Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMART Knowledge Worker

Selamat datang di era pengetahuan. Era dimana pemanfaatan pengetahuan menjadi modal utama dalam bekerja. Di era pengetahuan munculah apa yang disebut smart knowldge worker. Saat ini banyak organisasi yang mulai sadar akan pentingnya pemanfaatan pengetahuan, baik organisasi pemerintah maupun swasta. Berbicara pengetahuan, maka akan dikaitkan dengan knowledge management.

SMART Knowledge Worker

Buku yang diterbitkan KMPlus ini adalah salah satu buku menarik yang membahas khusus terkait knowledge management dan smart knowledge worker. Di tulis oleh Ade Ahyad N dan Firdanianty yang tergabung dalam KMPlus, yakni konsultan khusus dibidang knowledge management.

Buku ini cukup menarik karena diulas dengan bahasa yang mudah dipahami dan bisa dipraktikan langsung dalam organisasi. Buku ini terdiri dari 241 halaman dan lima bab diantaranya knowledge era, knowledge and learning, knowledge management, smart knowledge worker dan community of practice (COP).

Zaman selalu berubah dan pada bab pertama ini dibahas detail peradaban manusia dan era pengetahuan. Pada bab kedua, selanjutnya membahas detail tentang informasi dan pengetahuan, termasuk jenisnya seperi tacit dan explicit, serta model pengetahuan dari SECI. Pada bab ketiga terkait tangible dan intangible aset, kerangka kerja dan pilar knowledge management. Bab empat menyangkut knowledge worker sesuai dari judul buku ini. Konon lima karakter yang melekat dari seorang knowledge worker adalah SMART: self-driven, motivation, action oriented, responsibility, team player. Terakhir, bagaimana membangun komunitas atau COP dan upaya untuk memeliharanya agar terus berkembang.

Posting Komentar untuk "SMART Knowledge Worker"