Pentingnya Media Pembelajaran

Seberapa penting media pembelajaran untuk mendukung aktivitas belajar-mengajar? Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas terkait pengertian atau definisi media pembelajaran, baik secara ringkas maupun menurut penulis buku terkait hal tersebut.

Pada pengertian sebelumnya saya menggarisbawahi ada dua hal yaitu informasi dan interaksi. Dimana, disini ada proses transfer pengetahuan antara pendidik dan peserta didik sehingga menciptakan konstruksi pengetahuan yang logis. Satu sisi lagi, dimana idealnya adanya proses interaksi yang begitu aktif sehingga terjadi komunikasi dua arah. 

belajar

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, media pembelajaran itu sangat penting. Bukan hanya sekedar transfer pengetahuan melainkan juga akan timbul semangat belajar yang lebih asyik. Sebagai contoh saya ambil pelajaran sejarah. Dahulu, ketika saya SMA, belajar sejarah hanya melulu teks. Para siswa hanya di jejali dengan bacaan teks yang menurut hemat saya itu membosankan. Padahal, jika saja ada kreatifitas sedikit misalnya dengan memanfaatkan media pembelajaran, maka saya yakin para siswa akan lebih mudah menangkap dan timbul semangat yang tinggi karena dia tidak hanya sekedar membayangkan. Akan tetapi, mencoba merasakan yang terjadi pada saat itu. Misalnya ketika pelajaran Perang Dunia Kedua. Itu salah satu contoh saja.

Sang guru bisa membuat media pembelajaran berupa video atau bahkan dengan benda 3 dimensi dengan membuat objek-objek yang menarik perhatian. Dari mulai petanya, strategi perang, para tokoh hingga lainya yang semuanya itu disimulasikan dalam bentuk 3 dimensi dengan sekala kecil. Memang memerlukan modal yang besar, tapi itu bisa digunakan berulang-ulang disetiap angkatan. 

Itu baru contoh pelajaran sejarah. Bagaimana dengan yang lain? Pastinya bisa. Tinggal bagaimana seorang guru harus kreatif untuk membuat serta mengemas media pembelajaran menjadi menarik.

Era sekarang dimana internet begitu mudah diakses, tentu bukan sebuah alasan yang tepat jika masih malas untuk membuat media pembelajaran. Melalui internet, kita akan mendapatkan ide-ide inspiratif untuk membuat media pembelajaran. Serius, media pembelajaran itu sangat penting. Bagaimana menurut teman-teman? 

Komentar