya Minim

Advertisement
Kalau dahulu ketika ada orang yang bermimpi ingin keliling dunia dengan dana terbatas itu tak mungkin, maka di zaman sekarang itu bisa terjadi.

Lah, bagaimana caranya? Pasti anda tahu bukan? Internet adalah solusinya. Ya, di era internet, dimana biaya paket data dengan harga terjangkau, maka kita sudah bisa melakukan keliling dunia tanpa batas. Bahkan itu bisa dilakukan seperti tampak nyata dan bukan hanya sekedar cerita tulisan berupa teks.

Youtube misalnya, hadirnya para youtuber dari berbagai pelosok dunia dengan berbagai macam tema bisa menjadikan kita memilih negara mana yang disukai. Orang Indonesia sendiri yang tinggal di negara lain juga banyak yang melakukan liputan secara personal di chanelnya. Tentu ini ada sisi positifnya.

Kita bisa mengetahui budaya, kondisi alam negara di dunia hanya dengan sebuah video yang masing-masing personal mempunyai chanel tersendiri. Menariknya, bisa di update setiap hari. Sungguh Youtube bisa menjadi sebuah jagat dokumentasi terbesar yang tidak disangka-sangka, yang menghadirkan visualisasi menarik, memanjakan mata-mata orang yang menyaksikanya.

Dengan mengakses Youtube secara live juga saat ini bisa dilakukan. Memang, melihat sesuatu secara langsung itu rasanya akan berbeda dibandingkan sekedar via video. Namun demikian, bagi yang mempunyai waktu sedikit ditambah tidak ada biaya, ini jelas sangat bermanfaat. Kita tidak perlu repot-repot bikin paspor, tak perlu repot-repot menyiapkan dana besar yang semua itu bagi orang-orang serba terbatas akan susah. Pendek kata, kehadiran internet dengan Youtube-nya itu akan semakin memudahkan bagi siapa saja yang ingin berkeliling dunia dengan biaya minim. Cukup beli paket data, kita sudah serasa hijrah dari satu negara ke negara lain. Kalaupun misalnya masih terasa berat, cukup datang saja ke tempat-tempat publik yang menyediakan akses internet misalnya perpustakaan.

Beberapa contoh orang Indonesia yang berada di luar negeri sembari membuat vlog adalah misalnya chanel dari Turah Partthayana yang tinggal di Rusia. Berikut screenshot video liputannya:
Beautiful Winter in Sochi, Russia
Beautiful Winter in Sochi, Russia
Kemudian ada juga Gita Savitri Devi yang tinggal di Jerman. Berikut salah satu screenshoot video liputannya:
Angin-anginan di Hamburg | Videonya Gita eps. 59
Angin-anginan di Hamburg | Videonya Gita eps. 59

Ada juga Refa Kashiki yang tinggal di Jepang. Berikut salah satu screenshoot videonya:

Danau di Rumah Saburomaru
Danau di Rumah Saburomaru
Nah, bayangkan dari ketiga orang diatas yang memiliki chanel Youtube masing-masing saja, ketika kita menontonya sudah bisa keliling di tiga negara Rusia, Jerman dan Jepang. Itu baru tiga, diluar sana masih banyak chanel dengan tema-tema menarik yang ada di belahan dunia lainya dan bahkan sama sekali kita belum mengetahuinya.

Sungguh luar biasa, dengan internet dan Youtube menjadikan kita mudah untuk keliling dunia dengan biaya minim. Ini tentu, sebuah peluang yang sangat disayangkan apabila kita tidak ambil manfaat sisi positif dari kehadiran Internet. Bagaimana menurut teman-teman?

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keliling Dunia Dengan Biaya Minim"