Tips Merubah File Gambar Menjadi Teks

Advertisement
Dua kali saya mengalami harus mengetik banyak teks terutama yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. Pertama, kepala kantor yang menyuruhku saat masih bekerja di Pemda Indramayu. Ia menyuruhku untuk mengetik ulang lembaran buku yang di fotocopi ke micrsoft word. Kedua, saat lembur pekerjaan kantorku yang sekarang ini. Pekerjaan tersebut mengetik ulang soal toefl dari buku ke software WinnerClass. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya mengetik ulang dari sebuah lembaran-lembaran buku yang banyak? melelahkan bukan? Tapi, untungnya ada tips mudah untuk dapat merubah file gambar menjadi teks (image to text ) yakni dengan memanfaatkan Scan. Scan yang saya gunakan tersebut mempunyai fitur OCR (Optical Character Recognition. File gambar yang bisa dirubah ke format txt misal dengan extension jpg, jpeg, gif, png, bmp dan tiff. Jadi saya menscan satu-persatu lembaran buku tersebut dan outputnya langsung saya rubah ke wordpad. Sebenarnya tidak hanya wordpad, dalam format lainpun tersedia seperti pdf, doc, dan odt. Sehingga sayapun tinggal mengedit tulisan pada lembaran buku yang telah di rubah ke format teks karena biasanya ada beberapa huruf atau angka yang hasilnya tidak terbaca dengan sempurna sesuai ejaan aslinya seperti yang ada pada file gambar.

Scan Tidak Mendukung OCR?
Permasalahannya adalah bagaimana jika scan yang kita punya tidak mendukung dengan fitur OCR (Optical Character Recognition). Seperti kasusku pada scan di Pemda Indramayu dulu. Tenang, semua bisa dilakukan dengan memanfaatkan free online tools yang tersedia di Internet. Bagaimana caranya? berikut contoh tutorial dari salah satu website yang dapat merubah gambar menjadi teks secara gratis (Free Online OCR Converter) sehingga bisa di edit. Biasanya hanya melalui tiga langkah singkat yaitu upload dokumennya, pilih bahasa dan proses.
  • Buka browser anda dan ketik http://www.i2ocr.com. Lihat gambar 1
Gambar 1 Tampilan website www.i2ocr.com
Gambar 1 Tampilan website www.i2ocr.com
  • Pada Step 1, pilih file dan klik "Select Image" jika gambar anda ada di hard drive, namun jika gambar ada website yang harus diakses melalui internet pilihlah URL. Untuk tutorial ini asusmsi gambar ada di hard drive. Maka pilih file dan "Select Image" lalu masukan file gambar yang akan dirubah. Lihat gambar 2
Gambar 2. Select Image
Gambar 2. Select Image
  • Pilih Step 2, pilih "Select Language". Misal memilih Bahasa Indonesia. Lihat Gambar 3
Gambar 3. Select Language
Gambar 3. Select Language
  • Klik tab "Extract Text" yang berwarna merah dan tunggu prosesnya beberapa detik. Lihat pada gambar 4.
Gambar 4. Klik Extract Text
Gambar 4. Klik Extract Text
  • Hasilnya lihat pada gambar 5. Pada kolom sebelah kiri adalah hasilnya. Sedangkan kolom sebelah kanan adalah file gambar yang telah di upload. Anda juga bisa mengeditnya secara langsung via Google Docs atau mendownloadnya langsung dalam format Text, Doc, PDF dan HTML. 
Gambar 5. Hasil Convert Online Dari Gambar ke Teks
Gambar 5. Hasil Convert Online Dari Gambar ke Teks
  • Catatan: hasilnya bisa saja tidak sempurna misalnya pada ada sebagaian huruf dan angka yang tidak sesuai ejaan aslinya. Oleh karena itu sebaiknya diperiksa dan di edit kembali. 

Tips: Tidak Punya Scan?
Jika tidak punya scan gunakan kamera digital atau kamera yang ada pada smartphone anda. Saya kira untuk smartphone yang sekarang semua telah dilengkapi dengan fitur kamera dengan resolusi yang cukup lumayan besar misalnya minimal 5 mega piksel.

Video Merubah Gambar ke Teks
Jika masih bingung, silahkan melihat video tips merubah file gambar menjadi teks dibawah ini:
Website lainya yang bisa digunakan untuk merubah file gambar menjadi teks seperti:
  • http://www.onlineocr.net
  • http://www.to-text.net
  • http://www.newocr.com
  • http://www.ocronline.com
  • http://www.ocrconvert.com
  • http://www.free-ocr.com

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Merubah File Gambar Menjadi Teks "