27 Juli Diperingati Sebagai Hari Sungai Nasional, Apa Yang Harus Kita Lakukan?

Berawal dari informasi status Facebook teman, bahwa 27 Juli diperingati sebagai Hari Sungai Nasional. 

Terus terang, saya jadi penasaran dan akhirnya membaca artikel terkait Hari Sungai Nasional (HSN) di beberapa media daring. 

Saya berfoto dengan background sungai

Sungai

Saya juga baru tahu dengan adanya HSN ini. Saya baca artikel di mediaindonesia.com bahwa untuk sejarah dan alasannya kenapa tanggal 27 Juli ditetapkan sebagai HSN adalah tak lain sebagai upaya pemerintah untuk melindungi sungai yang semakin hari semakin memburuk, maka konon penetapannya tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai (PP 38/2011) pada Bab VI Pasal 74. Jadi, bukan hanya hutan dan hewan langka saja yang dilindungi, tapi sungai pun demikian. 

Baca juga:

Dengan adanya HSN ini, maka perlunya masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk sungai. Mulai dari cara memanfaatkannya, memelihara, hingga menjaganya. Satu hal yang sering kita lihat adalah terkait sampah. Hingga sekarang tak sedikit masyarakat yang masih membuang sampah di sungai. 

Nah, secara khusus opini terkait HSN ini juga saya ungkapkan di vlog pribadi. Seperti apa pandangan saya terkait HSN? Teman-teman bisa simak vlognya dibawah ini:

Oh iya, ngomong-ngomong tentang sungai, saya jadi teringat vlog saya terkait tempat yang pas untuk berkontemplasi dan relaksasi. Salah satunya adalah sungai dengan suara aliran airnya yang begitu serasa dekat dengan alam ketika mendengarkan. Gak percaya? Buktikan sendiri ya. Simak video dibawah ini:

Selamat Hari Sungai Nasional (HSN). Semoga sungai-sungai di Indonesia tetap bersih.

Komentar