Hukum Administrasi Negara

 Abstrak Informatif Buku Hukum Administrasi Negara

Negara dan hukum menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam kehidupan bermasyarakat. Negara tanpa hukum, maka akan menjadi semrawut tanpa terkendali. Begitu juga sebaliknya, hukum tidak akan berdiri tegak tanpa adanya suatu negara. Keduanya juga akan saling terkait dengan ruang demokrasi serta kekuasaan. Oleh sebab itu, di sinilah pentingnya konsep ideal terkait hukum administrasi negara dalam penyelengaraan pemerintahan yang lebih baik.

Hukum Administrasi Negara

Lalu apa itu negara hukum dan seperti apa hukum administrasi negara? Inilah yang dibahas dalam buku berjudul Hukum Administrasi Negara. Buku yang ditulis oleh Ridwan HR ini terbagi ke dalam lima bab mencakup pengetahuan teoritis hukum administrasi negara, negara hukum, hubungan antara hukum tata negara dan hukum administrasi negara, dan sumber hukum yang digunakan. Selain itu, terkait kedudukan, kewenangan, dan tindakan pemerintah dalam hukum, instrumen pemerintah dan perlindungan, penegakan serta pertanggungjawaban dalam hukum administrasi negara.

Buku setebal 291 halaman ini terbit pada 2006, diterbitkan oleh Raja Grafindo Persada. Akhirnya, buku ini bisa dibaca oleh para mahasiswa jurusan hukum, dosen dan peneliti dibidang hukum administrasi negara, pejabat terkait, serta masyarakat umum lainnya yang ingin mendalami terkait hukum administrasi negara.

Perpustakaan BAPETEN

Komentar