Keliling di Taman Masjid Istiqlal, Luas Banget

Masjid Istiqlal Jakarta, siapa yang tidak tahu dengan masjid kebanggan rakyat Indonesia ini. Pemancangan tiang pertama Masjid Istiqlal dilakukan pada tanggal 24 Agustus 1961 oleh Presiden Pertama, yakni Ir. Soekarno. 

Masjid Istiqlal

Ada beberapa tokoh yang sangat berjasa ketika ide awal pembangunan Masjid Istiqlal ini, di antaranya KH. Wahid Hasyim sebagai Mentri Agama RI pertama, H. Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto,  Ir. Sofwan, KH. Taufiqorrahman, dan H. Tjokroaminoto. 

Kendati pada saat penentuan lokasi, sempat terjadi perdebatan antara Soekarno dan Muhammad Hatta, akan tetapi pada akhirnya penentuan lokasi diputuskan di lahan bekas benteng Belanda Frederick Hendrik dengan Taman Wilhelmina.

Awal pembangunan berjalan lancar, tetapi ketika terjadi peristiwa G30S/PKI agak tersendat. Pada tanggal 22 Februari 1978, Masjid Istiqlal akhirnya bisa diresmikan oleh Presiden Soeharto. 

Nah, itu sejarah singkat terkait Masjid Istiqlal bersumber dari official websitenya: https://istiqlal.or.id.

Ngomong-ngomong tentang Masjid Istiqlal, saya sendiri sudah beberapa kali ke masjid besar ini. Kebetulan, pada hari Jumat, 25 November 2022, saya ada kesempatan salat Jumat di Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal
Saya berfose di depan Masjid Istiqlal

Setelah salat, saya pun mencoba berkeliling di area Taman Masjid Istiqlal. Cukup luas dan banyak tanaman/pohon-pohon yang membuat area taman semakin rindang. Ok, ini dia vlognya:

Komentar