Renovasi Rumah Persiapan Untuk Dikontrakan Kembali

Sejak hari Sabtu, 16 Oktober 2021, saya merenovasi rumah kecil di Perumahan Korpri Abdi Karya Indramayu. Kebetulan rumah ini saya beli sudah cukup lama sekitar tahun 2009-an saat masih bertugas di Indramayu. 

Rumah yang saya beli ini dari awal hingga sekarang belum pernah saya tempati. Jadi, dari awal hanya dikontrakan saja. 

Nah, bulan September 2021 habis kontrak dan orangnya sudah pindah. Seperti biasa, ada saja pengalaman baru yang cukup mengecewakan dari si pengontrak ini. Mulai dari kurang memelihara rumah, baik di dalam maupun halaman rumah, kurang menjaga kebersihan, menunggak PDAM bahkan hingga menunggak bayaran akhir dengan berbagai alasan. Pendek kata saya kecewa dengan pengontrak ini. 

Oleh karenanya, mengenai pengalaman-pengalaman tersebut sudah pernah saya tuliskan disini: Masalah-Masalah Dalam Dunia Kontrak atau Sewa Rumah.

Sebagai dokumentasi, melalui blog ini seperti biasa saya goreskan proses ketika merenovasi rumah. Untugnya saya meminta bantuan  kepada kakak ipar saya yang mengurusnya karena saya tinggal di Pamulang, Tangsel.

BTN Korpri

BTN Korpri

BTN Korpri

BTN Korpri

BTN Korpri
Foto-foto  diatas saya ambil setelah pengontrak pergi. Kondisinya memang harus banyak renovasi. 

Renovasi yang saya lakukan mulai dari pembuatan pagar dengan rangka baja ringan, membuat saluran air agar lebih rapi, mengganti pintu, memperbaiki kunci pintu dan jendela, mengecat ulang tembok, mengecat kusen-kusen, pintu dan jendela. Selain itu, agar tidak tumbuh rumput, halaman depan saya paping walaupun pada awalnya saya inginnya tetap tanah agar bisa ditanami. Akan tetapi, mengingat setiap pengontrak karakternya belum tahu, maka saya putuskan di paping saja. Takutnya, pengontrak baru memang kurang hobi dalam tanam-menanam.

BTN Korpri

Foto diatas adalah proses pembuatan saluran air dan pemasangan pagar yang dibuat dari rangka baja ringan alumunium. Rencananya nanti akan di cat putih saja. 


BTN Korpri

BTN Korpri

BTN Korpri

Renovasi juga saya lakukan pada septic tank. Jadi, penutupnya rusak sehingga harus dibuat lagi. Prosesnya seperti tampak pada tiga foto diatas. 

Nah itulah proses renovasi rumah yang sedang saya lakukan. Renovasi ini tentunya sebagai langkah persiapan saya untuk mengontrakan kembali. Insya Allah, postingan selanjutnya saya ingin berbagi tentang tips ideal merenovasi rumah. 

Komentar