Seperti Ini Sistem Aquaponik Budidaya Ikan dan Menanam Sayuran

Dulu saya pernah berbagi cerita tentang budikdamber, budidaya ikan dalam ember. Nah, ikan yang saya budidayakan adalah ikan lele dibarengi dengan menanam sayuran kangkung diatas ember tersebut. Sistem tersebut juga bisa dinamakan dengan aquaponik, tapi dengan sistem manual, tidak menggunakan pompa. 

Air kotoran ikan sangat bermanfaat untuk sayuran sebagai nutrisi, tapi masalahnya dalam budikdamber tersebut jika air tidak diganti seminggu sekali, maka akan berbahaya untuk ikan tersebut. Oleh karena, harus diganti setiap seminggu sekali. 

aquaponik

Sebenarnya, ada sistem aquaponik yang lebih praktis. Bahkan, bisa dilakukan bukan hanya di ember, tapi di kolam yang sengaja dibuat. Jadi, di pinggir kolam ikan itu ada banyak ember yang berisi batu atau arang. Sebenarnya, perbedaanya hanya pada pompa aerator. Jadi, kalau ingin lebih praktis yang menggunakan pompa aerator yang dialirkan melalui paralon yang saling terhubung ke setiap ember yang ada sayuran. Lalu, dari ember dialirkan kembali ke kolam tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini ya:

Komentar