Tips Ideal Renovasi Rumah

Tips Renovasi rumah itu mudah kalau banyak uangnya. He..2. 

Nah, bagaimana caranya renovasi rumah ideal sesuai budget?

Bagi saya renovasi rumah itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangannya. Jadi, bukan keinginan. Kalau keinginan itu, tidak ada batasnya. 

Nah, dua point itu yang harus diperhatikan. 

BTN Korpri

Kebutuhan 

Pertama kebutuhan. Rumah itu untuk apa? Untuk ditinggali sendiri atau dikontrakkan? Itu perlu dipikirkan. Rumah yang dikontrakan tentunya sesuai standar yang ada saja. Sederhana tapi aman dan bersih. Tentunya nanti harga yang ditawarkan juga jangan berharap tinggi, kecuali renovasinya bersifat mayor.

Kalau untuk kebutuhan sendiri, itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Kebutuhan itu dibisa dilihat mulai dari jumlah anak kita. Perlu berapa kamar? Harus ada ruang apa saja? Dan lain sebagainya. Perencanaan yang matang harus dilakukan mengingat kalau ditinggalin sendiri itu lebih banyak yang harus diperhatikan. 

Keuangan

Kedua keuangan. Ini juga penting. Kebutuhan akan bersinggungan dengan budget. Sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Merenovasi rumah itu bisa dilakukan secara bertahap. Tidak harus langsung jadi. 

Jika budget terbatas, buat perencanaan dan target yang ingin dicapai. Misalnya tahun ini saya membangun beberapa bagian. Buat listnya. Mana yang harus lebih duluan dan mana yang bisa bangun nanti. Buat prioritasnya. Misalnya untuk genteng bocor dan memperindah halaman, tentunya renovasi genteng bocor itu lebih utama. 

Setelah mengutamakan dua point diatas itu, maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi sedetail-detailnya. 

Informasi ini banyak. Mulai dari perbandingan harga bahan bangunan hingga desain rumah itu sendiri, baik desain interior maupun eksterior. 

Beruntung, adanya akses internet kita bisa mencari informasi itu dengan mudah. Saat ini banyak sekali informasi seperti website atau video yang menyediakan informasi seputar harga bahan bangunan sampai ide-ide inspiratif untuk desain rumah. 

Ingat. pencarian informasi itu, kembali lagi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan yang ada. Jadi, intinya adalah kebutuhan dan keuangan, dibuat list prioritas. Dilakukan secara bertahap dan jangan lupa informasi harga bahan bangunan dan desain-desain inspiratif itu juga diperlukan. Semoga bermanfaat.

Cara ideal merenovasi rumah itu bukan dari besarnya dana dan hasil yang wah... melainkan dua point diatas itu. Boleh saja anda melupakan dua point diatas kalau fulusnya berlimpah. Tak ada yang melarang dan bebas. Akan tetapi, ingat rumah itu yang penting membuat kita bisa aman dan nyaman. Kita sendiri yang sejatinya tahu standar aman dan kenyamanan itu. 

Komentar